Manfaat Tanaman Jarak untuk Pengobatan

tanaman jarak

Manfaat tanaman jarak sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit dan masalah kesehatan

Tanaman Jarak merupakan tumbuhan hijau yang tumbuh subur di berbagai musim dan tempat, asalkan bukan di perairan. Biasanya tumbuh di alam liar maupun tumbuh tidak terawat di alam bebas, maksudnya ialah di tanah yang tidak subur. Tanaman Jarak ini juga banyak yang tidak mengetahui khasiatnya. Padahal, jika ditelusuri secara mendalam dan lebih detail, tanaman Jarak memiliki manfaat yang ajaib bagi kehidupan. Beberapa kandungan yang terdapat pada tanaman Jarak, antara lain:

• Di bagian daunnya, tanaman Jarak mengandung senyawa amiri, teraksol, kaemfesterol dan stigmasterol.
• Di bagian kulit batang tanaman Jarak mengandung resin, tanin dan saponin.
• Di bagian biji, menurut penelitian, biji Jarak mengandung curcin dan toksalbumin yang dapat digunakan sebagai anti kanker.

Begitu banyaknya manfaat dari tanaman Jarak, dimana keberadaannya yang tidak diperhatikan oleh orang, tersimpan khasiat yang luar biasa. Dimana keberadaan dapat anda temukan di persawahan maupun di pinggiran jalan, yang biasanya tumbuh bersama rumput-rumput. Tanaman herbal ini dapat anda pilih sebagai bahan alternatif terhadap masalah kesehatan yang sedang anda hadapi, untuk segera di sembuhkan. Dengan alaminya tanaman Jarak ini, tidak akan memberikan efek buruk bagi kesehatan. Gunakan saja secukupnya, agar pemakaiannya sesuai standar.

Selain itu terdapat berbagai manfaat dari tanaman Jarak yang sangat berkhasiat pada kesehatan tubuh. Merupakan pengobatan secara alamin yang dapat membantu dalam pemenuhan kesehatan pada diri manusia. Bisa digunakan pada pemakaian murni tanaman Jarak saja dan juga tanaman Jarak dengan tambahan berbagai bahan alami lainnya, yang dapat berkhasiat bagi tubuh. Diantaranya:

Mengobati sakit gigi karena berlubang

Sakit gigi bukanlah hal yang kecil, melainkan penyakit yang menyebabkan sang penderita tidak nyaman, seperti tidak enak untuk bicara, makan maupun minum. Susah bukan? Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa menggunakan tanaman Jarak, caranya ialah dengan mengambil tangkai tanaman Jarak, ambil getahnya saja, bisa dengan kapas atau kain lembut untuk mengambilnya, secukupnya saja. Kemudian tempel kan pada gigi yang berlubang. Kandungan antimikroba pada getah tanaman Jarak dapat membunuh kuman dan bakteri pada gigi berlubang. Sehingga, gigi pun lekas sembuh dan rasa sakit pun hilang.

Obat Sariawan Alami

Advertisement

Begitu juga dengan Sariawan, yang biasanya menyerang pada bibir, dapat diobati dengan daun Jarak. Cara pengobatannya pun sama, yaitu dengan mengambil getah pada tanaman Jarak, kemudian dioleskan pada bagian bibir yang mengalami sariawan. Jika tidak segera diatasi, sariawan dapat membuat bibir semakin terluka, hingga suasana makan dan minum dapat terganggu.

Mengobati perut kembung

Perut kembung akibat masuk angin, tentunya sangat mengganggu bukan? Meskipun saat masuk angin dapat menyebabkan perut kembung adalah hal biasa, tentunya hal itu membuat tidak nyaman. Teruntuk anak kecil yang mengalami masuk angin dan perut kembung pula, dapat diobati dengan tanaman Jarak. Caranya ialah dengan mengambil daun Jarak, cuci hingga bersih lalu panaskan hingga tampak layu. Setelah itu oleskan minyak kayu putih, minyak kelapa dan minyak telon, lalu tempel kan pada bagian punggung. Tunggu dan biarkan daun Jarak bekerja secara maksimal, hingga terjadi pembuangan zat maupun gas yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh.

Mengobati rematik

Bagi yang memiliki banyak aktifitas yang banyak hingga lupa berolah raga, pasti rematik dapat kapan saja menyerang anda. Dan tentunya, rematik tidak dapat sembuh dengan cepat begitu saja. Hal itu dapat anda selesaikan dengan tanaman Jarak, yaitu dengan mengambil daun yang paling tua dan terlihat segar tidak layu. Cuci hingga bersih, kemudian ditumbuk hingga halus, bisa dicampurkan dengan air, tapi sedikit saja. Setelah itu dapat anda oleskan pada bagian yang rematik.

Mengobati luka

Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari tanaman Jarak ini, yang bisa pula digunakan untuk mengatasi luka. Tentunya luka fisik karena terjatuh ataupun lecet, bukan sakit karena jatuh cinta. Dapat anda oleskan getah dari tanaman Jarak, pada kulit yang terluka. Meskipun terasa sedikit perih, tapi khasiatnya begitu ajaib. Getah tanaman jarak membantu proses penutupan luka dan juga proses penyembuhan nya. Sehingga luka dapat terobati dengan cepat.

Merawat rambut

Bagi anda yang mengalami kerusakan pada rambut, dapat diatasi dengan tanaman Jarak. Seperti menghilangkan ketombe dan menyehatkan kulit kepala. Menjadikan kulit kepala sebagai lahan yang subur untuk rambut dalam tumbuh dan berkembang. Yaitu dengan biji tanaman Jarak, caranya tumbuk beberapa biji tanaman Jarak, kemudian usapkan pada kulit kepala dan juga merata pada rambut. Diamkan beberapa menit, setelah itu dapat berkeramas dengan shampoo yang biasa anda pakai.

Tanaman Jarak merupakan tanaman biasa dan bisa di bilang sebagai tanaman rerumputan, tumbuh hijau seperti tanaman lainnya, yang hanya memiliki posisi sebagai tanaman liar bagi manusia. Meskipun demikian, tanaman Jarak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia.

Manfaat ajaib pada tanaman jarak telah diketahui dan dirasakan oleh para nenek moyang di zaman dulu kala. Dimana tanaman tradisional ini menjadi tanaman yang menjadi obat nomor satu untuk berbagai masalah kesehatan. Karena di zaman dahulu, belum banyak ditemukan akses kesehatan secara alami. Dan di zaman sekarang pun, pengobatan secara alami dan tradisional masih bisa anda lakukan. Apalagi dengan cara yang mudah dan dapat menghemat biaya. Pengobatan alami yang merupakan warisan leluhur hingga turun temurun. Tidak hanya itu, khasiatnya pun nyata dan dapat anda buktikan.

Manfaat Tanaman Jarak untuk Pengobatan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply