Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan

manfaat buah pisang

Buah pisang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan

Manfaat Buah Pisang (Musa Paradisiaca, Linn.) – Pisang ialah salah satu buah yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Buah yang memiliki bentuk seperti melengkung dan di bungkus dengan gizi yang begitu besar ini laris manis diburu oleh penggemarnya. Buah pisang tumbuh di berbagai negara, bahkan tercatat ada 107 negara yang menjadikan pisang sebagai tanaman pangan.

Pohon pisang tumbuh subur di alam terbuka yang mendapat banyak sinar matahari. Orang Sunda menyebutnya Cau, sedangkan di Jawa dikenal dengan nama Gedang. Lantas, apa saja manfaat pisang ini untuk dunia kesehatan, kecantikan dan pengobatan tradisional?

Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Buah pisang sangat bermanfaat bagi kesehatan karena kandungan gizinya yang melimpah. Kandungan kimia yang terdapat pada buah pisang antara lain vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C. Senyawa mineral yang terdapat di dalamnya antara lain kalium, chlor, natrium, magnesium dan posfor. Kandungan lain yang terdapat pada buah pisang adalah karbohidrat, zat tepung, zat putih telur, lemak, air, levulose, dextrose, sucrose.

Membantu pencernaan di usus

Serat yang berada di dalam pisang begitu baik untuk mengurangi risiko sembelit. Anda tidak perlu menggunakan obat pencahar lagi, cukup dengan mengonsumsi buah pisang setiap hari. Bahkan mengonsumsi pisang dan mencampurnya dengan segelas susu akan mengurangi risiko penyakit usus. Bahkan pisang ini juga bisa digunakan sebagai penahan inflamasi.

Memperlancar peredaran darah

Pisang mempunyai kandungan potasium, kandungan kalium yang berada di dalam buah pisang akan membantu pengaturan tekanan darah, ia juga dapat menekan risiko terjadinya stroke hingga timbulnya penyakit seperti penyakit jantung. Untuk mendapatkan khasiat dari buah pisang ini, Anda hanya perlu mengonsumsinya setiap hari.

Menjaga kesehatan mata

Tentu Anda tahu, bila pisang mempunyai kandungan vitamin A. Vitamin yang larut di dalam lemak ini penting untuk kesehatan mata. Senyawa ini akan melestarikan membran yang mengelilingi mata. Membran ini ialah komponen yang akan membawa cahaya ke dalam kornea. Asupan dari vitamin A yang cukup ini akan membantu mengurangi risiko kebutaan. Wanita setidaknya membutuhkan kurang lebih 700 mg vitamin A setiap harinya, untuk pria mereka membutuhkan 900 mg. Pisang ini juga mengandung beta karoten yang bisa di ubah menjadi vitamin A.

Obat sakit maag

Bagaimana bisa pisang di gunakan sebagai obat sakit maag? Buah pisang sering sekali di jadikan solusi di saat tubuh terserang penyakit maag. Hal ini dikarenakan pisang memiliki kandungan yakni zat penangkal asam sehingga mampu meredakan penyakit ini. Oleh sebab itu, saat Anda terserang maag dan tidak bisa menelan berbagai makanan, Anda bisa menggunakan buah pisang sebagai pengganti nasi.

Menjaga kesehatan ginjal

Tahukah Anda jika berbagai jenis penyakit yang menyerang ginjal bisa di cegah dengan cara memasukkan buah pisang ke dalam pola diet sehari-hari. Banyak penelitian yang membuktikan bila perempuan yang sering mengonsumsi pisang serta buah-buahan yang lain mengalami penurunan risiko penyakit ginjal secara signifikan. Hal ini disebabkan, senyawa fenolik yang terkandung di buah pisang mempunyai kemampuan untuk memberi perlindungan untuk penyakit ginjal.

Membantu berhenti merokok

Bagi sebagian orang untuk berhenti merokok sangat tidak mudah, kandungan magnesium serta kalium yang begitu tinggi di pisang bisa membantu tubuh untuk melawan efek nikotin. Inilah yang menyebabkan orang mudah berhenti merokok. Jadi, jika ingin menghentikan kebiasaan merokok Anda yang sudah terlalu parah, Anda bisa mencoba pisang sebagai alternatif.

Manfaat Buah Pisang untuk Kecantikan

Bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan,buah pisang juga bermanfaat untuk dunia kecantikan. Biasanya dijadikan sebagai masker wajah alami untuk menghilangkan jerawat, menghaluskan wajah serta melembabkan kulit wajah.

Mengobati jerawat

Pisang ternyata juga bermanfaat untuk mengobati adanya jerawat. Cara penggunaannya dengan menghancurkan daging pisang yang telah matang, kemudian mengoleskannya pada kulit yang berjerawat. Anda bisa mendiamkannya selama beberapa menit, setelah kering bilas menggunakan air. Perawatan dengan menggunakan buah pisang secara teratur ini akan membuat jerawat berangsur-angsur menghilang.

Menghaluskan wajah

Selain berfungsi sebagai pembasmi jerawat, ternyata buah pisang juga memiliki fungsi sebagai penghalus wajah. Anda bisa menggunakan pisang sebagai masker. Kulit berangsur-angsur halus. Oleh sebab itu pisang sering sekali digunakan sebagai bahan dasar masker wajah di tempat spa atau di salon kecantikan. Bila Anda ingin mencobanya sendiri, Anda bisa menghancurkan pisang dan menambahkan sedikit madu, setelah itu gunakan menjadi masker.

Melembabkan kulit wajah

Advertisement

Bagi anda yang memiliki jenis kulit wajah kering perlu perawatan ekstra agar kulit wajah senantiasa lembab. Salah satu cara yang alami untuk mengatasinya adalah menggunakan buah pisang. Caranya, ambil satu buah pisang ambong yang sudah masak kemudian dihancurkan. Campurkan dengan satu sendok makan minyak zaitun kemudian terapkan pada wajah sebagai masker. Diamkan selama 30 menit kemudian bersihkan wajah dan keringkan dengan handuk lembut.

Manfaat Pisang untuk Pengobatan

Pisang merupakan tanaman yang hampir seluruh bagian dari tanamannya sangat berguna bagi manusia. Selain buahnya yang kaya kandungan gizi, bagian tanaman lainnya juga bisa dijadikan untuk obat tradisional. Berikut ini adalah manfaat pisang untuk pengobatan tradisional.

Mengobati sakit mata

Selain dapat menjaga kesehatan mata, buah pisang juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati mata yang sakit atau perih. Cara pengobatannya juga sangat enak. Cukup mengkonsumsi 2-3 buah pisang ambon setiap hari. Jika tidak ada pisang ambon, bisa diganti dengan pisang cere.

Melancarkan buang air besar

Anda yang kesulitan BAB, atau BAB tidak lancar, sembelit dan sejenisnya bisa diobati dengan buah pisang. Caranya dengan mengkonsumsi buah pisang yang sudah masak secara teratur setiap hari. Jenis pisang yang bisa digunakan adalah pisang ambon dan pisang emas.

Digigit binatang berbisa

Gigitan biantang berbisa seperti ular, kelabang, kalajengking, laba-laba dan sebagainya sangat perih dan menyiksa meskipun tidak sampai mematikan. Jika kondisi tersebut terjadi pada Anda, jangan panik, carilah bonggol batang pisang raja, kemudian diparut dan diminum airnya.

Hidung berdarah (mimisan)

Adakalanya anak-anak mengalami pendarahan pada hidung (mimisan) tanpa penyebab pasti. Namun jangan panik jika hal itu terjadi. Ambil akar pohon pisang kepok atau batang pohonnya (bagian dalam batang yang berwarna putih) kemudian ditumbuk hingga halus. Seduh dengan air panas sebanyak 1/2 gelas. Setelah dingin, airnya diminum sekaligus.

Mencegah infeksi pada luka

Manfaat pisang yang selanjutnya adalah untuk mencegah infeksi pada luka. Luka yang baru harus segera ditangani secara benar agar tidak terjadi infeksi. Salah satu cara alami dengan menggunakan getah pelepah pohon pisang. Bisa pisang jenis apa saja. Dengan cara pelepah pisang dipotong lalu dioleskan pada luka. Rasanya cukup perih.

Manfaat pisang sebagai obat amandel

Saat ini, amandel bisa diobati dengan cara operasi. Namun, orang-orang zaman dulu, mengatasi amandel dengan menggunakan bonggol pohon pisang. Caranya dengan mengambil bonggol pohon pisang jenis apa saja kemudian diparut dan diambil airnya. Minum secara teratur.

Mengobati diare pada bayi

Manfaat pisang kepok bukan hanya untuk dijadikan pisang goreng, namun juga bisa dijadikan sebagai obat diare untuk bayi. Caranya ambil satu buah pisang kepok mentah, kemudian disangan (digoreng tanpa minyak) dan dimakan oleh ibu yang sedang menyusui bayi. Lalu menyusui seperti biasa. Kandungan dalam pisang kepok akan tersalurkan pada bayi melalui ASI.

Diare pada orang dewasa

Orang dewasa juga bisa mengalami diare jika tidak menjaga kebersihan tubuh, makanan dan lingkungan. Jika hal tersebut terjadi pada Anda yang harus pertama dilakukan adalah mengobatinya. Pengobatan alami untuk diare bisa menggunakan buah pisang kapur mentah yang dibakar kemudian dimakan.

Obat disentri

Disentri biasanya disebabkan oleh bakteri dan amoeba. Penyakitnya bisa berakibat fatal jika tidak segera diobati. Jika ada diantara Anda yang mengalaminya, segera ambil bonggol dari pisang kluthuk atau pisang batu, kemudian diparut dan ambil airnya. Peras dan gunakan untuk berkumur.

Mengobati radang tenggorokan

Manfaat pisang yang selanjutnya adalah mengobati radang tenggorokan. Tenggorokan yang bengkak akan terasa sakit dan menyiksa saat menelan makanan. Obati dengan air dari parutan bonggol pisang kepok. Diminum secara teratur setiap hari, selama 3-5 hari.

Telinga bengkak

Telinga bengkak atau radang telinga bisa sangat menyiksa. Solusinya dengan menggunakan obat tradisional dari kulit pohon pisang. Jenis pisang yang digunakan adalah pisang kluthuk atau pisang batu. Kulit pisang dipanggang lalu diperas airnya dalam keadaan hangat. Lalu teteskan atau oleskan pada bagian telinga yang sakit.

Cacar air

Selain dengan menggunakan kacang hijau, penyakit cacar juga dapat diobati menggunakan bonggol batang pisang batu. Caranya, bonggol pisang batu dihaluskan bersama adas pilosari secukupnya. Ambil airnya dengan cara diperas kemudia diminum.

Mengobati ambeien

Ambeien bisa diobati dengan banyak ramuan tradisonal seperti daun sirsak, kulit manggis hingga daun jambu biji. Pisang batu juga punya khasiat yang sama untuk mengobati ambeien. Caranya ambil buah pisang batu yang masih mentah kemudian diparut dan dihaluskan, tambahkan adas pulosari dan gula merah secukupnya. Saring airnya lalu diminum.

Mencegah pendarahan setelah melahirkan

Cari pohon pisang batu yang belum berbunga kemudian dipancung hingga tersisa bonggol pisangnya saja. Keruk cukup dalam untuk menampung air. Biarkan sehari semalam hingga terumpul banyak air. Air tersebut dipakai untuk membasuh daerah kewanitaan.

Sariawan usus

Ambil kulit buah pisang batu yang sudah masak kemudian diiris tipis. Ambil satu buah pisang batu yang masih mentah iris tipis. Semuanya ditumbuk hingga halus. Peras dan saring airnya, biarkan semalam suntuk. Pagi harinya air tersebut diminum.

Sakit kuning

Sakit kuning merupakan istilah salah satu jenis penyakit hepatitis. Penyakit ini bisa diobati dengan banyak mengkonsumsi buah pisang, terutama dari jenis pisang mas.

Kanker perut

Penderita kanker perut tidak ada salahnya untuk mencoba pengobatan alternatif. Salah satunya menggunakan pohon pisang. Caranya, ambil tunas/pohon pisang yang masih muda kemudian diparut dan diambil airnya sebanyak 4 gelas. Rebus sampai mendidih bersama dengan benalu tanaman teh hingga airnya tersisa 2 gelas. Minum ramuan tersebut 2 kali sehari sebanyak satu gelas secara teratur.

Itulah beberapa manfaat pisang untuk kesehatan, kecantikan dan dunia pengobatan tradisional. Ternyata pohon pisang ini merupakan tanaman yang sangat bermanfaat mulai dari akar, batang, daun, getah buah hingga kulit buahnya.

Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply