Makanan yang Mengandung Sumber Vitamin E

sumber vitamin e

Alpukat, kacang-kacangan dan sawi merupakan sumber vitamin E yang bagus

Jenis-Jenis Makanan yang Mengandung Sumber Vitamin E Tinggi – Tokoferol atau lazim disebut vitamin E adalah nutrisi yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan kesuburan anda. Selain itu vitamin E juga bisa untuk mencegah penyakit Alzheimer bahkan mencegah kanker prostat yang sering dialami oleh pria. Sumber vitamin ini biasanya sering dijumpai dari jenis kacang-kacangan saja. Tetapi ternyata ada sumber makanan lain yang kaya akan vitamin E. Apa sajakah makanan tersebut? Simak info berikut ini:

Bayam

Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang sangat digemari oleh banyak orang. Apalagi jika sayur ini diolah menjadi sup bening yang segar. Di balik segarnya sayur hijau ini ternyata ada beberapa nutrisi yang terkandung di dalamnya. Misalnya vitamin A dan zat besi. Selain itu, ternyata bayam juga mengandung vitamin E yang baik sekali untuk tubuh anda. Dalam setiap bayam berukuran 100 gram terdapat kandungan vitamin E sebanyak 3,5 miligram dan sudah memenuhi 20% kebutuhan vitamin E anda. Bayam juga mengandung nutrisi lain seperti kalsium dan asam folat. Kandungan nutrisi dalam bayam tidak hanya baik untuk orang dewasa atau anak-anak saja. Bayam juga sangat baik untuk wanita hamil.

Umbi-umbian

Umbi-umbian biasanya hanya digunakan untuk pengganti makanan pokok saja. Tetapi ternyata umbi-umbian juga mengandung sumber vitamin E yang cukup banyak. Diantara semua umbi-umbian, yang memiliki kadar vitamin E tertinggi adalah talas. Talas memiliki kadar vitamin E sebanyak 2,9 miligram dalam setiap 100 gram. Anda disarankan untuk mengkonsumsi talas yang sudah direbus. Karena talas yang sudah direbus tidak akan kehilangan kadar vitamin E.

Kacang almond

Almond adalah jenis kacang-kacangan yang biasanya hanya digunakan sebagai taburan roti. Padahal anda perlu mengetahui jika kacang yang satu ini ternyata memiliki kandungan vitamin E yang paling tinggi diantara kacang-kacangan yang lainnya. Kadar vitamin E di dalam kacang almond ini juga cukup banyak, yakni 26,3 miligram di setiap takaran 100 gram. Selain kandungan vitamin E ternyata kacang almond juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung anda. Cara mengkonsumsi kacang almond juga beragam. Mulai memakannya langsung secara hingga menjadikannya susu almond. Diantara cara penyajiannya tersebut, yang paling lezat adalah menyajikannya dengan susu sapi. Tak hanya lezat, penyajian dengan susu juga menambah kadar vitamin E yang terkandung.

Alpukat

Advertisement

Alpukat adalah buah berwarna hijau yang ternyata memiliki kadar vitamin E yang tinggi. Satu buah alpukat mengandung kurang lebih 4 miligram kadar vitamin E di dalamnya. Anda bisa mengolah alpukat ini menjadi aneka santapan lezat tanpa mengurangi gizinya. Misalnya mengolahnya menjadi jus, salad ataupun menjadi isi sandwich. Tak hanya kaya akan vitamin E, buah alpukat ini ternyata cocok sekali untuk anda yang sedang menjalani program diet. Ini karena buah alpukat cepat sekali membuat anda merasa kenyang. Namun sayangnya buah ini tidak selalu ada di segala musim. Alpukat juga bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah, caranya dengan membuat masker alpukat.

Brokoli

Sayuran hijau yang satu ini ternyata memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan kalsium. Salah satu vitamin tersebut adalah vitamin E. Kandungan vitamin E dari brokoli bisa memenuhi kebutuhan anda hingga 4% dari kebutuhan vitamin E harian anda. Selain vitamin E, brokoli juga terkenal menjadi sayur yang bisa membuang racun dalam tubuh dan sayuran terbaik yang bisa mencegah kanker. Anda bisa mengolah sayuran ini menjadi sup bening yang lezat maupun tumisan yang sedap.

Tomat

Tomat biasanya hanya terkenal karena memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Tapi selain vitamin C, ternyata tomat juga mengandung vitamin E. Di dalam sebuah tomat mengandung kadar vitamin E sebanyak 0,7 miligram. Meskipun mengandung vitamin E yang tidak banyak, namun mengkonsumsi buah tomat tetaplah penting. Ini karena tomat juga mengandung serat yang baik sekali untuk pencernaan anda dan zat besi yang baik sekali untuk tubuh anda. Anda juga bisa membuat maser tomat untuk merawat kecantikan kulit wajah.

Cabai bubuk

Ternyata cabai tidak hanya terkenal dengan pedasnya. Cabai ternyata juga mengandung vitamin E. Vitamin E ini akan lebih mudah didapatkan pada cabai yang sudah diolah menjadi cabai bubuk. Di setiap 100 gram cabai bubuk terdapat kurang lebih 30 gram vitamin E. Selain vitamin E, cabai juga mengandung antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh. Namun pastikan anda membeli cabai bubuk yang asli dan tidak dicampuri dengan campuran apapun sehingga kandungan gizinya tetap terjaga.

Sawi

Sawi ternyata juga mengandung beberapa nutrisi dan vitamin yang baik untuk tubuh anda. Salah satu vitamin yang terkandung di dalam sawi adalah vitamin E. Memang tak banyak orang yang tahu akan kandungan sawi ini sehingga sawi hanya dijadikan sebagai pelengkap dalam sajian Mie ataupun bakso saja. Padahal jika sawi dimasak menjadi sop ataupun tumisan, tentu saja vitamin E yang terkandung akan lebih besar. Saat memasak, anda disarankan untuk tidak memasaknya terlalu lama. Memasak sawi terlalu lama bisa menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Jika anda ingin menikmati nutrisi sawi secara maksimal, anda disarankan untuk menjadikannya campuran salad yang dibubuhi dengan mayonnaise rendah kalori.

Itulah beberapa jenis makanan yang mengandung sumber vitamin E yang cukup tinggi. Pastikan anda memenuhi kebutuhan vitamin E harian anda dengan baik. Karena kekurangan vitamin E bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan. Misalnya gangguan jantung, gangguan reproduksi hingga gangguan konsentrasi. Untuk ibu hamil yang kekurangan vitamin E bisa berisiko pada janin yang dikandungnya. Sekian artikel ini dan semoga bermanfaat untuk anda.

Makanan yang Mengandung Sumber Vitamin E | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply