Manfaat Telur untuk Rambut

telur untuk perawatan rambut

Telur bisa dijadikan sebagai masker rambut alami.

Manfaat Telur untuk Rambut – Siapa yang tidak mengenal telur? Telur merupakan salah satu bahan makanan yang mudah anda jumpai di dapur. Perlu anda ketahui bahwa telur memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan manusia. Seperti yang telah anda ketahui, telur dibedakan menjadi dua macam yaitu putih telur dan kuning telur. Putih telur merupakan bagian dari telur yang tidak berwarna, bening, dan kental. Putih telur sering dianggap tidak memiliki gizi yang sama dengan kuning telur. Padahal anggapan tersebut tidaklah benar, yang benar adalah putih telur memiliki kandungan protein dua kali lipat dari kuning telurnya. Dan protein yang ada pada putih telur ini mudah diserap oleh tubuh.

Manfaat Telur untuk Rambut

Lain halnya dengan putih telur, kuning telur merupakan bagian dari telur yang terletak tepat di tengah-tengah. Kuning telur kaya dengan vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan rambut. Zat-zat yang terkandung dalam kuning telur antara lain lemak, protein, vitamin, dan antioksidan. Antioksidan pada kuning telur berperan dalam membantu mengurangi kerusakan pada rambut serta membuat rambut menjadi sehat berkilau.

Mengatasi masalah rambut bercabang, kusam, dan berketombe

Bagi wanita, rambut merupakan aset yang begitu berharga. Apalagi kalau rambut tersebut hitam, panjang, sehat, dan berkilau. Tapi bagaimana kalau rambut tersebut malah sebaliknya. Rambut bercabang di mana-mana, terlihat kusam, dan bahkan berketombe. Jangan khawatir, gunakan saja putih telur. Kandungan nutrisi yang ada pada putih telur dipercaya dapat melindungi rambut dari kerusakan akibat sinar matahari atau penggunakan hairdryer/alat pencatok rambut secara berlebihan.

Ayo ikuti langkah-langkah penggunaan putih telur sebagai masker rambut alami untuk mengatasi masalah di atas, adalah:

Advertisement

  • Pertama-tama, siapkan putih telur secukupnya.
  • Kocok putih telur sampai berbusa.
  • Aplikasikan busa putih telur dari pangkal hingga ujung rambut.
  • Diamkan selama kurang lebih 10 menit.
  • Bilas hingga bersih

Memanjangkan rambut

Anda sudah bosan dengan potongan rambut pendek, tetapi tidak risih jika harus menggunakan hair extention untuk membuat rambut anda terlihat panjang. Ada solusinya, yaitu dengan menggunakan putih telur. Tentu saja hasilnya tidak cepat terlihat, dibutuhkan ketelatenan anda supaya hasil terlihat maksimal. Dan yang pasti rambut anda akan tetap sehat alami. Baca juga artikel tentang cara agar rambut cepat panjang menggunakan bahan-bahan alami.

Kondisioner alami

Rambut kering sangat mengganggu penampilan. Dengan kuning telur yang kaya akan lemak, niscaya dapat membuat rambut anda menjadi lembut. Yang perlu anda persiapkan adalah kuning telur, madu, minyak almond, dan yogurt. Langkah selanjutnya adalah campur semua bahan tersebut sampai rata. Kemudian oleskan secara menyeluruh pada rambut. Tunggu selama 45 menit agar semua nutrisi terserap. Langkah terakhir bilas sampai benar-benar bersih.

Mengurangi kerontokan pada rambut

Sedih melihat banyak rambut rontok saat disisir, padahal dilihat dari segi usia masih muda. Anda tidak perlu bersedih karena si kuning telur ini dapat memberi solusi bagi masalah anda. Siapkan sebuah wadah, lalu masukkan kuning telur dua buah dan jeruk nipis tiga tetes. Aduk sampai rata. Aplikasikan pada kulit kepala dan rambut anda. Diamkan selama 20 menit. Selanjutnya bilas dengan air bersih. Selain bisa mencegah kerontokan, tip di atas bisa melebatkan rambut anda juga.

Berdasarkan ulasan di atas, ternyata telur memiliki manfaat yang begitu besar bagi kesehatan rambut. Jika di akhir bulan anda tidak mempunyai cukup uang untuk melakukan perawatan rambut di salon, maka tidak ada salahnya anda mencoba tips di atas. Selain murah meriah, cara tersebut juga alami dan tentu saja aman bagi rambut kita. Selamat mempraktekkan tips di atas!

Baca juga artikel lainnya tentang bahan-bahan alami yang bermanfaat untuk rambut:

Manfaat Telur untuk Rambut | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply