Daftar Buah dan Sayuran Sumber Vitamin C

sumber vitamin c

Vitamin C banyak terdapat pada buah dan sayuran

Daftar Buah dan Sayur Sumber Vitamin C – Vitamin C sangat diperlukan untuk tubuh. Banyak manfaat yang diperoleh dari vitamin C. Antara lain meningkatkan sistem imunitas tubuh dan membantu pembentukan kolagen yang sangat baik untuk kecantikan kulit anda. Setiap hari manusia rata-rata membutuhkan 75 mg hingga 500 mg vitamin C untuk tubuh.

Makanan Sumber Vitamin C Tinggi

Vitamin C atau asam askorbat ini sering kali ditemukan pada beberapa sayuran dan buah-buahan. Buah yang paling terkenal dengan kandungan vitamin C adalah buah jeruk. Lalu buah apalagi yang mengandung vitamin C selain jeruk? Simak info berikut ini:

Jambu biji

Jambu biji ternyata memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Bahkan kandungan vitamin C pada jambu biji lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk. Dalam 100 gram buah jambu biji terkandung 108 miligram vitamin C. Jambu biji biasanya terkenal untuk meningkatkan kesehatan terutama jambu biji merah. Namun ternyata ada khasiat lain dari jambu biji ini. Misalnya membantu menurunkan berat badan yang berlebih, menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh serta bisa mencegah timbulnya jerawat pada wajah anda. Untuk menikmatinya, anda bisa membuatnya menjadi jus segar atau dimakan secara langsung. Pastikan buah yang anda pilih sudah matang sehingga memiliki rasa yang manis.

Buah Kiwi

Tak kalah dengan jambu biji, buah khas Australia ini juga mengandung vitamin C yang tinggi. Buah ini adalah buah kiwi. Dalam 100 gram buah kiwi terkandung kadar vitamin C sebanyak 100 gram. Buah ini tidak hanya kaya akan vitamin C saja, namun juga memiliki manfaat lain. Seperti mencegah penyakit yang menyerang jantung, menjaga stamina pada tubuh bahkan bisa merawat kesehatan kulit. Kiwi biasanya hanya digunakan untuk pemanis tampilan makanan atau minuman saja. Tetapi anda disarankan untuk memakannya secara langsung agar mendapatkan kandungan vitamin C secara maksimal.

Kelengkeng

Kelengkeng adalah buah manis yang hanya ditemukan pada kawasan beriklim tropis dan hanya berbuah saat musim kemarau saja. Buah ini berbentuk lingkaran kecil dan bergerombol seperti anggur. Hanya saja kelengkeng memiliki kulit lebih tebal dibanding dengan anggur. Buah manis ini ternyata memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Dalam 100 gram buah kelengkeng terkandung 84 miligram vitamin C. Selain rasa manisnya yang membuat semua orang yang mencobanya ketagihan, ada manfaat lain dari kelengkeng. Seperti mengobati penyakit insomnia atau susah tidur.

Strawberry

Strawberry adalah salah satu keluarga buah berry yang sangat disukai oleh banyak orang. Rasanya biasanya sedikit masam meskipun sudah matang. Buah berwarna merah ini biasanya ditemukan pada daerah dataran tinggi yang memiliki suhu dingin. Buah ini ternyata mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Pada 100 gram strawberry terkandung sebanyak 56,7 miligram vitamin C. Selain vitamin C, buah strawberry memiliki banyak manfaat. Misalnya berfungsi untuk memutihkan warna gigi, menjadi masker jerawat (lihat dalam cara membuat masker stroberry) dan menyegarkan kulit. Anda bisa menikmati buah ini dengan berbagai cara seperti memakannya secara langsung atau menjadikannya smoothie yang lezat.

Advertisement

Cabai/Cabe

Untuk anda pecinta masakan pedas pasti tidak asing bukan dengan cabai? Cabai biasanya digunakan sebagai bumbu dalam sebuah masakan. Tak hanya memberikan rasa pedas pada masakan. Cabai ternyata juga mengandung vitamin C yang lumayan tinggi. Dalam setiap 100 gram cabai mengandung vitamin C sebanyak 84 miligram. Cabai ternyata memiliki manfaat lain untuk tubuh yakni untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tapi perlu anda ingat, jangan mengkonsumsi cabai terlalu banyak karena bisa menimbulkan gangguan pada lambung anda. Baca juga artikel manfaat cabe merah untuk kesehatan.

Buah Apel

Apel adalah buah berwarna hijau atau merah yang memiliki rasa masam segar maupun manis. Apel mengandung banyak kandungan vitamin, diantaranya vitamin C. Anda bisa menemukan kandungan vitamin C sebanyak 5 miligram pada 100 gram buah apel. Kandungan vitamin C pada apel berfungsi untuk mengeluarkan toksin atau racun yang terkandung pada tubuh. Tak hanya itu saja, apel juga mengandung antioksidan. Antioksidan ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit berbahaya.

Tomat

Tomat adalah buah yang memiliki ukuran kecil dan biasanya berwarna merah saat sudah masak. Tomat ternyata juga terkenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Pada 100 gram buah tomat terkandung 34 miligram vitamin C. Anda bisa menikmati buah ini secara langsung sehingga kadar vitaminnya tidak berkurang. Jika ingin lebih segar, anda bisa membuatnya menjadi jus atau smoothie segar. Bila anda ingin memasaknya sebagai sayur, jangan memasak tomat ini terlalu matang karena bisa menyebabkan kandungan vitamin C menjadi hilang. Anda juga dapat menjadikannya sebagai masker tomat untuk mengatasi jerawat.

Pepaya

Pepaya tidak hanya kaya akan vitamin A tetapi buah satu ini juga kaya akan vitamin C. Dalam 157 gram buah pepaya terkandung 95,6 miligram vitamin C. Selain vitamin tersebut, pepaya juga mengandung asam folat yang baik untuk ibu hamil. Selain itu pepaya juga mengandung serat yang tinggi sehingga baik sekali untuk pencernaan. Jadi, anda disarankan untuk mengkonsumsi pepaya setiap hari agar proses pencernaan pada tubuh anda lancar. Lihat juga artikel mengenai manfaat daun pepaya untuk kesehatan.

Wortel

Wortel adalah sayuran berwarna orange yang biasanya terkenal memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Selain itu ternyata wortel juga mengandung vitamin C yang tinggi. Selain vitamin, wortel juga mengandung mineral yang tinggi dan baik untuk tubuh anda. Anda bisa menikmati vitamin C dari wortel ini dengan cara membuatnya menjadi jus. Jika kurang suka dengan rasanya, anda bisa mencampurnya dengan tomat. Bila membuatnya menjadi sop atau masakan, jangan memasaknya terlalu lama karena bisa merusak kandungan vitaminnya.

Nah, itulah beberapa jenis buah dan sayuran yang banyak mengandung Vitamin C. Jadi, tidak ada alasan untuk kekurangan vitamin ini karena sumber vitamin C sangat banyak dan melimpah di sekitar kita, dan yang paling penting mudah didapat.

Daftar Buah dan Sayuran Sumber Vitamin C | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply