Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin B1 (Tiamin)

sumber vitamin b1

Mencari Sumber Vitamin B1 pada Makanan Sehari-hari

Makanan yang Mengandung Vitamin B1 (Tiamin) – Kita tentu sering mendengar bahwa vitamin merupakan nutrisi penting yang sangat diperlukan oleh tubuh. Karena badan kita sendiri tidak mampu untuk memproduksinya, maka kita sangat bergantung pada makanan dan juga suplemen yang dikonsumsi sehingga kita mendapatkan asupan yang cukup. Salah satu vitamin kompleks yang sangat diperlukan tubuh adalah vitamin B. Karena vitamin yang satu ini merupakan vitamin yang paling kompleks dibandingkan vitamin yang lain, maka sekarang ini kita akan fokus pada salah satu bentuk vitamin B kompleks, yaitu vitamin B1.

Vitamin B1 dikenal juga dengan sebutan thiamin. Disebut B1 karena vitamin ini adalah yang pertama larut dalam air dan merupakan titik awal dalam mengembangkan penelitian lebih lanjut tentang vitamin. Fungsi spesifik dari vitamin B1 adalah membuat aktivitas di saraf menjadi normal dan membantu menguraikan karbohidrat menjadi gula sederhana sehingga tubuh mendapatkan energi darinya.

Saat mengonsumsi vitamin B1, manfaat yang didapatkan oleh tubuh kita sangatlah banyak. Selain membantu menguraikan karbohidrat seperti yang telah tertulis di atas, vitamin B1 juga berfungsi dalam menjaga kesehatan jantung dengan membantu dalam produksi neurotransmitter acetylcholine, yaitu media yang berfungsi mengantarkan pesan pada sistem saraf dan juga otot agar jantung bekerja sempurna. Memperlancar sirkulasi darah, menjaga syaraf agar tidak rusak, semua ini juga merupakan fungsi vitamin B1. Dengan fungsi yang sedemikian penting tersebut, sangatlah mutlak bagi kita untuk memastikan bahwa tubuh mendapatkan asupan vitamin B1 yang cukup.

Makanan Sumber Vitamin B1

Vitamin B1 terdapat di dalam makanan sehari-hari dan juga suplemen. Makanan yang kita konsumsi sehari-hari biasanya mengandung vitamin B1, walaupun kuantitas nya bisa bervariasi. Di Indonesia, makanan sumber vitamin B1 sendiri tersedia dalam jumlah yang berlimpah. Secara garis besar, sumber vitamin B1 terdiri atas kacang-kacangan, sayur-sayuran, terutama sayuran hijau, buah-buahan, dan daging.

Vitamin B1 dari kacang-kacangan

Sebagai tanaman yang telah dibudidayakan sejak lama, Indonesia mempunyai banyak varietas kacang-kacangan dengan kandungan vitamin B1 yang tinggi. Kacang hijau merupakan sumber utama vitamin B1 yang berasal dari kacang-kacangan. Masyarakat Indonesia sudah mengenal tanaman satu ini secara luas. Di dalam 100mg kacang hijau, terdapat 0,47 mcg vitamin B1. Dengan kandungan nutrisi seperti asam lemak, serat, dan protein, kacang hijau merupakan makanan ideal sebagai sumber vitamin B1. Kacang hijau mudah untuk diolah dan sudah secara turun-temurun diolah oleh masyarakat Indonesia. Berikut ini adalah daftar kacang-kacangan lain yang juga mengandung vitamin B1, diantaranya:

1. Kacang hijau
2. Kacang merah
3. Kacang polong
4. Kacang tanah
5. Kacang kenari
6. Kacang kismis
7. Kacang brazil

Advertisement

Vitamin B1 dari sayur-sayuran

Secara ilmiah, tiamin biasanya disentesa di dalam tanaman. Karena hal ini, tidak heran jika mengonsumsi sayur merupakan tindakan yang sangat tepat dalam proses pemenuhan kebutuhan vitamin B1. Salah satu sayuran yang paling umum ditemui adalah sayur bayam. Kita sering menjumpainya di pasar maupun pusat perbelanjaan dan biasanya sering disarankan untuk mengurangi anemia. Ternyata kandungan vitamin B1 di dalam bayam cukup tinggi. Di dalam 100gr bayam terdapat 0,08mcg vitamin B1. Selain bayam, sayur-sayuran yang juga mengandung vitamin B1 tinggi adalah:

1. Tomat
2. Bawang putih
3. Terong
4. Asparagus
5. Brokoli
6. Wortel
7. Paprika

Vitamin B1 dari buah-buahan

Selain kacang-kacangan dan sayuran, buah-buahan merupakan sumber vitamin B1 yang baik. Nanas merupakan buah yang sangat berguna bagi mereka yang kekurangan vitamin B1. Di dalam 100gr nanas terdapat 0,08mcg vitamin B1. Buah yang berwarna kuning dan bersisik ini hanya bisa hidup di dataran tinggi, seperti contohnya di daerah Dieng, Jawa Tengah. Selain sumber vitamin, buah ini berguna karena bisa mencegah stres pada otak. Selain nanas, buah-buahan lain yang mengandung vitamin B1 adalah:

1. Jeruk
2. Anggur
3. Semangka

Vitamin B1 dari daging

Bahan hewani pun dapat menjadi sumber untuk vitamin B1. Bagian tubuh dari hewan yang mengandung vitamin B1 contohnya adalah hati sapi. Hati sapi ini sangat berguna terutama jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Orang yang sedang dalam masa penyembuhan pun biasanya disarankan untuk memakan hati sapi. Selain hati, daging ikan, terutama ikan cod mempunyai kandungan vitamin B1 yang sangat tinggi. Minyak dari ikan cod ini biasanya diambil dan dijual secara komersial. Ikan yang juga mengandung vitamin B1 adalah ikan tuna. Bahkan 38% kebutuhan harian vitamin B1 bisa dipenuhi dengan mengonsumsi 4 ons ikan tuna.

Melihat daftar makanan di atas, sebenarnya tidak sulit untuk memenuhi kebutuhan vitamin B1 sehari-hari. Kita hanya perlu pintar-pintar dalam memilih dan mengolah makanan. Jika salah mengolah makanan, bisa jadi vitamin yang ada di dalamnya akan hilang dan sebagai akibatnya, kita menjadi kekurangan vitamin B1. Defisiensi vitamin B1 mempunyai efek samping yang tidak bisa dianggap remeh. Pegal-pegal di tubuh sehingga tidak bisa bergerak, diare, dan beri-beri merupakan beberapa efek samping.

Moderasi adalah kunci penting. Seperti halnya kekurangan vitamin B1 itu hal yang buruk, kelebihan tiamin juga mempunyai bahayanya sendiri. Konsumsi suplemen secara berlebihan biasanya mempunyai akibat seperti kerusakan ginjal karena bekerja terlalu keras. Ruam kulit dimana kulit menjadi bengkak dan berwarna merah ataupun berbintik adalah akibat kelebihan vitamin B1. Tekanan darah tinggi dan jantung yang berdebar-debar juga sangat patut diwaspadai. Selain gangguan di dalam tubuh, kelebihan vitamin B1 juga mempunyai efek samping dalam emosi, di mana seseorang menjadi mudah gelisah.

Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin B1 (Tiamin) | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply