Makanan yang Mengandung Sumber Vitamin B5

makanan sumber vitamin b5

Telur dan hati merupakan sumber vitamin B5 terbaik

Vitamin B5 (Pantothenic Acid/Pantotenat) merupakan salah satu unsur di dalam vitamin B Kompleks. Karena berfungsi merangsang hormon adrenaline untuk mengurangi perasaan cemas vitamin yang satu ini juga mendapat julukan vitamin anti stress. Vitamin B5 sendiri juga sangat berfungsi dalam terbentuknya antibody, membantu proses pembakaran lemak, protein dan karbohidrat yang menjadi energi serta membantu sistem kerja saraf.

Makanan Sumber Vitamin B5

Untuk memudahkan anda agar mengetahui makanan-makanan yang mengandung sumber vitamin B5, silahkan simak daftar dibawah ini:

Hati

Anda menghindari makanan yang satu ini? Hati mengandung cukup banyak vitamin B5 yang bermanfaat untuk tubuh. Di dalam hati dengan berat 2.4 ons saja sudah mengandung 50% vitamin B5. Jumlah tersebut merupakan setengah dari jumlah vitamin B5 yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi sebenarnya ada ruginya juga jika anda menghindari untuk mengkonsumsi hati. Tidak perlu setiap hari untuk memasukkan menu makanan yang berasal dari olahan hati dan sebaiknya juga diperhatikan cara memasaknya, agar sumber-sumber penting di dalamnya tidak hilang karena proses memasak yang salah.

Kacang-kacangan

Mungkin ada sebagian orang yang sangat tidak menyukai makanan yang satu ini. Padahal kacang-kacangan memang sudah bukan rahasia lagi jika di dalamnya banyak terkandung zat penting, salah satunya vitamin B5. Misalnya saja almond, di dalam 100 gram almond terdapat kandungan vitamin B5 sebesar 0.133 mcg. Sedangkan 100 gram kacang mete mengandung 0.245 mcg vitamin B5.

Itulah mengapa beberapa produsen cokelat kemasan banyak yang menambahkan kedua jenis kacang-kacangan tersebut kedalam setiap cokelat nya, bukan hanya karena bisa mempercantik tampilan cokelat. Akan tetapi fungsi cokelat yang bersifat menenangkan akan bertugas semakin maksimal dibantu oleh vitamin B5 pada almond dengan fungsi yang juga sama.

Biji-bijian

Tentu sudah bukan rahasia lagi jika biji-bijian adalah sumber vitamin B, termasuk di dalamnya vitamin B5. Dari mengkonsumsi 100 gram gandum dalam 1 hari, anda bisa memperoleh vitamin B5 sebesar 0.135 mcg. Tidak ada salahnya bukan jika anda memasukkan gandum sebagai menu makanan anda. Mengingat gandum juga memiliki banyak manfaat lain yang baik bagi tubuh, gandum juga dapat berfungsi sebagai pengganti nasi. Selain gandum, anda bisa memperoleh vitamin B5 dari biji-bijian yang lain, misalnya biji bunga matahari.

Pisang

Buah dengan kulit berwarna kuning ini memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah sebagai sumber vitamin B5. Anda bisa menambahkan pisang sebagai menu 4 sehat 5 sempurna untuk bisa memperoleh asupan vitamin B5 yang mencukupi. Tentu saja tetap harus dalam takaran yang seimbang. Di dalam 100 gram pisang, terdapat sebesar 0.394 mgc vitamin B5.

Advertisement

Alpukat

Banyak orang yang menyukai buah berdaging tebal ini. Namun tidak sedikit juga yang memiliki anggapan salah, lantas menghindari untuk mengkonsumsinya. Beberapa orang berasumsi bahwa alpukat mengandung lemak jahat yang dapat membahayakan tubuh. Pernyataan yang demikian sebenarnya justru salah, karena kandungan lemak yang ada di dalam alpukat adalah sebaliknya. Lemak baik dalam alpukat membunuh lemak jahat yang ada di dalam tubuh.

Selain itu buah yang biasa dikonsumsi sebagai jus ini mengandung vitamin B5 yang cukup banyak. Dalam 100 gram saja sudah terkandung 2.792 mcg vitamin B5. Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi kedua dibanding beberapa sumber makanan yang lainnya. Bahkan karena kekayaan kandungannya, para wanita sekarang sering menggunakan masker alpukat untuk perawatan kecantikan mereka.

Labu

Banyak sekali dapat anda temukan buah yang satu ini di pasar atau supermarket. Labu yang berdaging orange merupakan jenis labu yang biasa dikonsumsi sebagai campuran kolak atau bisa anda kukus. Tanpa anda sadari, mengkonsumsi labu sudah membantu anda untuk mendapatkan sumber vitamin B5. Labu seberat 100 gram sendiri sudah mengandung 0.492 mcg vitamin B5. Anda bisa memanfaatkan vitamin B5 pada labu dengan sesekali mencoba memasukkannya sebagai makanan wajib anda, misalnya dengan membuat bubur labu atau lain sebagainya.

Brokoli

Sayuran yang menjadi teman sejati dan paling di favorit kan oleh para vegetarian ini memang banyak memiliki manfaat sera kandungan vitamin. Salah satunya adalah kandungan vitamin B5. Di dalam setiap setengah cangkir brokoli yang diolah sebagai masakan, mengandung sekitar 0.48 mcg vitamin B6. Kandungan yang terhitung cukup banyak jika anda mengkonsumsi nya secara rutin sebanyak 3 kali dalam sehari di setiap menu makanan anda misalnya sebagai sayur sup atau tumis.

Ikan Salmon

Seperti yang sudah anda ketahui, bahwa kandungan vitamin di dalam ikan salmon memang tergolong cukup banyak. Dan hampir dari setiap bagiannya memiliki manfaat penting bagi kesehatan tubuh, entah itu daging, hati atau minyak hatinya yang sudah banyak ditemukan di pasaran. Minyak hai ikan salmon yang terkenal dengan omega 3 memang sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Sedangkan pada bagian daging ikannya memiliki kandungan penting vitamin B (salah satunya vitamin B6) sehingga mengkonsumsi ikan salmon sangat baik bagi tubuh. Untuk saat ini, ikan salmon bisa didapatkan dari supermarket, pasar atau tukang ikan langganan anda. yang terpenting adalah memilih ikan salmon yang masih segar dan layak konsumsi.

Itulah beberapa contoh makanan yang memiliki kandungan vitamin B5. Mengkonsumsi secara rutin dan dalam jumlah yang wajar akan membantu anda untuk mengatasi masalah0masalah kesehatan yang biasa timbul akibat dari kekurangan vitamin B5. Imbangi dengan olahraga sera minum air putih yang cukup untuk tubuh. Karena air putih sendiri selain Berfungsi mengurangi haus dan dehidrasi, berfungsi juga untuk membantu melarutkan racun-racun dalam tubuh. Tentunya akan sangat membantu kerja vitamin yang bertugas cukup penting di dalam tubuh.

Makanan yang Mengandung Sumber Vitamin B5 | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply