Manfaat Tauge (Toge) untuk Kesehatan

tauge kecambah

Tauge merupakan kecambah yang berasal dari kacang hijau.

Manfaat Tauge untuk Kesehatan – Toge atau tauge ialah salah satu jenis sayuran yang seringkali dikonsumsi untuk dijadikan lauk auk ataupun lalapan makanan. Menu makanan yang disebut juga sebagai kecambah ini mempunyai kandungan yang istimewa seperti halnya kandungan antioksidan, senyawa fitokimia, vitamin A, C dan E. begitu banyak nutrisi yang ada pada menu lauk berukuran kecil-kecil ini.

Manfaat Tauge (Toge) untuk Kesehatan

Kecambah ini seringkali dijadikan olahan sayur yang serba guna, seperti pengolahan sayur soup, untuk lalapan pecel, hingga ditumis dengan beberapa menu yang lain, misalnya tahu dan tempe. Mengkonsumsi toge pun bukan hanya baik bagi tubuh, tapi juga memberikan khasiat yang diperlukan bagi tubuh, entah itu pada sisi kesehatan hingga kecantikan. Seperti halnya pada tujuh manfaat tauge berikut ini:

Menjaga untuk tetap awet muda

Tampil dengan suasana yang terlihat awet muda merupakan salah satu impian dari para wanita, sekalipun usianya sudah tidak muda lagi. Untuk mendapatkan sisi awet muda ini bisa diperoleh dengan mengkonsumsi kecambah dalam kondisi mentah yang telah dicuci hingga bersih. Sebab, di dalam toge ini tersimpan zat antioksidan yang berperan dalam memperlambat masa penuaan yang ada. Dari unsur yang berjumlah lebih ini membuat perlindungan bagi tubuh dari radikal bebas, sehingga bukan hanya cantik saja namun juga sehat yang diperoleh dari cantik alami.

Manfaat untuk kecantikan bagi wanita

Advertisement

Bagi Anda para wanita yang ingin tampil cantik secara alami, tauge ialah salah satu bahan yang harus digunakan. Karena kecambah ini dapat digunakan untuk beberapa hal, seperti menghilangkan jerawat dan bekasnya, menyuburkan serta menjaga kesehatan rambut, menghaluskan kulit wajah dan tangan serta meremajakan kulit.

Meningkatkan kesuburan

Keadaan subur pada pria dan wanita mempermudah baginya untuk memiliki keturunan. Seperti halnya ada peran dari kandungan Vitamin E pada toge ini yang memberikan kesuburan lebih baik bagi pria dan wanita. Selain itu, tauge membantu para wanita yang mengalami gangguan pada saat menstruasi, pra menstruasi, menopause dan pramenopause.

Menjaga kadar asam lambung yang normal

Asam pada lambung yang terlalu berlebih dapat menimbulkan resiko yang lebih parah lagi, yakni bisa menyebar kerusakan pada sistem organ tubuh yang lainnya. Bahkan pada keadaan seperti membuat pola makan seseorang tak dapat lebih leluasa karena menjadikan iritasi pada lambung bilamana salah makan. Pada kondisi seperti ini, Anda bisa mengkonsumsi tauge sebagai penetral asam pada lambung. Kandungan yang dimiliki oleh kecambah ini mampu menjaga kadar asam lambung hingga normal atau senantiasa seimbang.

Menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh

Kecambah memiliki unsur yang bernama Saponin, dimana pada zat yang satu ini dapat dimanfaatkan sebagai penghancur kolesterol jahat tanpa mengganggu kolesterol yang baik. Dalam artian, kecambah mampu menghancurkan lemak berlebih di dalam tubuh yang disebut sebagai kolesterol jahat ini. Selain itu, sebagai penghancur lemak ini, tauge bisa dimanfaatkan sebagai asupan menu bagi program diet sehat.

Menjaga kesehatan tulang

Tauge ini mempunyai senyawa yang disebut estrogen alami, dimana unsur ini akan berperan sebagai proses sintesis yang alami tanpa menimbulkan efek samping. Selain itu, pada estrogen ini bisa dimanfaatkan sebagai zat yang dapat memperkuat tulang dan menjadikannya tetap padat nan sehat. Mengkonsumsi kecambah ini juga cocok bagi Anda yang ingin terhindar dari osteoporosis atau tulang yang keropos. Bisa pula dijadikan sebagai ramuan alami untuk resiko ini agar dapat sembuh tanpa efek samping.

Oke, itu dia beberapa manfaat tauge atau toge bagi kesehatan. So, jangan memandang sebelah mata terhadap makanan ini walaupun kelihatannya kecil.

Manfaat Tauge (Toge) untuk Kesehatan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply