Inilah 7 Penyebab Kerusakan Rambut

rambut rusak

Banyak kebiasaan kita yang tidak disadari menyebabkan kerusakan pada rambut.

Penyebab Kerusakan Rambut – Memiliki rambut yang indah dan sehat merupakan dambaan setiap orang, terutama kaum wanita. Bagi kaum wanita memiliki rambut yang demikian tersebut akan menjadi kebanggaan tersendiri. Tak jarang anda juga akan mendapatkan bonus pujian dari pasangan anda ataupun orang lain. Kalau sudah begitu, siapa yang tidak mau. Menjaga rambut agar senantiasa tetap sehat dan terawat tentunya tidak mudah. Jika rambut anda sudah terlanjur rusak, masih bisakah untuk diperbaiki? Dewasa ini banyak salon kecantikan yang menawarkan beragam treatment untuk merawat rambut. Jika kantong anda cukup tebal, anda dapat pergi ke salon kecantikan tersebut. Jika anda tidak memiliki cukup uang, maka lakukan saja perawatan di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah dicari di lingkungan anda. Tentunya perawatan tersebut harus dilakukan secara rutin bila anda ingin mengembalikan rambut anda dari kerusakan.

7 Penyebab Kerusakan Rambut

Seperti pepatah “Mencegah lebih baik daripada mengobati”, hal tersebut berlaku pula untuk rambut anda. Ada baiknya anda melakukan pencegahan daripada rambut anda terlanjur rusak. Pencegahan dapat dilakukan melalui berbagai macam cara, seperti misalnya mencari akar masalah kerusakan rambut. Oleh karena itu, pengetahuan mengenai hal-hal yang dapat menjadi penyebab dari kerusakan rambut perlu anda ketahui. Berikut ini, beberapa hal penyebab rambut rusak, adalah:

Keramas

Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa semakin sering berkeramas, maka semakin bersih rambut yang dimiliki. Hal tersebut mungkin saja berlaku bagi orang-orang yang memiliki kulit kepala dengan tipe berminyak. Tapi bagi orang-orang yang memiliki kecenderungan kulit kepala kering, hal ini akan menjadi masalah. Dan ujung-ujungnya rambut akan tampak kusam karena pelembab alami yang dibutuhkan rambut yang berada pada kulit kepala ikut larut terbawa air saat keramas. Solusinya, baca artikel Cara Keramas/Mencuci Rambut yang Benar.

Advertisement

Pewarnaan rambut

Sekali-kali anda boleh mengubah tampilan warna rambut anda. Itu tidak mengapa asalkan anda tidak terlalu sering melakukannya. Perlu anda ketahui pewarna rambut yang sering anda gunakan mengandung bahan kimia yang dapat merusak rambut jika dipakai secara berlebihan. Jika Anda masih juga melakukannya, maka akan anda dapati rambut mudah patah dan cenderung menjadi kering. Solusinya, baca artikel Masker Alami untuk Rambut Kering.

Jenis shampo

Di pasaran banyak beredar sampo dengan berbagai macam jenis. Dalam hal ini, anda dituntut untuk jeli dalam melakukan pembelian. Salah-salah sampo yang anda telah beli malah menimbulkan masalah baru bagi rambut anda. Anda tentunya tidak mau bukan? Untuk itu sebelum membeli cek kegunaan sampo tersebut dan apa kandungan yang ada pada sampo tersebut.

Penggunaan hairdryer dan alat pencatok

Dewasa ini segala aktivitas harus dilakukan serba cepat. Seperti halnya saat mengeringkan rambut, anda tentu tidak perlu menunggu lama-lama agar rambut kering. Anda cukup menggunakan hairdryer untuk mengeringkannya. Atau saat anda ingin tampil dengan rambut lurus tanpa harus pergi ke salon, anda dapat menggunakan alat pencatok. Penggunaan kedua alat tersebut untuk menghasilkan sesuatu yang instan tak selamanya bagus untuk rambut anda. Oleh karena itu pintar-pintarlah anda menggunakannya.

Pengaruh sinar matahari

Sinar matahari memang bagus untuk kesehatan manusia, terutama sinar matahari pagi. Tapi jangan sampai anda berada di bawah teriknya sinar matahari dalam waktu yang lama. Hal tersebut sama saja dengan sengaja merusak rambut anda sendiri.

Kurangnya asupan nutrisi

Selain kerusakan rambut dari luar ada pula penyebab dari dalam, yaitu kurangnya konsumsi makanan bernutrisi. Menjaga rambut dari kerusakan tidak hanya dapat dilakukan dari luar saja. Perawatan dari dalam sama pentingnya dengan perawatan dari luar. Perawatan dari dalam sendiri maksudnya adalah asupan makanan yang dapat memberikan nutrisi bagi rambut. Jika rambut kekurangan nutrisi, maka rambut sehat hanyalah impian belaka. Baca: Makanan untuk Rambut Sehat.

Sebenarnya masih banyak lagi kesalahan-kesalahan yang kita lakukan dan menjadi penyebab terjadinya kerusakan pada rambut. Namun, 7 hal di atas adalah yang paling sering dilakukan dan sudah cukup mewakili. So, hindari hal tersebut jika Anda menyayangi rambut Anda.

Inilah 7 Penyebab Kerusakan Rambut | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply