Kandungan Gizi dan Manfaat Tahu Bagi Kesehatan

manfaat tahu

Tahu putih atau dikenal nama tofu merupakan jenis tahu yang cukup populer.

Kandungan Gizi dan Manfaat Tahu – Indonesia memang bisa di sebut sebagai gudangnya kuliner. Di sini banyak sekali lauk pauk yang bisa kita olah. Salah satu lauk yang mungkin sering Anda konsumsi adalah tahu. Bahan pangan ini sering menjadi santapan yang paling sering di jumpai oleh masyarakat Indonesia. Makanan ini juga kaya dengan protein dan gizi. Tahu sendiri terbuat dari sari kedelai yang di endapkan dengan tambahan koagulan. Olahan ini diadaptasi dari China. Memiliki tekstur yang lembut dan memiliki warna kuning atau putih adalah ciri dari tahu. Biasanya tahu di sajikan dengan di goreng atau sebagai pelengkap kuliner seperti batagor, siomay atau bakso.

Jenis-Jenis Tahu

Tahu memang makanan yang sederhana, namun makanan ini juga terdiri dari beberapa jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis tahu yang beredar di Indonesia. Jika ada yang kurang moho ditambahkan di kolom komentar.

Tahu putih

Tahu jenis ini biasanya ada yang berbentuk padat. Bentuknya bervariasi mulai dari yang besar hingga yang kecil. Untuk tahu ini biasanya digunakan untuk digoreng, dibuat tahu bacem ataupun dibuat untuk campuran makanan berkuah.

Tahu kuning

Biasanya tahu jenis ini padat atau disebut juga dengan tahu takwa. Karena kepadatannya yang lebih dari pada tahu putih ketika dipotong tahu jenis ini tidak mudah hancur.

Tahu sutera

Disebut tahu sutera karena sangat halus. Tahu jenis ini berwarna putih. Karena lembutnya tahu ini, biasanya ketika dijual direndam dalam wadah yang berisi air dan tahu yang di dalamnya terendam..

Tahu kering/kulit tahu

Biasanya jika kita akan menggunakannya kita perlu merenam terlebih dahulu agar lunak. Bisanya disajikan dalam makanan berkuah ataupun dibuat cemilan.

Kandungan Gizi Tahu

Seperti yang kita ketahui, tahu ini adalah makanan yang terbuat dari bahan kacang kedelai. Dimana kacang kedelai sendiri merupakan bahan makanan yang kaya akan kandungan gizi. Harga murah, kaya kandungan gizi. Lantas apa kandungan gizi dari tahu ini?

Protein, tahu yang terbuat dari kedelai, tentu saja memiliki kandungan protein yang begitu tinggi. Bahkan di sebut-sebut, jika tahu ini adalah sumber protein nabati yang begitu tinggi.

Isoflavon, tahu juga mengandung isoflavon. Isoflavon ini berguna untuk pencegahan kanker. Bahkan ia juga mampu mengurangi adanya risiko kanker di wanita yang telah mengalami masa menopause. Banyak pula penelitian yang mengatakan bila orang yang rajin mengonsumsi tahu dapat hidup lebih lama.

Kalsium, kebanyakan orang bahkan susah untuk mendapatkan nutrisi seperti kalsium. Padahal di dalam tahu, Anda dapat memperoleh kalsium yang begitu banyak.

Zat besi, tahu ialah sumber zat besi yang begitu baik, ia dapat membantu melakukan sirkulasi oksigen yang berada di dalam tubuh.

Untuk lebih jelasnya lihat tabel mengenai kandungan gizi tahu di bawah ini:

Tabel 1. Komposisi Nilai Gizi pada 100 g Tahu Segar

Advertisement

Komposisi Jumlah
Energi (kal)  6
Air (g) 86,7
Protein (g) 7,9
Lemak (g) 4,1
Karbohidrat (g) 0,4
Serat (g) 0,1
Abu (g) 0,9
Kalsium (mg) 150
Besi (mg) 0,2
Vitamin B1 (mg) 0,04
Vitamin B2 (mg) 0,02
Niacin (mg) 0,4
(Sumber : Depkes, 1996)

Manfaat Tahu Bagi Kesehatan

Setelah kita mengetahui kandungan nutrisi yang berada di dalam tahu, lantas apa manfaat tahu untuk kesehatan? Berikut ulasannya:

Mengurangi asam urat. Manfaat tahu yang pertama akan kita bahas adalah fungsinya untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Jika asam urat Anda mendadak tinggi, tidak ada salahnya untuk mencoba makanan super lezat ini sebagai obat.

Mengurangi kolesterol. Manfaat tahu yang kedua adalah untuk mengurangi kolesterol jahat dalam darah. Sudah menjadi rahasia umum bila kolesterol ialah salah satu penyebab dari penyakit jantung. Tahu mampu mengurangi kolesterol yang ada di tubuh, hal ini dikarenakan ia akan menyerap kandungan minyak goreng serta cairan lain yang telah terakumulasi di dalam tubuh serta mampu menyebabkan penyakit. Bila di bandingkan dengan daging-dagingan, tahu mempunyai asam lemak yang jauh lebih rendah.

Pencegah anemia. Anemia atau kurang darah sering sekali di derita oleh orang dewasa. Ingin terhindar dari anemia? Anda bisa mencoba memperbanyak konsumsi tahu. Banyak penelitian yang mengatakan tahu terbukti ampuh menurunkan risiko anemia orang dewasa.

Mengurangi risiko penyakit jantung. Asupan makanan yang begitu tepat akan mampu memberi peran yang begitu penting sebagai penjaga kesehatan jantung, dengan mengonsumsi tahu, kolesterol di tubuh akan menurun sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Pencegah kanker payudara. Mereka yang sering mengonsumsi tahu hingga 25% akan mengalami peningkatan terbentuknya hormon estrogen jika di bandingkan mereka yang tidak mengonsumsi. Manfaat tahu yang satu ini tentunya sangat penting untuk diketahui para wanita.

Sebagai menu diet. Karena kalori dan kandungan hidrat arang yang berada di dalam tahu sangat rendah, sering kali tahu di jadikan menu diet. Meskipun kandungan dari kalorinya amat rendah tahu mampu membuat kita merasa kenyang lebih lama bila di banding dengan mengonsumsi berbagai makanan lain.

Melawan radikal bebas. Satu lagi manfaat tahu yang wajib diketahui adalah kemampuannya untuk menangkal radikal bebas. Hal ini karena adanya kandungan Isoflavon dan Selenium yang bekerjasama dengan Iodine untuk memperbaiki kinerja kelenjar tyroid sehingga mampu bekerja maksimal.

Sudah terbukti bukan, bila di balik kelezatan yang dimiliki oleh tahu, ternyata ia juga menyimpan khasiat medis tersendiri. Inilah sebabnya banyak pakar kesehatan yang menyarankan konsumsi tahu, terkecuali bagi mereka yang memiliki alergi ataupun mereka yang mempunyai penyakit sehingga tidak di anjurkan mengonsumsi tahu. Semoga artikel tentang manfaat tahu ini dapat memberikan wawasan baru bagi para pembaca.

Baca juga: Kandungan Gizi dan Manfaat Tempe Bagi Kesehatan >>

Kandungan Gizi dan Manfaat Tahu Bagi Kesehatan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply