Manfaat Serai Bagi Kesehatan dan Kecantikan

serai atau sereh

Serai atau sereh (Lemon grass) adalah rempah-rempah yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan

Manfaat Serai Bagi Kesehatan, Kecantikan dan Pengobatan Tradisional – Serai (sereh) yaitu salah satu tanaman berjenis rumput-rumputan yang sering digunakan sebagai penyedap rasa. Seluruh bagian serai bias dimanfaatkan. Serai bias diolah dan menghasilkan minyak serai. Minyak serai adalah minyak yang didapatkan dari penyulingan serai dan kemudian menghasilkan minyak yang kita sebut dengan minyak serai. Aroma serai tidak disukai oleh serangga termasuk nyamuk. Oleh sebab itu minyak serai sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuat obat anti nyamuk dan serangga.

Manfaat Serai untuk Kesehatan

Batang serai berbentuk berbuku-buku. Bagian serai yang dimanfaatkan sebagai bahan penyedap makanan adalah bagian batang serai. Selain sebagai bahan penyedap rasa dan bahan anti serangga, serai juga digunakan dalam dunia kesehatan. Banyak kandungan yang terdapat di dalam serai sehingga serai sering digunakan untuk bahan obat-obatan herbal. Berikut manfaat serai dalam dunia kesehatan:

Meringankan kram pada perut saat menstruasi

Meminum sari atau rebusan air serai dapat meringankan kram pada saat menstruasi. Air serai juga bias menghilangkan rasa mual yang kadang terjadi pada saat wanita dating bulan. Minum air serai ini saat memulai aktifitas yang dimulai sejak pagi hari.

Sebagai antioksidan dan pencegah kanker

Serai dapat digunakan sebagai sumber antioksidan yang berfungsi sebagai pembasmi sel-sel penyebab kanker. Serai dapat mematikan sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel baik di dalam tubuh lainnya. Caranya dengan meminum air rebusan atau sari serai secara teratur. Minimal 2x sehari.

Dapat memutihkan gigi menguning

Gigi menguning jelas membuat Anda merasa tidak percaya diri bukan ? Canggung rasanya kita tersenyum jika gigi kita tak putih. Terutama untuk perokok, pasti terdapat noda kuning pada giginya. Tak perlu malu dan tak perlu khawatir. Hal ini bias diatasi dengan cara sederhana. Yaitu dengan menggunakan serai. Caranya tumbuk serai sampai keluar sarinya, campur dengan sedikit arang dapur. Gosokan pada gigi. Lakukan hal ini minimal seminggu 3x. Rasakan perubahan yang terjadi pada gigi Anda.

Menyembuhkan perut kembung

Teh serai terbukti dapat meringankan perut kembung. Kandungan yang ada di dalam serai dapat mengurangi angin yang ada di dalam usus termasuk di dalam perut. Serai mencegah bertambahnya gas dalam usus yang menyebabkan perut kembung. Selain into kita bias mengoleskan sari serai ke perut kita. Caranya dengan menumbuk serai sampai mengeluarkan sarinya, campur dengan minyak angin. Lalu oleskan pada perut kembung.

Meringankan sakit gigi

Serai terbukti meringankan nyeri pada gigi. Caranya dengan berkumur menggunakan sari atau rebusan air serai selama 1 menit. Baca juga artikel lainnya, yang memuat tanaman herbal untuk mengatasi sakit gigi berikut ini:

Vitamin atau nutrisi pada syaraf

Advertisement

Kandungan pada serai terbukti meningkatkan system kerja syaraf. Hal ini terjadi karena serai bersifat menghangatkan dan melemaskan otot sehingga system kerja syaraf bias bekerja dengan baik. Serai juga bias digunakan untuk meredakan kejang.

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Serai berfungsi untuk merangsang sirkulasi peredaran darah. Maka dari itu kita dianjurkan mengkonsumsi minuman yang mengandung serai agar peredaran sirkulasi pada darah bias berjalan normal. Baca juga artikel tentang cara menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Untuk memperbaiki sel-sel mati pada kulit

Kita bias menggunakan kosmetik yang mengandung serai. Manfaat dari penggunaan kosmetik mengandung serai adalah mengangkat sel-sel mati pada kulit. Sehingga ketika kita membersihkan make up yang mengandung serai, secara alami sel-sel mati pada kulit juga ikut terangkat.

Mengobati penyakit kulit

Serai bias kita gunakan sebagai obat untuk mengobati penyakit kulit. Misalnya jamur pada kulit. Kandungan pada serai terbukti mampu membunuh jamur yang bersarang pada kulit. Penggunaan secara terus menerus juga bias menghilangkan noda yang ditinggalkan oleh jamur.

Manfaat Serai untuk Kecantikan

Selain hal-hal tersebut, serai masih memiliki banyak manfaat. Misalnya dalam dunia kecantikan. Serai sering digunakan sebagai campuran pembuatan sabun. Pada hal ini serai bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit dan menghaluskan kulit.

Sabun serai juga memiliki khasiat sebagai anti nyamuk. Jadi setelah kita mandi menggunakan sabun serai, kita tak perlu mengoleskan lotion anti nyamuk pada kulit kita lagi. Karena aroma yang melekat pada tubuh kita adalah aroma serai. Nyamuk sangat tak suka dengan aroma ini.

Dalam pembuatan sabun serai diperlukan bahan tambahan. Bahan-bahan ini tidak berbahaya. Untuk mendapatkan bahan tambahan ini kita tak perlu kebingungan. Toko bahan kimia terdekat pasti mempunyai stok untuk bahan-bahan ini. Bahan tambahan yang diperlukan untuk membuat sabun serai antara lain: Minyak kelapa sawit, Minyak sereh, EDTA, NAOH, Minyak kelapa (Virgin Coconut Oil), Coconut Fatty Acid, Diethanol Amide, Minyak Zaitun, Sodium sidicate.

Bahan-bahan tersebut juga memiliki patokan harga yang tak begitu mahal. Oleh sebab itu mudah untuk kita agar bias memproduksi produk sabun serai sendiri. Menarik bukan ? Selain kita bisa berkreasi, kita juga bias menjadi pengusaha sabun serai yang pasarannya telah meledak di Indonesia. Karena sudah banyak konsumen yang menyukai penggunaan sabun serai ini. Harganya yang relatif murah serta khasiatnya yang telah terbukti membuat sabun serai laris di pasaran.

Di atas telah dijelaskan bahwa sabun serai memiliki banyak fungsi. Masih banyak fungsi dari sabun serai yang belum kita ketahui. Berikut manfaat lain dari penggunaan sabun serai:

Kaum wanita tentunya sangat kreatif dalam pemanfaatan serai. Para ibu rumah tangga misalnya, mereka sering menggunakan ide-ide kreatif nya dengan memanfaatkan serai sebagai bahan herbal. Itulah beberapa manfaat serai untuk kesehatan, kecantikan dan pengobatan tradisional. Semoga bermanfaat.

Manfaat Serai Bagi Kesehatan dan Kecantikan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply