Penyebab Rambut Bercabang dan Cara Mengatasinya

cara merawat rambut bercabang

Rambut bercabang adalah salah satu jenis kerusakan rambut yang harus segera ditangani. (foto: photobucket.com)

Penyebab Rambut Bercabang – Setiap wanita ingin memiliki rambut yang sehat, kuat dan tidak bercabang. Tapi sering kali wanita menjadi kecewa saat rambutnya mulai panjang. Rambut bercabang bisa muncul dikarenakan kekurangan nutrisi. Kurangnya nutrisi inilah yang menjadikan kutikula ujung rambut menjadi kering. Jika sudah kering, biasanya rambut akan menjadi membelah atau bercabang. Rambut bercabang memiliki banyak sebab. Seperti stress yang anda miliki. Namun ada sebab lain yang menjadikan rambut anda bercabang, yaitu:

1. Terlalu sering mengikat rambut

Terlalu lama mengikat rambut ternyata juga bisa menjadi penyebabnya. Sangat sederhana bukan penyebabnya? Jadi jika anda mengikat rambut, janganlah mengikat terlalu kencang sehingga membuat rambut sulit bernafas dan kekurangan oksigen. Sebaiknya biarkan rambut anda terurai saat anda tidur. Saat melepas kucir rambut, lepaskan dengan pelan dan jangan dipaksa. Memaksa melepas kucir rambut tidak hanya membuat rambut bercabang. Tetapi juga membuat akar rambut menjadi rusak.

2. Penggunaan alat (styling tools)

Penggunaan alat-alat perawatan rambut seperti hair dryer, curling iron dan catok juga bisa menyebabkan rambut menjadi bercabang. Ini karena biasanya penggunaan alat ini digunakan dalam suhu yang tinggi. Suhu yang tinggi inilah yang menjadikan rambut menjadi kering dan akhirnya bercabang. Sebaiknya anda tidak menggunakan alat-alat ini terlalu sering apalagi dengan tempo setiap hari. Lebih baik gunakan setiap dua kali seminggu dan jangan melebihi dari itu. Jika terpaksa sebaiknya anda memberi rambut vitamin penguat agar tidak cepat bercabang bahkan rontok dan gunakan alat-alat ini dengan suhu yang tidak terlalu panas.

3. Menggosok dengan handuk

Apakah anda sering mengeringkan rambut setelah mandi dengan cara menggosoknya menggunakan handuk? Jika iya segera hentikan kebiasaan ini. Menggosokkan rambut menggunakan handuk ternyata juga bisa membuat rambut kering dan pada akhirnya bercabang. Lebih baik tepuk-tepuk pelan pada rambut sehingga sisa-sisa air bisa terserap baik oleh handuk. Gunakan pula handuk yang terbuat dari kain yang memiliki kemampuan menyerap air yang baik. Setelah setengah kering, jangan sisir rambut dengan menggunakan sisir bergigi rapat. Gunakan saja sisir bergigi jarang untuk mengurangi kerontokan pada rambut.

Advertisement

4. Mengubah gaya rambut

Menggunakan perawat rebonding atau curling juga bisa memperparah bercabangnya rambut. Bahan kimia yang terdapat didalam obat rebonding atau curling sangat keras untuk rambut. Sehingga bisa menyebabkan batang rambut mengering dan pada akhirnya akan timbul cabang. Butuh perawatan khusus dan tidak sembarangan pula untuk mengatasi rambut yang bercabang karena zat-zat kimia ini.

5. Kekurangan nutrisi

Seperti anggota tubuh yang lainnya, rambut juga perlu asupan nutrisi yang cukup agar bisa menjalankan fungsinya dengan benar. Jika rambut mengalami kekurangan nutrisi yang dibutuhkan, maka akan terjadi masalah-masalh yang menyebabkan rusaknya rambut. misalnya rambut kering, rontok, hingga bercabang. Beri rambut nutrisi yang dibutuhkan, baca artikel mengenai vitamin untuk rambut.

6. Faktor usia

Faktor penyebab rambut yang bercabang selanjutnya adalah faktor usia rambut. Jadi, semakin rambut anda panjang, otomatis semakin tua ujung rambut tersebut sehingga semakin rentan mengalami kerusakan. Anda bisa melihat bukan jika wanita berambut panjang lebih sering mengalami rambut bercabang dibanding dengan yang berambut pendek. Kerusakan pada ujung rambut bisa menyebar hingga ke akarnya apabila tidak dirawat dengan baik.

Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut bercabang:

  1. Gunting ujung rambut bercabang, lalu lakukan perawatan agar kejadian yang sama tidak terulang kembali.
  2. Gunakan masker khusus untuk rambut bercabang yang dapat memberi kelembaban alami pada rambut. Lakukan seminggu sekali.
  3. Gunakan serum setelah selesai keramas, agar rambut lebih halus dan mudah disisir.
  4. Gunakan sisir bergigi jarang agar gesekan pada rambut tidak semakin memperparah kondisi rambut bercabang.
  5. Saat menggunakan pemanas, misalnya hair dryer atau catok rambut, lapisi terlebih dahulu rambut dengan serum. Tetapi sebisa mungkin hindari penggunaan perkakas rambut yang mengandung panas.

Itulah beberapa faktor penyebab bercabangnya rambut. Anda bisa mengatasinya dengan melakukan perawatan khusus. Untuk perawatan yang lebih sederhana, anda bisa memotong rambut anda yang bercabang setiap 4-6 minggu sekali. Sedangkan untuk perawatan khusus, anda bisa memilih masker rambut dan memberikan vitamin rambut setiap anda selesai mandi. Tidak disarankan untuk melakukan creambath. Creambath tidak cocok untuk rambut bercabang karena bisa menyebabkan kerontokan rambut. Ini dikarenakan saat creambath, rambut anda ditarik-tarik dan ditekan-tekan yang bisa menjadikan rambut rontok. Ini semakin diperparah apabila anda memiliki karakteristik rambut rapuh.

Halaman selanjutnya: Cara Mengatasi Rambut Bercabang.
Halaman sebelumnya: Inilah 7 Penyebab Kerusakan Rambut.

Penyebab Rambut Bercabang dan Cara Mengatasinya | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply