Makanan yang Mengandung Sumber Karbohidrat Tinggi

kentang rebus sumber karbohidrat

Kentang rebus, salah satu sumber makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

Makanan yang Mengandung Sumber Karbohidrat Tinggi – Karbohidrat merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh setiap manusia. Hal ini dikarenakan karbohidrat memiliki begitu banyak fungsi. Menjadi sumber energi untuk tubuh merupakan peran utama dari karbohidrat yang setiap gramnya mengandung 4 kalori. Pada sistem sirkulasi darah di dalam tubuh manusia, sumber energi dihasilkan dari keberadaan karbohidrat yang berperan sebagai glukosa.

Selain itu, karbohidrat juga berperan sebagai glikogen yang diperlukan oleh hati juga jaringan otot. Sisanya, keberadaan karbohidrat berperan sebagai lemak yang disimpan di dalam jaringan lemak sebagai cadangan energi bagi tubuh. Dengan keberadaan karbohidrat, metabolisme lemak dalam tubuh pun akan teratur sehingga dapat mencegah ketidaksempurnaan proses oksidasi lemak. Karbohidrat juga mampu mengoptimalkan fungsi dari protein sebagai zat pembangun tubuh. Bila tak ada karbohidrat, maka tugas utama dari protein akan terganggu karena pengalihan fungsi protein sebagai cadangan energi yang seharusnya menjadi peran utama dari karbohidrat.

Fungsi lainnya, karbohidrat mampu melancarkan pencernaan karena serat yang dikandung karbohidrat bermanfaat dalam melancarkan proses pencernaan serta buang air besar. Serat tersebut juga mampu mencegah penyakit usus besar, kegemukan, jantung koroner, kolesterol tinggi maupun kencing manis karena tubuh masih mampu mendapatkan glukosa dari karbohidrat dan tidak begitu memerlukan peran gula, sehingga kadar gula dalam darah tak akan berlebihan.

Makanan Sumber Karbohidrat

Setelah mengetahui berbagai fungsi penting keberadaan karbohidrat dalam tubuh, Anda dapat menyimak jenis makanan yang merupakan sumber karbohidrat. Ternyata, karbohidrat tak hanya bisa Anda dapatkan dari beras putih atau nasi yang menjadi makanan pokok yang telah Anda kenal di Indonesia. Beberapa makanan-makanan lainnya yang keberadaannya terlihat sangat sepele, ternyata juga memiliki kandungan karbohidrat yang sangat baik. Makanan-makanan tersebut pun sangat mudah untuk Anda temukan karena keberadaan zat karbohidrat di bumi ini juga begitu melimpah, mengingat fungsi dari zat ini sendiri yang begitu mutlak bagi keberlangsungan hidup. Berikut enam jenis makanan penghasil karbohidrat terbaik yang sangat perlu Anda simak:

Kentang rebus

Kentang merupakan salah satu jenis tumbuhan umi-umbi an yang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Kandungan karbohidrat tersebut dikandung oleh pati yang ada di dalam umbi gurih ini. Dengan adanya kandungan pati, makanan padat ini dapat memberikan rasa kenyang sekaligus menghasilkan kadar kalori yang lumayan besar, yaitu sekitar 110 kalori setiap satu buah kentang dengan ukuran sedang. Kentang dapat Anda jadikan sebagai alternatif untuk mengganti nasi.

Advertisement

Namun, dalam mengolah kentang sebagai makanan pokok, Anda harus lebih berhati-hati agar kentang tak berubah menjadi makanan berbahaya yang justru lebih banyak memberikan lemak dibanding karbohidrat. Hal utama yang perlu dihindari dari pengolahan kentang adalah penyajian kentang dengan cara digoreng. Bila digoreng, kentang hanya akan mengandung karbohidrat sebesar 27%. Sedangkan penyajian dalam bentuk direbus, akan memberikan karbohidrat yang lebih besar, yaitu sebesar 35%.

Beras merah

Berbeda dari beras putih, selain sebagai sumber energi, beras merah mempunyai kandungan serat yang jauh lebih banyak sehingga sangat disarankan untuk kesehatan sistem pencernaan Anda. Untuk satu porsi nya, beras merah mengandung karbohidrat sebesar 38 mg. Beras merah yang juga mengandung zat besi, magnesium, dan berbagai jenis vitamin B, seperti: vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3 dan vitamin B6, ternyata memiliki kebaikan untuk mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh tanpa perlu mengganggu kolesterol baik. Untuk mengurangi penyakit diabetes, Anda dapat menghabiskan dua porsi atau lebih beras merah.

Jagung

Makanan dengan rasa manis yang memiliki banyak penggemar ini merupakan makanan pokok dari daerah Nusa Tenggara Timur juga Madura. Jagung, ternyata juga memiliki sumber karbohidrat yang sangat baik. Selain itu, kandungan serat sekaligus asam folat yang ada pada jagung, sangat baik bagi kesehatan tubuh. Jagung dapat diproses menjadi nasi jagung, seperti di beberapa daerah di Indonesia. Namun, Anda bisa tetap menikmati jagung dengan cukup merebus atau membakarnya. Dibandingkan dengan beras putih atau nasi, kandungan gula dalam jagung jauh lebih rendah, sehingga sangat disarankan sebagai alternatif makanan bagi Anda yang menderita penyakit diabetes.

Ubi jalar

Jenis umbi-umbian yang satu ini merupakan makanan penghasil karbohidrat yang sangat baik, yaitu sekitar 20,12 gram per buahnya atau 55 gram karbohidrat sekaligus 240 kalori per 8 ons dari ubi jalar. Selain itu, ubi jalar juga sangat disarankan bagi Anda yang menderita penyakit diabetes, maag, radang sendi, hingga yang memiliki masalah dengan kelebihan berat badan. Ubi jalar memiliki banyak nutrisi yang dikandung, antara lain: berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin C sekaligus vitamin B6, zat besi, serat, potasium, tembaga, mangan, dan beta karotin yang dapat menjadi antioksidan seperti yang sering dikandung oleh sayur-sayuran hijau.

Roti gandum utuh

Roti gandum utuh merupakan sumber karbohidrat yang sangat baik. Satu potong roti gandum utuh mengandung karbohidrat sebesar 20 gram. Gandum juga dapat meningkatkan tingkat metabolisme tubuh Anda. Bila Anda membeli roti gandum, sebaiknya teliti lebih dahulu bahan-bahan atau komposisinya, bila tertulis tepung terigu, gula fruktosa atau perasa buatan lainnya, pengembang buatan, dan sirup jagung, disarankan untuk tidak memilihnya. Pilihlah roti gandum yang benar-benar terbuat dari gandum utuh.

Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan dapat membuat perut Anda mudah kenyang dengan tahan lama, seperti: kacang kedelai, kacang merah, kacang panjang, kacang hijau, buncis dan polong. Hal ini disebabkan adanya karbohidrat kompleks yang dikandung oleh kacang-kacangan. Selain itu, kacang juga memiliki kandungan zat baik lainnya seperti serat, asam lemak, omega 3, protein juga vitamin.

Masih bayak lagi makanan sumber karbohidrat yang ada di alam Indonesia. Jadi, makanan yang mengandung karbohidrat bukan cuma beras atau nasi.

Makanan yang Mengandung Sumber Karbohidrat Tinggi | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply