Sumber Vitamin D Terbaik untuk Tubuh Anda

sumber vitamin d

Jenis-jenis makanan yang mengandung vitamin D tinggi.

Inilah 10 Sumber Vitamin D Terbaik untuk Tubuh Anda – Vitamin D adalah vitamin yang sangat penting bagi tubuh manusia terutama untuk kesehatan tulang. Vitamin D memiliki fungsi khusus yakni untuk membantu penyerapan kalsium pada tubuh. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan seorang anak terjangkit penyakit rakitis. Rakitis adalah kondisi tulang yang melunak sehingga menyebabkan tulang menjadi cacat. Sedangkan kekurangan vitamin D pada orang dewasa bisa menyebabkan osteoporosis. Penyakit osteoporosis adalah penyakit kerapuhan tulang.

Makanan yang Mengandung Sumber Vitamin D

Anda bisa menemukan kandungan vitamin D secara alami maupun melalui makanan. Lalu apa sajakah cara alami dan makanan apa saja yang mengandung vitamin D? Simak informasi berikut ini:

Sinar matahari

Sinar matahari adalah sumber vitamin D yang bisa ditemukan secara alami dan gratis tentunya. Sinar matahari mengandung vitamin D hingga 80%. Anda bisa memperoleh vitamin D dari matahari dengan cara berjemur saat pagi hari. Jam terbaik untuk berjemur antara pukul 06.00 pagi hingga 09.00 pagi. Di waktu inilah sumber vitamin D yang berasa dari matahari cukup tinggi dan di waktu inilah sinar matahari tidak terlalu terik.

1. Susu

Sejak lama susu sudah terkenal sebagai minuman yang mengandung vitamin D dan kaya sekali akan kalsium yang baik sekali untuk tulang anda. Baik susu sapi maupun kambing, keduanya sama-sama memiliki kandungan vitamin D dan kalsium yang baik. Hanya saja kandungan nutrisi kedua jenis susu tersebut berbeda. Susu sapi memiliki kandungan kalsium dan vitamin D sebanyak 50% sedangkan pada susu kambing hanya mengandung 31% saja dalam satu gelas. Jika anda takut menjadi gemuk atau sedang menjalani program diet, anda disarankan untuk meminum susu yang tidak mengandung lemak.

2. Telur

Telur bukan hanya terkenal akan proteinnya saja. Tetapi telur juga mengandung vitamin D meskipun jumlahnya tidak banyak. Vitamin D pada telur hanya ditemukan pada bagian kuning telur saja. Kandungan vitamin D pada telur bisa mencapai 25 IU. Dengan mengkonsumsi telur setiap hari terutama saat sarapan pagi, anda sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin D pada tubuh hingga 10%. Agar lebih maksimal anda bisa meminum susu setelah memakan telur.

3. Ikan salmon

Salmon adalah jenis ikan yang gizinya sudah tidak diragukan lagi. Salmon mengandung omega 3 dan vitamin B12 yang sangat tinggi. Vitamin D pada ikan ini lebih besar jika dibandingkan dengan sumber vitamin D lainnya. Vitamin D yang terkandung pada ikan salmon sangat baik untuk perkembangan otak anak dan untuk janin yang ada pada ibu hamil. Anda bisa mengolah ikan salmon ini menjadi beberapa jenis masakan yang lezat. Pastikan anda memasak ikan salmon ini hingga matang dan sebelum memasaknya anda bisa mencucinya terlebih dahulu hingga bersih. Sehingga bakteri jahat yang menempel bisa hilang.

Advertisement

4. Udang

Semua orang pasti menyukai udang karena rasanya yang gurih kecuali mereka yang memang alergi makanan laut (seafood). Udang kaya sekali akan protein yang bagus sekali untuk perkembangan otak anak. Selain protein, udang mengandung omega 3 yang tinggi tetapi memiliki kandungan lemak dan kalori yang rendah. Udang juga mengandung kadar zinc meskipun tak terlalu banyak. Zinc adalah jenis mineral yang bisa menjaga sistem kekebalan tubuh anda. Tak hanya itu saja, ternyata keluarga lobster ini juga mengandung vitamin D yang tinggi. Vitamin D yang terkandung dalam udang sekitar 129 IU tiap ukuran 85 gram. Dengan ukuran tersebut, udang sudah bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D kurang lebih 32%.

5. Tahu

Tahu adalah olahan yang terbuat dari kedelai yang difermentasi. Tahu sangat disukai oleh mereka yang memiliki pola makan vegetarian. Tahu tak hanya mengandung protein tetapi juga mengandung vitamin D. Kandungan vitamin D dalam tahu ternyata sudah bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D dan protein. Selain sehat, tahu juga murah dan mudah dijumpai di pasar. Jadi, tunggu apalagi? Segera konsumsi tahu!

6. Keju

Olahan susu yang satu ini ternyata juga mengandung vitamin D yang tak kalah dengan susu. Jenis keju yang paling tinggi kandungan vitamin D adalah keju ricotta. Keju ricotta memiliki kadar vitamin D paling tinggi dibandingkan dengan jenis keju yang lain. Memang untuk menemukan jenis keju yang satu ini cukup susah ditemui. Jadi, tak mengapa jika anda mengkonsumsi keju jenis lain. Karena keju jenis lain juga tetap mengandung vitamin D.

7. Sereal

Sereal biasanya terbuat dari gandum pilihan sehingga mengandung gizi yang tinggi. Biasanya sereal hanya cocok dikonsumsi untuk anak-anak saja. Tapi anggapan tersebut salah karena sereal juga cocok dikonsumsi oleh orang dewasa. Ini karena sereal mengandung vitamin D yang baik sekali untuk kesehatan tulang orang dewasa. Kadar vitamin D dalam setiap produk sereal berbeda-beda. Jadi sebelum membeli bacalah kadar vitamin D pada informasi gizi yang terletak pada kemasan sereal. Agar lebih lezat, anda bisa menambahkan susu saat mengkonsumsi sereal. Sereal ini sangat cocok dimakan saat pagi hari sebelum memulai aktivitas anda.

8. Jamur

Jika anda pecinta makanan olahan jamur anda patut berbahagia. Ternyata jamur memiliki kandungan vitamin D meskipun tidak banyak. Jamur hanya mampu memenuhi kebutuhan vitamin D harian anda sebanyak 4% saja. Jika anda menginginkan kadar vitamin D pada jamur meningkat, anda bisa menjemur nya di bawah sinar matahari pagi selama 30 menit hingga 1 jam. Dengan menjemur nya di bawah sinar matahari, kandungan vitamin D jamur bisa meningkat hingga 400% dari semula.

9. Minyak Hati ikan cod

Tidak banyak orang yang menyukai minyak hati ikan cod ini. Padahal kandungan vitamin D dan asam lemak omega-3 di dalamnya sangat banyak dan bagus untuk kesehatan tubuh. Mungkin karena rasanya yang aneh dan bau amis. Namun, sekarang minyak hati ikan cod telah dikemas dalam bentuk kapsul sehingga lebih mudah dikonsumsi.

10. Kedelai

Kacang kedelai merupakan sumber vitamin D yang sangat baik. Begitu juga dengan olahannya seperti tahu atau tempe. Jika Anda tidak menyukai susu sapi atau alergi, anda bisa menggantinya dengan susu kedelai. Selain kaya vitamin D, susu kedelai juga merupakan sumber protein yang baik.

Oke, itu dia 10 enis makanan yang mengandung banyak vitamin D. Karena itu, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian Anda, sebab sumber vitamin D banyak terdapat di sekitar kita, termasuk sinar matahari yang gratis.

Sumber Vitamin D Terbaik untuk Tubuh Anda | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply