Tanda Kerusakan Rambut dan Tips Mengatasinya

rambut rusak

Cara merawat rambut yang kurang dapat kerusakan rambut

Rambut adalah hal yang paling dapat dibanggakan oleh para wanita. Dikatakan sebagai mahkota para wanita banyak yang mencari cara agar rambut sebisa mungkin terlihat begitu indah dan menawan. Namun, banyak sekali yang mengalami kerusakan rambut. Hal yang tidak ingin dialami oleh siapa pun. Dengan rambut yang rusak kita tidak bisa menunjukkan kepada dunia bahwa betapa indahnya rambut kita.

Tanda-Tanda Kerusakan Rambut

Sebenarnya apa sajakah yang menjadi tanda kalau rambut kita rusak? Berikut adalah hal yang perlu anda kenali agar anda mengetahui rambut anda rusak atau tidak:

1. Rambut yang rontok

Walaupun kerontokan rambut adalah hal yang sangat wajar. Namun, ini menjadi tidak wajar apabila kerontokan lebih banyak daripada rambut yang tumbuh. Apabila ini sudah terjadi pada anda, anda harus berhati-hati jangan-jangan rambut anda mengalami kerusakan.

2. Kusam dan tidak berkilau

Rambut yang bercahaya dapat menjadi tanda apakah rambut itu sehat atau tidak. Jika rambut anda tidak menunjukkan kemilau dari cahaya itu atau dengan kata lain rambut anda sudah kusam. Maka ini adalah salah satu ciri dari rambut yang rusak.

3. Rambut mulai rapuh

Ini berhubungan dengan rambut rontok. Jika rambut anda kekurangan asupan gizi. Ini bisa menyebabkan rambut rontok dan kulit kepala tidak dapat menahan rambut. Untuk itu agar terhindar berikan gizi yang cukup pada rambut anda. berikan pula istirahat pada rambut anda, cara ini juga membantu menguatkan akar rambut.

4. Rambut kering

Advertisement

Rambut yang kering juga merupakan salah satu tanda kerusakan rambut. Biasanya ini terjadi karena pewarnaan rambut yang mengandung bahan kimia. Bahan kimia itulah yang merusak rambut anda. lihat pada ujung rambut terjadi perubahan warna atau tidak. Perhatikan juga tekstur dari rambut apakah halus atau kasar. Jika kasar berarti anda mengalami kekeringan rambut.

Cara Mengatasi Rambut Rusak

Selain tanda-tanda rambut yang mengalami kerusakan. Anda juga harus melakukan hal-hal berikut ini untuk mengatasi rambut kerusakan rambut yang anda miliki. Cara yang dilakukan tidak sulit namun harus teliti, adalah:

1. Menjaga kebersihan rambut

Hal ini adalah hal yang paling mendasar untuk menghindari dan mengatasi kerusakan rambut. Cucilah rambut dua sampai tiga kali sehari agar rambut tetap bersih. Hindari keramas setiap hari, karena akan membuat rambut anda malah menjadi rapuh.

2. Keringkan rambut secara alami

Dengan hanya mengangin-anginkan rambut saja. Bisa membuat anda bebas dari kerusakan rambut. Tinggalkan hairdryer agar kerusakan rambut tidak terjadi pada diri anda.

3. Gunting rambut secara berkala

Potonglah rambut sekitar 3-4 bulan sekali agar anda bisa membersihkan cabang-cabang rambut yang ada dan anda bisa terbebas dari rambut rusak.

4. Sisirlah rambut ketika kering

Dengan menyisir rambut yang kering anda akan terbebas dari masalah kerontokan. Hal yang simpel ini dapat anda lakukan dengan mudah dan anda bisa memiliki rambut yang sehat dan terawat.

5. Hindari berganti-ganti warna rambut

Bahan cat rambut yang berbahan kimia akan membuat rambut anda menjadi rusak. Untuk itu usahakan menyayangi warna rambut alami anda. dengan begitu anda akan terhindar dari masalah kerusakan rambut dan anda bisa tetap memiliki rambut yang sehat. Percuma jika rambut berwarna-warni tetapi tidak sehat?

Itulah tanda-tanda berikut dengan cara-cara dalam menanggapi kerusakan rambut. Cintailah mahkota anda dengan merawatnya sehingga anda dapat tampil cantik alami dengan rambut yang sehat.

Tanda Kerusakan Rambut dan Tips Mengatasinya | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply