Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

teh hijau

Manfaat teh hijau untuk kesehatan

Sejak 5 abad sebelum Masehi, penduduk China, Jepang dan Hong Kong adalah negara-negara yang paling banyak menyeduh teh dari seduhan daun tanaman teh (Camellia sinensis). Daun teh dipetik langsung dari kebun kemudian sebelum diseduh daun teh tersebut telah diproses agar mencegah oksidasi dengan cara pemanasan.

Di Jepang teh hijau adalah minuman paling banyak diminati setelah air tawar, karena itu banyak pengusaha yang sukses besar hanya dengan membuka usaha kedai teh hijau sederhana. Penduduk asli Jepang menjuluki teh hijau sebagai “ocha”, mendengar kata tersebut tentu Anda pernah dengar dari salah satu iklan di Televisi.

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

Dibalik kehangatan dan kesegaran dari segelas teh hijau, ternyata terdapat banyak keistimewaan yang menjadikan teh ini selalu diminati konsumen. Yang mendominasi keistimewaan dari teh hijau atau green tea ini hanya dua, pertama kandungan dan kedua adalah khasiatnya bagi kesehatan ataupun kecantikan.

Terdapat antioksidan kuat seperti polifenol dan fitokimia yang merupakan senyawa pemberi rasa pahit pada teh hijau. Dikutip dari Majalah Kesehata, ada 4 polifenol utama yang ditemukan dalam daun teh yaitu EGCG (epigallocatechin gallate), EGC (epigallocatechin), ECG (epicatechin gallate) dan EC (epicatechin).

Sedangkan khasiat yang diberikan dari teh hijau untuk tubuh tidak lain sebagai pelengkap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Berikut ini saya akan mengajak Anda menelusuri lebih jauh tentang manfaat teh hijau, silahkan simak betul-betul.

Memperkecil Risiko Terkena Penyakit Jantung dan Kanker Kolorektal

Berdasarkan penelitian di Jepang, orang yang minum 7 gelas teh hijau setiap harinya dapat membantu memperpanjang usia dari kematian akibat penyakit jantung dan kanker kolorektal. Kemampuan teh hijau ini disebutkan oleh para ahli karena dalam teh hijau terdapat kadar polifenol tinggi (30 – 40%) daripada teh hitam yang hanya 3 – 10%.

Advertisement

Penelitian tersebut mengevaluasi 12.251 orang dewasa yang berusia 65 hingga 84 tahun. Pada akhirnya para peneliti mengetahui, mereka yang dalam sehari minum minimal 7 cangkir teh hijau dapat menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung hingga 75% dan risiko terkena kanker kolorektal sebesar 31% dibanding mereka yang lebih sedikit minum teh hijau.

Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah

Kolesterol adalah penyakit yang tanda-tandanya bisa dengan jari-jari yang terasa kaku bahkan mati rasa.

Dari sebuah riset di Jepang terlahir kabar bahwa L-thanine dari teh hijau dapat menurunkan tekanan darah penderita hipertensi sampai pada tekanan darah normal. Kabar ini berlanjut setelah ditemukannya kehebatan theanine lain dalam menurunkan kadar kolesterol, dan memperbanyak kadar HDL (kolesterol baik) dan mencegahnya berubah jadi LDL akibat oksidasi.

Meredakan Stres dan Depresi

Teh hijau mengandung kafein dalam jumlah yang sedikit. Tentu Anda tahu kalau kafein yang biasa ditemukan dalam kopi dan teh dapat menenangkan pikiran. Hal tersebut sama percis dengan teh hijau, hanya saja karena terbantu dengan theanine membuat teh hijau mampu menyeimbangkan efek stimulasi kafein pada sisem sarah.

Tubuh akan merasa tenang dan rileks selama 30 hingga 40 menit sehabis konsumsi teh hijau dengan dua mekanisme. Pertama, kandungan theanine akan merangsang aktivitas listrik pada otak untuk menghasilkan gelombang alfa di otak. Hal ini menimbulkan reaksi berupa rasa tenang dan kewaspadaan mental sama yang sama jika melakukan meditasi. Setelah itu, theanine akan mempengaruhi hormon dopamin pada otak agar tercipta perasaan sejahtera dan rileks.

Manfaat teh hijau lain yang bisa Anda dapatkan seperti meningkatkan konsentrasi belajar, membunuh sel kanker dalam tubuh, memperkuat sistem kekebalan tubuh, EGC yang merangsang enzim pendorong pertumbuhan tulang, dan memperkecil angka kematian wanita akibat kanker usus.

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply