10 Masker Alami untuk Wajah Berjerawat

masker alami untuk menghilangkan jerawat di wajah.

Jerawat membandel di wajah bisa dihilangkan dengan masker yang tepat.

Jerawat merupakan kotoran yang mengendap dan membeku pada area kulit, yang umumnya terjadi pada wajah. Secara otomatis kehadiran dari jerawat itu membuat penampilan muka ada yang kurang. Bahkan tak jarang pula yang rela melakukan beragam perawatan untuk menyapu bersih masalah di wajah itu. Sebagai salah satu solusi terbaik, masker alami untuk wajah berjerawat dapat diandalkan dalam merawat muka sekaligus menghapus noda-noda jerawat tanpa efek samping.

Masker Alami untuk Wajah Berjerawat

Cara alami lebih aman dan hasilnya tentu bagus karena kulit wajah tak hanya bersih melainkan juga tampak sehat alami. Pemilihan masker sebagai komponen treatment tersebut pun dapat dijangkau dengan beberapa bahan dari sekitar. Dengan arti kata, membersihkan jerawat di muka tak perlu bersusah payah karena ada cara sederhana yang menuai hasil istimewa. Adapun beberapa masker alami penghapus noda jerawat bersangkutan adalah sebagai berikut:

Masker dari buah pisang

Buah Pisang mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Berperan penting dalam memelihara kesehatan kulit wajah serta menjadikan jerawat yang ada berangsur-angsur memudar. Memakai masker dari Pisang juga nyaman bagi semua jenis kulit dari wajah berminyak maupun kering. Adapun dalam pemakaiannya ialah sebagai berikut:

  • Ambil satu buah pisang, lalu kupas dan haluskan.
  • Tambahan satu sendok madu pada Pisang yang telah halus. Lalu aduk merata hingga menjadi pasta.
  • Oleskan pada wajah sebagai masker dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas sampai bersih.

Masker dari buah Anggur

Buah Anggur warna merah keungu-unguan tak hanya enak untuk dimakan sebagai camilan maupun menu penutup saja. Buah ini dapat dijadikan sebagai masker penghilang jerawat karena nutrisi berupa vitamin A dan E turut merawat wajah untuk bebas dari masalah bersangkutan. Terlebih dengan kandungan antioksidan nya turut melindungi wajah secara optimal. Dalam penggunaannya, masker ini dapat diracik dengan:

  • Ambil beberapa buah Anggur dan haluskan dengan blender.
  • Tambahkan satu sendok makan madu pada buah Anggur yang telah halus, kemudian aduk hingga merata.
  • Usapkan secara merata pada muka selama kurang lebih 30 menit dan setelah itu bisa dibilas sampai bersih.

Masker dari madu

Madu memang bahan yang penuh manfaat, terutama dalam dunia perawatan kulit. Dimana madu dapat dimanfaatkan untuk menyapu bersih atas jerawat yang ada pada wajah. Tentu saja dari madu alami yang nantinya bisa dicampurkan dengan garam halus, air jeruk nipis, minyak zaitun, wortel maupun putih telur. Kemudian dicampur dan diaduk hingga merata. Barulah diusapkan pada seluruh wajah dan bilas selepas 30 menit kemudian.

Buah Nanas

Enzim Bromelain merupakan salah satu nama enzim yang ditemui pada buah Nanas. Kinerja dari enzim ini menjadikan proses regenerasi kulit lebih lancar. Begitupun dengan adanya jerawat pada wajah yang dapat dihilangkan hingga ke akar-akarnya. Jadinya jerawat tak akan tumbuh lagi dan lagi. Treatment dengan buah Nanas cukup mudah yakni dengan memblender buah ini dan nantinya dijadikan sebagai masker. Kendati demikian, masker alami untuk wajah berjerawat dapat ditambahkan dengan madu untuk menyempurnakan komposisi yang memberikan kebaikan pada kulit wajah agar terbebas dari jerawat.

Buah Manggis

Kulit dari buah Manggis dimanfaatkan untuk berbagai macam perawatan dan salah satunya ialah mengatasi masalah pada wajah. Jerawat adalah salah satu noda membandel yang dapat diatasi dengan ekstra kulit Manggis. Penggunaan bisa secara langsung pada bagian dalam kulit Manggis itu sendiri maupun dengan merebusnya terlebih dahulu. Barulah air hasil rebusan dari kulit buah tersebut digunakan untuk maskeran maupun cuci muka.

Masker Lemon dan Madu

Dalam dunia kecantikan, lemon memiliki khasiat yang hampir sama dengan jeruk nipis. Karena itu buah yang satu ini sangat ampuh dijadikan sebagai bahan alami untuk mengatasi jerawat. Dan kita bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya, ambil satu buah lemon segar diambil sarinya, kemudian campurkan dengan 1 sendok teh madu. Sebelum mengaplikasikan masker lemon madu ini, cucilah wajah anda lebih dulu dengan air hangat. Setelah itu, aplikasikan masker lemon pada wajah anda secara merata. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Bersihkan dan keringkan dengan handuk lembut.

Masker Strawberry

Sebenarnya ini merupakan masker kombinasi dari beberapa bahan, yaitu strawberry, madu dan lemon. Ketiga bahan tersebut memiliki khasiat yang bagus dalam menghilangkan jerawat membandel di wajah anda. Selain mengandung antioksidan alami, strawberry juga mengandung salicylic acid yang merupakan bahan utama dalam produk penghilang jerawat. Oke, kita langsung saja pada bahan dan cara penerapannya.

Bahan yang diperlukan:

Advertisement

  • 4 buah strawberry segar
  • 2 sdm madu
  • 1 sdm air lemon segar
  • 2 sdm yogurt tanpa rasa

Cara Pemakaiannya:

  1. Blender buah stroberi hingga halus, taruh dalam wadah.
  2. Campur dengan madu, air lemon dan yogurt, aduk hingga rata.
  3. Pada wajah bersih, aplikasikan masker strawberry dengan bantuan kuas masker. Anda bisa memakainya juga di bagian leher.
  4. Diamkan selama 10 – 15 menit.
  5. Bilas dengan air dingin, keringkan wajah dengan handuk yang lembut.

Masker Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang berkhasiat untuk kesehatan. Begitu juga dalam dunia kecantikan, salah satunya ampuh untuk menghilangkan jerawat di wajah. Dengan mengkonsumsi wedang jahe, berarti anda sudah melakukan pengobatan untuk jerawat dari dalam. Namun agar khasiatnya lebih terasa lagi, anda bisa gunakan jahe sebagai masker alami wajah untuk mengatasi jerawat dari luar. Caranya sebagai berikut:

  1. Ambil jahe, cuci bersih, kupas kulitnya.
  2. Parut jahe secukupnya hingga halus, sisihkan.
  3. Bersihkan wajah dan basuh dengan air hangat.
  4. Tempelkan parutan jahe pada kulit yang berjerawat.
  5. Diamkan selama 15 menit.
  6. Bilas dengan air dingin, tepuk-tepuk dengan handuk bersih.

Lakukan perawatan tersebut secara rutin. Maksimal 2 kali seminggu, jangan terlalu sering karena yang berlebihan itu tidak baik sekalipun menggunakan cara alami.

Masker Jagung Muda

Jagung muda biasanya dijadikan sebagai sayuran untuk dibuat tumisan atau sayur bening. Namun jagung muda juga mempunyai khasiat lain dalam dunia kecantikan. Salah satunya adalah dijadikan sebagai masker alami untuk menghilangkan jerawat sekaligus menghilangkan bekas jerawat. Masker jagung muda ini cocok untuk segala jenis kulit mulai kulit berminyak hingga kulit kering. Bahan-bahan yang diperlukan untuk memulai perawatan adalah jagung muda secukupnya dan 1/2 sendok makan madu.

Cara Pemakaian:

  1. Jagung muda secukupnya, dicuci bersih kemudian diparut hingga halus.
  2. Campurkan jagung muda dan madu hingga tercampur rata.
  3. Aplikasikan masker pada wajah yang sudah dibersihkan, Anda bisa memakainya di bagian bekas jerawat.
    Diamkan selama 20 menit, bilas dengan air bersih.
  4. Masker ini akan lebih baik digunakan untuk bekas jerawat yang masih baru. Gunakan masker tersebut maksimal 2 kali sehari secara rutin hingga jerawat berkurang.

Masker Gula Merah

Gula merah adalah bumbu masakan yang hampir selalu ada dalam setiap masakan Indonesia. Gula merah terbuat dari sadapan air nira dari kelapa atau aren. Namun ternyata selain digunakan sebagai bumbu masak, gula merah juga dapat digunakan sebagai bahan untuk perawatan kecantikan. Dalam hal ini, kita akan menggunakan gula merah sebagai masker alami untuk menghilangkan jerawat. Manfaat masker gula merah ini adalah untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati yang dapat menjadi penyebab jerawat. Caranya, larutkan gula merah organik dalam air secukupnya kemudian oleskan secara merata pada wajah. Diamkan selama beberapa menit hingga mengering dengan sendirinya, lalu bilas dengan air bersih. Gunakan sabun pembersih muka bila perlu.

Cara Mencegah Jerawat Datang Lagi

Terdapat banyak bahan alami dari sekitar yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat sampai ke akarnya. Selain perawatan sisi luar, pencegahan agar jerawat tak datang lagi pun dapat diupayakan. Adapun cara mencegah masalah pada wajah termasuk jerawat maupun lainnya itu ialah sebagai berikut:

  • Rajin mencuci muka, terutama sebelum tidur, setelah beraktivitas, dll.
  • Membersihkan wajah dengan produk kosmetik yang cocok untuk kulit. Bilamana terjadi iritasi segera hentikan.
  • Pilih air hangat untuk mencuci muka karena lebih aman untuk membersihkan wajah.
  • Lindungi area wajah dari debu maupun polusi, terutama saat pergi keluar. Bisa gunakan masker maupun helm agar kotoran dari luar ter minimalisir.
  • Menerapkan gaya hidup sehat, karena bagaimanapun juga, asupan dari dalam atas kecukupan buah dan sayur sangat mempengaruhi kesehatan kulit.
  • Olahraga yang rutin agar senantiasa fresh dan terjaga.
  • Konsumsi air putih yang cukup yakni 2 liter sehari.
  • Istirahat berkualitas yaitu 8 jam di setiap hari.

Mengkondisikan kebaikan kulit wajah memang tak cukup dari luar tetapi dari dalam juga. Sampai pada nantinya, perawatan wajah berjerawat dari bahan-bahan alami bekerja lebih efektif. Begitu pun dengan penggunaan masker herbal yang ditujukan untuk mengatasi jerawat dari luar. Kemudian diimbangi treatment dari dalam agar masalah pada wajah benar-benar hilang secara maksimal. Jerawat sekaligus bekasnya terus memudar, jadinya noda sisa jerawat tak ditumbuhi oleh jerawat baru lagi.

Merawat Wajah Berjerawat

Merawat wajah untuk bebas dari jerawat tak hanya berlaku saat dimana masalah tersebut datang. Akan lebih baik bilamana dijalankan sebagai treatment wajib dalam memelihara kesehatan muka. Di samping itu, selama dalam pemakaian masker alami untuk wajah berjerawat, terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan, antara lain ialah:

  • Pemakaian dilakukan secara rutin, bila perlu di setiap hari.
  • Terapkan di kala istirahat malam dan esok pagi untuk dibilas adalah cara yang paling bagus.
  • Pastikan komposisi pilihan benar-benar nyaman, jadinya penerapan perawatan tidaklah membebani tetapi menyenangkan.

Okey guys, itu dia beberapa masker alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Sebenarnya masih banyak lagi bahan-bahan alami lain yang bisa digunakan. Mudah-mudahan kedepannya bisa kami update lagi untuk melengkapinya.

Baca Selanjutnya:

Masker Alami untuk Wajah Berminyak >>

10 Masker Alami untuk Wajah Berjerawat | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply