Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin B2 (Riboflavin)

sumber vitamin b2

Kumpulan makanan yang merupakan sumber vitamin B2 (riboflavin)

Selama ini kita mengetahui bahwa nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, dan lain-lain merupakan hal yang baik bagi tubuh. Makanan dengan gizi seimbang selalu dianjurkan oleh para ahli demi menjaga kesehatan. Dari sekian banyak nutrisi yang diperlukan tubuh, vitamin adalah salah satu yang terpenting. Karena tubuh manusia secara alami tidak dapat memproduksinya, maka penting bagi kita untuk tahu sumber vitamin yang bisa dikonsumsi. Berikut ini, kita akan fokus pada vitamin B, lebih tepatnya, vitamin B2.

Vitamin B2 disebut juga dengan istilah riboflavin. Sebagai bagian dari vitamin B kompleks, riboflavin mempunyai peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Tahukah Anda, dari mana energi yang kita dapatkan saat berlari, bekerja, dan belajar? Vitamin B2-lah yang membantu menguraikan karbohidrat yang kita konsumsi menjadi gula yang krusial dalam meningkatkan energi. Tanpa vitamin B2, bagian-bagian tubuh kita tidak akan bekerja dengan baik. Bagi wanita, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi vitamin B2 karena mengandung antioksidan, yang sangat berguna dalam mencegah proses penuaan.

Makanan Sumber Vitamin B2

Dengan sedemikian banyak manfaat yang telah diuraikan tersebut, jelaslah bahwa kita memerlukan vitamin B2 dalam kehidupan sehari-hari. Namun karena vitamin ini cepat larut dalam air, tubuh kita yang sebagian besar terdiri atas air tidak dapat menyimpan cadangannya. Secara garis besar, makanan dengan kadar vitamin B2 yang direkomendasikan oleh para ahli adalah:

• Sayuran hijau
• Kacang-kacangan
• Daging-dagingan
• Susu dan hasil olahannya

Setelah melihat pengelompokan di atas, mari kita telaah satu-persatu dengan lebih detail.

Sumber vitamin B2 dari sayur hijau

Istilah sayuran hijau ditujukan pada sayuran yang mempunyai pigmen klorofil atau zat hijau daun. Klorofil ini berguna sebagai pembersih racun-racun di tubuh. Jadi, selain menyehatkan, sayuran pun bisa berguna untuk detoksifikasi. Sayur-sayuran yang mempunyai kandungan vitamin B2 diantaranya adalah:

• Asparagus (0,141mg)
• Brokoli (0,18mg)
• Bayam (0,189mg)

Di Indonesia, sayuran hijau sudah menjadi menu sehari-hari. Selain rasanya yang enak, sayuran hijau mudah diolah menjadi bermacam-macam makanan dan mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi.

Sumber vitamin B2 dari kacang-kacangan

Sebagai sumber energi nabati, kacang-kacangan merupakan biji-biji kecil yang mempunyai manfaat besar. Kandungan protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral di dalamnya membuat kacang-kacangan menjadi alternatif sehat saat mengemil. Vitamin B2 adalah salah satu kandungan vitamin yang banyak terdapat di dalam jenis makanan satu ini, diantaranya:

Advertisement

• Kacang kedelai (0,76mg)
• Kacang almond (1,01mg)

Selain kaya akan vitamin B2, kacang-kacangan ini pun berguna untuk mengontrol kolesterol dalam tubuh. Harganya yang murah serta mudah diolah membuat kacang-kacangan ideal untuk makanan sehat.

Sumber vitamin B2 dari daging-dagingan

Sumber hewani vitamin B2 yang utama adalah daging. Yang paling direkomendasikan oleh para ahli adalah bagian hati hewan, seperti hati ayam, sapi, dan kambing karena kandungan vitaminnya yang sangat kaya seperti vitamin A, B1, dan C. Selain bagian hati, daging bebek juga direkomendasikan karena mengandung cukup banyak vitamin B2, yaitu 0,5mg pada setiap 100gr. Cukup untuk memenuhi 28% kebutuhan vitamin B2 harian.

Sumber vitamin B2 dari susu

Cairan penuh gizi dengan warna putih ini telah dikenal di seluruh dunia. Dihasilkan oleh kelenjar yang dimiliki mamalia, susu merupakan sumber gizi utama bagi bayi yang belum mampu untuk menelan makanan padat. Selama ini, susu dikenal memiliki kalsium tinggi yang berguna untuk pertumbuhan tulang. Namun, nutrisi yang terdapat di dalam susu bukan hanya itu saja. Susu juga mengandung vitamin B2 yang sangat berguna untuk membantu daya lihat. Selain susu itu sendiri, makanan yang berasal dari hasil olahan susu juga bisa menjadi sumber vitamin B2. Diantaranya:

• Keju
• Es krim
• Mentega

Tetapi karena ketiga makanan tersebut merupakan olahan, maka vitamin B2 yang ada di dalamnya bisa jadi sudah berubah. Kita perlu memperhatikan kandungan gizi yang telah tertera pada kemasannya. Selain itu, kandungan garam dan gula yang ada di dalam makanan olahan tersebut wajib dipertimbangkan.

Selain makanan yang telah disebutkan di atas, masih ada makanan lain yang mengandung vitamin B2 yang mudah kita jumpai. Telur juga kaya akan protein dan sering dikonsumsi para atlet binaragawan untuk membentuk tubuh, mempunyai 0,5mg kandungan vitamin B2 untuk setiap 100gr. Jamur seberat 100gr yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan mengobati diabetes, mempunyai kandungan B2 sebanyak 0,31mg. Tomat, ikan, semua makanan ini juga mengandung vitamin B2 yang tak kalah tinggi.

Apa yang terjadi jika tubuh kita kekurangan vitamin B2? Salah satu yang cukup menyebalkan adalah kulit yang berminyak. Hal ini terjadi karena kurangnya vitamin B2 menyebabkan kerja selaput lendir menjadi kacau. Jika kulit tidak berminyak, bisa jadi justru mengering dan bersisik. Selain itu, karena tubuh kekurangan vitamin B2 yang berguna untuk energi dan menghasilkan sel darah, tubuh akan menjadi lemas, tidak bertenaga. Akibatnya, daya tahan tubuh pun turun drastis dan kita mudah terkena penyakit.

Ada kekurangan, ada juga kelebihan. Jika kita mengonsumsi vitamin secara berlebihan karena takut nutrisi yang didapat kurang, bukan berarti tubuh kita akan menjadi jauh lebih baik. Sebaliknya, kelebihan vitamin B2 membawa masalahnya sendiri. Tubuh menjadi keracunan, tekanan darah semakin rendah, kita menjadi mudah sekali lelah, kemudian mual-mual dan muntah. Jadi sebaiknya kita menjaga kadar vitamin yang masuk dalam tubuh tetap seimbang. Jika merasakan gejala seperti di atas, kita bisa mengatasinya dengan pertama-tama meminum air putih.

Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin B2 (Riboflavin) | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply