Penyebab Jerawat Berdasarkan Jenisnya

penyebab jerawat

Penyebab jerawat sangat tergantung pada jenis jerawat tersebut.

Jerawat adalah benjolan-benjolan dengan ukuran kecil yang dapat dijumpai pada area wajah, namun ada juga jenis jerawat tertentu yang memiliki ukuran lebih besar dibanding kebanyakan jerawat. Jerawat pada umumnya disebabkan karena adanya penyumbatan pada pori-pori kulit yang berakibat timbulnya peradangan kantung nanah. Jerawat merupakan jenis penyakit kulit dengan jumlah penderita yang cukup besar.

Hampir tidak ada satu pun orang yang terlewat dari ancaman jerawat didalam perjalanan hidupnya. Perubahan hormonal yang terjadi selama masa menstruasi, penggunaan pil KB, kehamilan, dan stres juga merupakan pemicu terjadinya rangsangan kelenjar minyak sehingga jerawat dapat timbul sewaktu-waktu pada permukaan kulit. Penyebab lain timbulnya jerawat dapat dilihat dari jenis jerawat yang kita derita, adalah:

1. Penyebab Komedo

• Pengertian: komedo adalah pori-pori tersumbat, baik itu pori-pori tertutup atau terbuka. Komedo terbuka biasanya terlihat seperti pori-pori yang menghitam dan membesar. Sedangkan komedo tertutup biasanya ditandai dengan tumbuhnya kulit diatas pori-pori yang mengalami penyumbatan, komedo jenis tertutup ini memiliki ciri dengan adanya tonjolan berwarna putih pada kulit.

• Penyebab: jerawat dengan jenis komedo ini dapat disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan juga sekresi kelenjar minyak secara berlebihan yang terjadi pada kulit.

Advertisement

2. Penyebab Jerawat biasa

• Pengertian: merupakan jenis jerawat dengan ciri tonjolan kecil kemerahan yang biasa ditemukan pada area-area tertentu pada kulit wajah seperti dagu, pelipis, hidung atau pipi. Dapat hilang dengan sendirinya atau dengan bantuan perawatan-perawatan menggunakan bantuan produk-produk berbahan kimia atau bahan-bahan alami.

• Penyebab: pada umumnya disebabkan oleh adanya infeksi penyumbatan pori-pori. Infeksi ini dapat disebabkan oleh bakteri propionibacterium acne yang biasa hidup di kelenjar sebaceous yaitu merupakan tempat beradanya asam lemak. Bakteri ini bisa berasal dari penggunaan kuas make up, waslap, dan telepon atau berasal dari jari tangan. Selain itu stres, kadar hormon yang meningkat serta udara lembab juga dapat memicu timbulnya jenis jerawat ini.

3. Penyebab Jerawat batu

• Pengertian: jerawat batu atau yang dalam dunia kedokteran disebut Cytic Acne ini adalah jenis jerawat yang tumbuh di sebagian besar wajah, memiliki ukuran besar dengan peradangan luar biasa. Penderita jerawat batu ini biasanya memiliki kerabat atau riwayat keluarga yang juga menderita jerawat dengan jenis ini.

• Penyebab: penyebab utama pemicu timbulnya jerawat batu adalah masalah genetika. Secara genetika penderita jerawat batu memiliki kelenjar minyak over aktif yang dapat membanjiri pori-pori dengan minyak berlebih, pertumbuhan sel-sel kulit secara abnormal, dan memiliki respon berlebihan terhadap peradangan yang dapat meninggalkan bekas pada kulit.

Selain hal-hal diatas jerawat dapat disebabkan oleh adanya indikasi penyakit lain yang terdapat dalam tubuh anda. jerawat yang timbul pada zona tertentu dapat menjadi suatu tanda bahwa tubuh anda sedang melakukan perlawanan bakteri untuk menghindari suatu penyakit. Anda dapat mengatasi kondisi ini dengan beristirahat yang cukup, tidur siang, meditasi, melakukan latihan pernafasan, dan perbanyak minum air putih.

Demikian beberapa penyebab jerawat yang dapat anda ketahui. Mengetahui jenis jerawat apa yang anda derita akan membuat anda mudah mengambil tindakan untuk mengobati atau menyembuhkannya. Hal terpenting yang harus anda lakukan untuk menghindari timbulnya jerawat yang akan menyebabkan kulit anda terlihat kasar adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup yang sehat akan membuat metabolisme tubuh dan proses ekskresi menjadi stabil sehingga membantu dalam proses pembuangan zat-zat sisa dari dalam tubuh.

Penyebab Jerawat Berdasarkan Jenisnya | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply