Tips Memilih Shampo Sesuai Jenis Rambut

memilih shampo

Memilih shampo yang cocok untuk rambut.

Tips Memilih Shampoo – Shampoo menjadi satu kebutuhan wajib bagi setiap orang. Begitu banyaknya iklan produk shampoo yang menawarkan bermacam kelebihan seperti shampoo anti ketombe, anti rambut rontok, rambut berminyak, untuk rambut hitam berkilau, dan masih banyak yang lain lagi. Tentu tidak semua jenis shampoo yang ditawarkan tersebut cocok untuk kita gunakan. Terkadang meskipun terlihat sangat sepele, kesalahan dalam memilih shampoo justru dapat menimbulkan banyak masalah pada rambut dan kulit kepala. Bisa saja rambut kita yang pada awalnya baik-baik saja kemudian menjadi lepek dan berketombe atau kulit kepala kita mengalami iritasi diakibatkan shampoo yang kurang tepat.

Tips Memilih Shampo yang Tepat

Berikut ini adalah tips untuk memilih shampoo yang tepat dan aman bagi kesehatan rambut dan kulit kepala yang perlu anda ketahui:

Jenis rambut

Sebelum anda memutuskan untuk membeli shampoo yang tepat untuk anda gunakan, sebaiknya anda kenali terlebih dahulu jenis rambut anda. Masing-masing jenis dan type rambut membutuhkan perlakuan yang berbeda dalam perawatannya, begitu halnya dalam penggunaan shampoo. Tidak semua shampoo cocok dengan jenis rambut yang anda miliki karena setiap shampoo memiliki keunggulan tersendiri dalam mengatasi setiap masalah-masalah rambut yang anda alami. Secara umum, jenis rambut dibagi tiga, yaitu normal, kering dan berminyak. Nah, mari kita cari solusi untuk memilih shampo untuk ketiga jenis rambut tersebut.

a. Memilih Shampo untuk jenis rambut normal

  1. Bagi Anda yang memiliki rambut normal dan keriting maupun bergelombang, pilihlah sampo yang berlabel hydrating atau moisturizing. Kedua jenis sampo ini bagus untuk menambah nutrisi serta melembutkan rambut.
  2. Sedangkan bagi Ladies yang memiliki rambut normal namun cederung tipis, maka sampo berlabel volumizing adalah pilihan terbaik. Sampo ini bermanfaat untuk membuat rambut Anda terlihat lebih tebal.
  3. Sampo berlabel strengthening dan fortifying cocok untuk Anda yang berambut normal namun patah, diwarnai, serta sering terpapar bahan kimia produk perawatan rambut. Kedua sampo jenis ini pada umumnya mengandung protein ekstra untuk memperbaiki kesehatan rambut Anda.
  4. Untuk Anda yang memiliki rambut lurus, smoothing dan straight hair shampoo sangat cocok untuk rambut Anda. Kedua sampo ini mengandung moisturizer yang akan menutrisi rambut Anda.
  5. Terakhir, curly hair shampoo khusus untuk Anda yang memiliki rambut keriting. Formula dalam sampo ini akan mengurangi keikalan rambut keriting Anda.

b. Memilih Shampo untuk jenis rambut kering

  1. Hindari sampo yang berlabel strengthening (menguatkan), fortifying (menguatkan), dan volumizing (mengembangkan). produk-produk tersebut berpotensi menghilangkan kelembaban kulit kepala ladies.
  2. Sebaliknya, pilihlah sampo yang bersifat moisturizing, hydrating, dan smoothing. Produk-produk ini bermanfaat untuk melembabkan kulit kepala ladies yang kering—khususnya untuk rambut yang kering namun tidak berketombe.
  3. Untuk kulit kepala yang kering dengan banyak ketombe, pilihlah sampo yang dirancang khusus untuk rambut kering, biasanya terbuat dari bahan mentol dan tea tree.
  4. Hindari sampo yang mengandung sulfat karena dapat membuat rambut dan kulit kepala semakin kering.

c. Memilih Shampo untuk rambut berminyak

Advertisement

  1. Hindari membeli sampo yang menawarkan manfaat hydrating, moisturizing, dan smoothing. Sampo-sampo tersebut akan memberikan kelembaban tambahan bagi rambut ladies yang sudah berminyak.
  2. Sebaliknya, pilihlah sampo yang berlabel volumizing, strengthening, atau balancing. Sampo-sampo jenis tersebut mengandung sedikit moisturizer sehingga lebih efektif untuk mengurangi minyak yang berlebih pada rambut dan kulit kepala.
  3. Bagi anda yang memiliki rambut yang sangat berminyak, pilihlah sampo yang berlabel daily clarifying shampoo.
  4. Sedangkan untuk ladies yang rambut berminyaknya sudah out of control, pilihlah sampo dengan label super clarifying treatment.
  5. Saat keramas, pijatlah kulit kepala anda lebih lama agar formula sampo meresap dengan sempurna. Hal ini efektif untuk mengurangi kadar minyak dalam kulit kepala.
  6. Setelah selesai keramas, jangan mengoleskan kondisioner pada kulit kepala anda. Oleskan kondisioner hanya pada bagian tengah hingga ujung rambut saja.

Kulit kepala

Setiap orang tentu memiliki kondisi kulit kepala yang berbeda-beda. Tidak sedikit orang yang memiliki jenis kulit kepala sensitif dan terlalu peka. Hal tersebut menjadi satu hal yang harus diperhatikan ketika anda akan membeli produk shampoo tertentu. Jika kulit kepala anda merupakan jenis kulit yang berminyak maka sebaiknya anda menghindari produk shampoo yang memiliki keterangan seperti moisturizing, smoothing, dan hydrating. Shampoo yang memiliki label atau keterangan tersebut adalah shampoo yang tidak boleh digunakan pada kulit kepala berminyak karena menyebabkan rambut menjadi lepek. Lalu shampoo apa yang seharusnya digunakan? Anda dapat memilih jenis shampoo yang mengandung menthol atau tea tree oil, karena shampoo yang mengandung bahan-bahan tersebut dapat berfungsi untuk melembabkan dan memberi kesegaran pada kulit kepala anda.

Bahan dasar shampoo

Bahan-bahan yang terkandung didalam shampoo juga merupakan hal patut anda perhatikan. Usahakanlah untuk memilih shampoo yang memiliki bahan lembut, karena bahan yang lembut tidak akan merusak kulit kepala anda. Perhatikan juga kandungan sodium laureth sulfate yang ada pada shampoo, shampoo yang mengandung sodium laureth sulfate cukup tinggi biasanya justru akan memberikan efek seperti rambut kering dan akan menghilangkan kelembaban alami rambut. Oleh karena itu gunakanlah shampoo yang berbahan dasar sodium laureth sulfate dengan takaran rendah.

Kadar asam (pH)

Mengenal tingkat keasaman produk shampo sangat diperlukan supaya sesuai dengan tingkat keasaman kulit kepala. Biasanya pH kulit kepala berada pada angka 5-5,5. Maka, pilihlah produk shampo dengan tingkat keasaman yang sama. Jika tingkat keasaman produk rambut lebih tinggi, hal ini akan menyebabkan terjadinya kerontokan dan rambut menjadi rapuh serta mudah patah.

Kenali masalah rambut

Setiap orang tentunya punya masalah rambut yang berbeda. Shampo yang cocok dipakai oleh orang lain belum tentu cocok saat kita gunakan. Kenali terlebih dahulu problem rambut anda, kemudian anda bisa menentukan mana kira-kira produk yang cocok untuk mengatasi masalah rambut Anda. Karena pada umumnya, satu jenis produk shampo diperuntukkan mengatasi satu jenis masalah rambut. So, apakah Anda sedang mengalami rambut rontok, rambut berketombe, rambut bercabang, atau rambut berminyak?

Konsisten

Jika anda sudah mendapatkan hasil secara nyata ketika anda menggunakan satu produk atau jenis shampoo maka sebaiknya hal yang harus anda lakukan adalah konsisten. Apa yang dimaksud dengan konsisten? Anda harus konsisten pada pilihan shampoo yang anda gunakan. Berganti-ganti shampoo justru akan menyebabkan masalah baru pada rambut anda. Untuk dapat mengetahui apakah shampoo yang anda gunakan sudah memberikan dampak atau hasil yang tepat adalah dengan mengenali perubahan positif yang terjadi pada rambut anda, misalnya rambut menjadi lebih lembut atau rambut tidak lagi patah dan rontok.

Demikian beberapa tips dalam memilih shampoo yang dapat anda coba dan ikuti. Semoga beberapa tips diatas dapat membantu anda untuk memilih, menentukan, dan mendapatkan shampoo yang tepat untuk rambut anda. Untuk hasil yang lebih maksimal, ada baiknya anda konsultasikan pilihan anda kepada ahlinya seperti stylish atau teman-teman anda yang lebih berpengalaman.

Halaman Selanjutnya: Tips Memilih Sisir Sesuai Jenis Rambut.

Tips Memilih Shampo Sesuai Jenis Rambut | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply