Vitamin dan Nutrisi bagi Ibu Hamil

nutrisi ibu hamil

Wanita hamil perlu asupan nutrisi yang cukup

Bagi ibu yang sedang hamil perlu memiliki pengetahuan tentang vitamin dan nutrisi bagi ibu hamil, mengapa demikian?, karena wanita hamil membutuhkan suplai vitamin dan nutrisi dalam jumlah yang banyak dan tidak sembarangan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh ibu yang sedang hamil. Maka dari itu mempelajari tentang hal tersebut sangat penting bagi ibu hamil. (baca juga: tanda-tanda kehamilan).

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan seorang ibu, bertambah pula kebutuhan nutrisi dan vitamin, khususnya saat memasuki usia kehamilan trimester ke-2. Janin tumbuh dengan pesat ketika memasuki usia trimester ke-2, utamanya mengenai pertumbuhan otak dan sususnan sarafnya.

Agar janin dan ibu tetap sehat, nutrisi dan vitamin harus terus ditingkatkan seiring usia kandungan wanita hamil. Bagi keluarga hendaknya memberi dorongan kepada ibu hamil dan memperhatikan vitamin dan nutrisi yang dikonsumsi ibu hamil, agar selalu sesuai antara kebutuhan nutrisi, vitamin dengan banyaknya nutrisi dan vitamin yang harus dikonsumsi.

Vitamin A

Ibu hamil hendaknya mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A. Vitamin A sangat berguna dan dibutuhkan oleh ibu hamil, terutama untuk pemeliharaan kesehatan mata dan pertumbuhan kulit serta tulang. Vitamin A juga berguna sebagai pertumbuhan janin dan imunitas. Meskipun demikian ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi vitamin A berlebihan, karena janin dapat mengalami gangguan pertumbuhan.

Zat Besi

Advertisement

Ibu hamil memerlukan zat besi. Zat besi ini berfungsi dalam pembentukan sel darah merah (hemoglobin), mengurangi wanita hamil terserang anemia. Zat besi ini dibutuhkan ketika usia kehamilan memasuki 20 minggu. Zat besi ini dapat disuplai dengan mengkonsumsi bayam, hati dan daging.

Vitamin C

Ibu hamil membutuhkan vitamin C, karena vitamin ini berguna untuk menyerap zat besi. vitamin ini juga sangat penting bagi kesehatan gigi dan gusi. Selain itu vitamin ini juga sebagai pelindung organ dan jaringan tubuh dari berbagai macam kerusakan. Vitamin C juga mengandung antioksidan yang mengurangi resiko kanker. Vitamin lain yang diperlukan oleh ibu hamil yaitu, vitamin D yang berfungsi menyerap kalsium dan vitamin-vitamin lainnya.

Kalori

Ibu hamil juga memerlukan tambahan kalori. Kalori yang diperlukan ibu hamil berkisar 300-400 kkal perhari. Kalori yang dikonsumsi hendaknya berupa makanan yang berfariasi seperti makanan 4 sehat 5 sempurna.

Asam Folat

Selain yang tersebut di atas ibu hamil juga membutuhkan asam folat, janin yang dikandung sangat memerlukanasam folat untuk pembentukan sel dan system syaraf. Protein juga tak kalah penting bagi janin dan ibu hamil. Protein berfungsi sebagai zat pembangun dan sumber kalori serta berfungsi sebagai penbentukan sel darah. Ibu hamil membutuh kan protein sekitar 60 gram setiap harinya atau 10 gram lebih banyak dari biasanya.

Kalsium

Kalsium juga dibutuhkan sebagai nutrisi ibu hamil. Kalsium ini berguna dalam pembentukan dan pertumbuhan tulang janin dan gigi. Jika ibu hamil mengkonsumsi kalsium yang cukup saat masa kehamilan, ibu hamil akan terhindar dari kerapuhan tulang (osteoporosis). Kebutuhan kalsium bagi janin harus dipenuhi, karena apabila ibu hamil tidak mengkonsumsi kalsium cukup, kebutuhan janin akan kalsium akan diambilkan dari tulang ibunya. Selai tersebut, masih banyak lagi nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Setelah menyimak ulasan tersebut, perhatikanlah pemenuhan kebutuhan nutrisi dan vitamin selama kehamilan. Dengan mempelajari dan memperhatikan nutrisi bagi ibu hamil, akan membuat kesehatan ibu dan bayi terjaga. Kesehatan ibu dan bayi berkuwalitas, ibu melahirkan dengan selamat, bayi yang dilahirkanpun akan sehat.

Vitamin dan Nutrisi bagi Ibu Hamil | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply