Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

temulawak

Temulawak merupakan salah satu rempah-rempah yang berkhasiat bagi kesehatan

Kata “temu” sering disebut-sebut dalam keseharian kita, ada temu kangen, temu darat , temu lawak dan temu-temu lainya. Kali ini akan diulas tentang temu lawak, temu lawak bukan dalam konteks diartikan kata-perkata tapi temu lawak dalam konteks nama tanaman. Tahukah anda tentang tanaman temu lawak?. Pastinya banyak yang sudah mengetahui apa itu tanaman temu lawak, namun tak menutup kemungkinan ada yang masih awam pengetahuannya tentang temu lawak. Bagi yang ingin tahu lebih banyak mengenai temu lawak baca ulasannya berikut.

Temu lawak adalah tanaman yang menghasilkan rimpang atau umbi akar yang memiliki khasiat sebagai tumbuan herbal (tumbuhan obat). Tanaman yang memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza roxb masuk dalam anggota jahe-jahean. Temulawak adalah tanaman asli Indonesia. Tanaman ini banyak hidup di dataran pulau Maluku, Jawa dan Kalimantan.

Tanaman ini memiliki banyak nama, karena di beberapa daerah berbeda dalam menyebut tanaman ini. Misalnya temulawak di daerah Madura disebut dengan temu labak, sedangkan di Sunda disebut dengan temu koneng. Temulawak biasa hidup subur ditanah yang gembur, dan bisa hidup hingga ketinggian 1500 mdpl. Umbi akar temu lawak berwarna kuning gelap, atau coklat muda. Temulawak memiliki bau yang khas, biasanya umbi akarnya berdiameter panjang 15cm dan 6 cm.

Kandungan dalam Temulawak

Dalam temu lawak banyak terkandung senyawa kimia yang dibutuhkan tubuh. Pada rimpang temulawak terdapat turmerol dan fellandrean yang dikenal dengan minyak menguap. Dalam rimpang temulawak juga mengandung minyak atsiri (minyak atsiri ini dapat difungsikan sebagai penekan pembengkakan jaringan, dan meningkatkan produksi getah empedu); kurkuminoid (kurkuminoid terdiri atas desmetoksikurkumin dan kurkumin. Kurkumin ini berfungsi sebagai acnevulgaris, sebagai anti radang (anti inflamasi) dan anti hipototoksik (anti keracunan empedu). Desmetoksikurkumin dan kurkumin memiliki banyak manfaat seperti menetralkan racun, menurunkan kolesterol, meningkatkan sekresi empedu dan masih banyak lagi).

Advertisement

Manfaat Temulawak

Obat sakit Ginjal, temulawak dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit ginjal. Caranya dengan menyiapkan 2 rimpang temulawak ditambah 1 genggam daun kacabeling dan 1 genggam daun kumis kucin. Temu lawak diiris tipis-tipis, direbus bersamaan dengan kedua daun di atas dengan seliter air, kemudian disaring. Diminum selama 3 hari.

Obat penyakit Limfa, penyakit ini dapat diobati dengan olahan rimpang temulawak. Caranya siapkan 2 rimpang temu lawak; ½ rimpang laos (lengkuas); 1 genggam daun meniran. Parut temu lawak dan lengkuas kemudian semua bahan di rebus dengan 1 liter air hingga mendidih. Lalu disaring dan diminum. Minumlah sehari satu kali sebanyak satu caangkir.

Obat penyakit Asma, asma atau sesak nafas dapat diobati dengan rimpang temulawak. Caranya dengan menyiapkan satu setengah rimpang temulawak dan satu potong gula aren. Temu lawak diiris tipis-tipis dan dikeringkan. Temulawak yang kering direbus dengan 5 gelas air ditambah sepiotong gula aren, hingga menyisakan 3 gelas. Setelah itu disaring dan siap diminum.

Obat sakit Mag, sakit mag yang merupakan sakit yang telah memasyarakat alias sakit yang banyak diderita orang dapat diobati dengan temulawak. Caranya dengan mengambil 1 rimpang temulawak. T1 rimpang temu lawak diiris-iris, kemudian diangin-anginkan sebentar. Selanjutnya direbus dengan 5 sampai 7 gelas air sampai mendidih. Saringlah kemudian minumlah 1 kali sehari sebanyak 1 gelas.

Menambah nafsu makan, selain berkhasiat sebagai obat, tanaman temu lawak juga berkhasiat meningkatkan nafsu makan. Caranya dengan menyiapkan 2 rimpang temu lawak, seperempat rimpang lengkuas, dan segenggam daun meniran. Jika semua bahan telah siap, rebus semua bahan dengan 3 gelas air sampai mendidih, hingga menyisakan 2 gelas, kemudian disaring. Diminum setengah gelas sebanyak 2 kali sehari.

Ulasan tersebut hanya sebagian khasiat temulawak, masih segudang manfaat temu lawak yang lainnya, semoga ulasan di atas bisa menambah Pengetahuan seputar temulawak, dan semoga bermanfaat.

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply