Pantangan Makanan bagi Wanita Hamil

wanita hamil

Mengenai bagaimana ciri-ciri wanita hamil muda.

Pantangan makanan bagi wanita hamil yaitu, makanan yang dilarang dikonsumsi ketika wanita sedang hamil. Ketika sedang hamil seorang wanita jangan sembarangan mengkonsumsi makanan, karena tidak semua makanan boleh dikonsumsi oleh wanita hamil. Agar janin selalu terjamin kesehatannya, calon ibu hendak mengetahui seluk beluk yang berkaitan dengan kehamilan, termasuk pantangan makanan bagi wanita hamil.

Baca juga artikel mengenai tanda-tanda kehamilan.

Nah, bagi anda yang sedang hamil simaklah ulasan berikut, tentang macam-macam makanan yang dilarang dikonsumsi oleh wanita hamil.

1. Mengkonsumsi makanan laut

Wanita hamil dilarang sembarangan menkonsumsi makanan laut, karena ada makanan laut yang mengandung banyak merkuri. Memang tidak semua makanan laut buruk dikonsumsi wanita hamil, ada juga makanan laut yang dibutuhkan wanita hamil, yaitu ikan yang mengandung banyak omega 3. Jadi, disini penekanannnya adalah wanita hamil harus selektif jika ingin mengkonsumsi makanan laut.

2. Alkohol

Alkohol sangat tidak boleh dikonsumsi wanita hamil, karena segala macam bentuk alkohol menjadi racun bagi janin yang sedang dikandung.

3. Makanan mentah atau setengah matang

Makanan mentah atau setengah matang adalah salah satu pantangan makanan bagi wanita hamil. Makanan mentah (setengah matang) sangat mungkin masih mengandung virus dan bakteri yang bisa mengganggu kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya. Maka dari itu upayakan makanan yang akan dikonsumsi benar-benar matang dengan sempurna.

4. Teh herbal

Mengkonsumsi teh herbal dilarang bagi wanita hamil. Meskipun teh herbal sebenarnya menyehatkan, namun memiliki sifat yang bisa berubah membahayakan jika dikonsumsi wanita hamil dalam jumlah banyak. Wanita hamil juga tidak diperbolehkan mengkonsumsi teh kembang chamomile.

Advertisement

5. Keju dan susu tanpa pasteurisasi (diproses)

Keju dan susu yang belum diproses sebaiknya tidak diminum wanita yang sedang hamil. Hal ini disebabkan keju dan susu yang belum diproses berpeluang besar mengandung banyak bakteri di dalamnya. Wanita hamil lebih baik mengkonsumsi keju dan susu yang telah jadi atau sudah diolah.

6. Pemanis sintetis

wanita hamil dilarang mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung pemanis sintetis atau pemanis buatan. Hal ini dikarenakan pemanis buatan tidak baik bagi kesehatan janin yang dikandung. Dianjurkan jika ingin yang manis-manis sebaiknya mengkonsumsi buah-buahan segar yang manis.

7. Kafein

Kafein yang banyak terkandung dalam minuman teh dan kopi ini tidak boleh dikonsumsi oleh wanita hamil. Hal ini dikarenakan telah banyak pakar yang dalam penelitiannya menghasilkan penemuan bahwa kafein jika dikonsumsi wanita hamil mengakibatkan bayi lahir dengan berat badan kecil. Ada kopi yang tidak berkafeinpun jika dikonsumsi dalam jumlah banyak tetap tidak baik. Jadi, bagi anda yang sedang hamil hindarilah mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein.

8. Daging olahan

Daging olahan dalam sebuah penelitian yang diadakan oleh pakar menerangkan bahwa mengkonsumsi daging olahan berhubungan dengan resiko mati muda. Maka dari itu, bisa kita ambil kesimpulan bahwa jika orang tidak hamil saja tidak baik mengkonsumsi daging olahan, wanita yang sedang hamil jelas harus menghindari konsumsi daging olahan. Agar kesehatan janin dan ibu tetap terjamin.

Bagi anda wanita yang sedang hamil, setelah mengetahui pantangan makanan bagi wanita hamil jangan sampai melanggarnya. Jika anda ngidam makanan yang dilarang dimakan di atas, tahanlah jangan sampai memakanya, agar tidak terjadi sesuatu yang membahayakan janin dan kesehatan anda. Lebih baik mencegah hal yang tidak diinginkan dari pada menuruti keinginan yang berakibat membahayakan kesehatan anda dan janin dikandungan.

Baca juga artikel tentang vitamin penting untuk ibu hamil dan makanan yang bagus untuk wanita hamil. Semoga bermanfaat.

Pantangan Makanan bagi Wanita Hamil | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply