Manfaat Melinjo (Daun, Biji, Kulit Buah) untuk Kesehatan

manfaat melinjo

Buah, daun dan bunga melinjo biasa dijadikan sebagai masakan.

Manfaat Melinjo (Gnetum gnemon Linn.) – Di daerah saya, Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat yang mayoritas orang sunda, menyebutnya Tangkil. Kebanyakan orang mengenal melinjo dari buahnya yang sering dijadikan emping. Dan memang emping melinjo ini sangat terkenal sekali. Bahkan sampai ke luar negeri. Namun saya pribadi mengenal melinjo bukan dari buahnya melainkan dari pucuk daunnya (daun muda). Dimana masyarakat sekitar sering mengolahnya menjadi masakan berupa tumis daun melinjo (biasanya disertai dengan bunganya yang berbentuk mirip ulat – kami menyebutnya Uceng). Selain itu, banyak juga yang membuatnya sebagai bahan makanan untuk membuat sayur asem bersama bahan lainnya seperti jagung manis, waluh dan kacang panjang atau kacang merah.

Melinjo memiliki nama latin Gnetum Gnemon dan berasal dari keluarga Gnetaceae. Tanaman ini berasal dari Asia Tropis, Melanesia dan Pasifik Barat. Pohon ini biasanya ditanam di belakang rumah atau halaman, dan dimanfaatkan daun, bunga serta buahnya untuk dikonsumsi. Tanaman melinjo dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 0-1200 meter di atas permukaan laut. Tingginya bisa mencapai 20 meter jika tidak dipangkas. Namun karena yang dikonsumsi adalah daun mudanya, maka seringkali dipangkas agar tetap pendek sehingga tidak perlu repot saat mengambil daun atau buah melijno.

Kandungan Gizi Melinjo

Sebagai makanan yang disediakan oleh alam, tentu melinjo mempunyai kandungan gizi yang tidak sedikit. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa melinjo menghasilkan senyawa antioksidan yang diperoleh dari konsentrasi protein tinggi. Hampir semua bagian tanaman melijno memiliki kandungan protein, namun yang paling potensial terdapat pada bijinya. Secara evolusi, melinjo merupakan saudara dekat dari Ginkgo Biloba yang dapat memperkuat daya ingat otak.

Banyak mitos yang beredar bahwa melinjo dapat menyebabkan kenaikan asam urat. Namun banyak juga yang menyangkal mitos tersebut. Faktanya, melinjo memang memiliki kandungan purin, yang merupakan salah satu penyebab asam urat tinggi. Jika tidak ingin terkena efek samping dari melinjo ini, ya jangan mengkonsumsinya secara berlebihan. Dalam batas wajar, konsumsi daun melinjo aman bagi asam urat.

Tabel Kandungan Gizi Melinjo Per 100 Gram

Informasi gizi Jumlah
Energi 66 kkal
Protein 5 gr
Lemak 0,7 gr
Karbohidrat 13,3 gr
Kalsium 163 mg
Fosfor 75 mg
Zat Besi 3 mg
Vitamin A 1000 IU
Vitamin B1 0,1 mg
Vitamin C 100 mg

Manfaat Melinjo untuk Kesehatan

Sebagai tanaman yang mempunyai banyak kandungan nutrisi, maka tidak heran jika melinjo mempunyai banyak manfaat nbagi kesehatan. Baik sebagai panganan maupun sebagai obat tradisional. Berikut ini akan saya paparkan apa saja manfaat melinjo bagi kesehatan.

1. Mengobati luka

Anda sedang terluka? Tenang, daun melinjo bisa mengobati luka hati karena cinta. Halah…!!!! Bukan, melainkan dapat mengobati luka seperti luka tersayat atau luka lecet pada kulit. Caranya adalah dengan menumbuk daun melinjo dan juga bawang putih. Setelah halus, tempelkan pada bagian tubuh yang luka. Biarkan hingga mengering dengan sendirinya. Ramuan tersebut dapat membuat luka menjadi cepat kering dan terhindar dari infeksi.

2. Anti-mikroba

Buah melinjo mengandung peptida yang berfungsi sebagai penghambat pada perkembangbiakan bakteri gram positif maupun negatif. Peptida ini merupakan asam amino yang terdapat pada protein dalam biji buah melinjo. Dengan kata lain potein tersebut juga bisa digunakan untuk mengaawetkan makanan secara alami.

3. Mengatasi tekanan darah tinggi

Advertisement

Tekanan darah tinggi merupakan satu kondisi yang berbahaya karena dapat menyebabkan penyakit mematikan seperti stroke dan jantung. Daun melinjo merupakan bahan makanan alami yang kaya akan antioksidan, dimaan dapat mencegah penyakit tekanan darah tinggi. Namun tidak disarankan bagi penderita darah tinggi dan asam urat mengkonsumsi buah melinjo karena kandungan purinnya tinggi.

4. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini bisa terjadi keika tubuh seringkali terpapar oleh radikal bebas. Gejalanya bisa berupa flek-flek hitam, kerutan, kulit kering dan sebagainya. Hal ini bisa diatasi dengan rajin mengkonsumsi makanan alami yang mengandung antioksidan. Salah satunya melinjo, yang merupakan bahan makanan kaya antioksidan.

5. Mencegah anemia

Meski jumlahnya tidak terlalu banyak, namun melinjo juga mngandung zat besi yang sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan sel darah merah. Anemia biasanya terjadi pada wanita, terutama ibu hamil. Sedangkan untuk pria, lebih sedikit terkena resiko kekurangan sel darah merah.

6. Antioksidan pencegah kanker

Kanker ganas merupakan penyakit yang berbahaya dan dapat mengancam keselamatn jiwa. Besarnya kandungan kolesterold an lemak jenuh pada makanan cepat saji meningkatkan resiko terkena kanker lebih besar. Karena itu, diharapkan masyarakat kembali mengkonsumsi makanan yang disediakan oleh alam dan memasaknya dengan cara yang benar sehingga kandungan gizi dan khasiatnya masih utuh. Melinjo merupakan makanan alami yang kaya antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kanker.

7. Mencegah penyakit jantung

Seperti yang dijelaskan di atas. Salah satu fungsi antioksidan adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Yang artinya berperan penting juga dalam pencegahan penyakit jantung. Namun tentunya harus diimbangi juga dengan gaya hidup positif yang dapat menjaga kesehatan jantung. Seperti rutin berolahraga, hindari junk-food, lemak, dsb. Tidak disarankan mengkonsumsi emping melinjo karena melewati proses penggorengan.

8. Melancarkan buang air besar

Daun melinjo memiliki kandungan serat yang baik untuk kesehatan. Begitu juga dengan kulit buah dan bunganya yang sering disebut uceng. Mengkonsumsi serat dapat membantu melancarkan buang air besar.

9. Melancarkan urine (masih diragukan kebenaranya)

Dalam situs manfaat.co.id disebutkan bahwa manfaat melinjo adalah dapat membantu melancarkan buang air kecil. Caranya dengan mengkonsumsi langsung buah melinjo atau dengan uap dari rebusan kulit buah melinjo. Hal ini bertentangan dengan fakta bahwa melinjo megandung kadar purin yang tinggi yang justru dapat menyebabkan asam urat dan pembentukan batu ginjal jika terlalu berlebihan mengkonsumsinya.

10. Meningkatkan daya ingat

Seperti yang dijelaskan di awal bahwa tanaman melinjo ini secara evolusi dekat dengan tanaman Ginkgo Biloba yang terdapat di Jepang. Dimana khasiatnya sudah diakui dunia dalam meningkatkan konsentrasi, kecerdasan otak dan daya ingat. Dari kedekatan tersebut, Melinjo juga dipercaya memiliki khasiat yang sama.

11. Menjaga kesehatan mata

Manfaat melinjo yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Seperti yang diketahui dai kandungan gizi melinjo, bahwa makanan ini mengandung vitamin A yan cukup kaya. Dimana kita tahu bahwa salah satu kegunaan vitamin A yang terbesar adalah menjaga fungsi mata.

12. Digigit anjing

Sebagai pertolongan pertama pada orang yang luka akibat digigit anjing bisa menggunakan daun melinjo. Caranya, ambil daun yang masih muda secukupnya, 2 siung bawan putih, 1 butir bawang merah, 1 ruas jari jahe. Semua bahan ditumbuk sampai halus hingga menyerupai bubur. Tempelkan atau boehkan pada luka, lalu bungkus dengan perban. Ini hanya pertolongan pertama, jadi segera bawa korban gigitan anjing ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan intensif dan diagnosa lebih lanjut. Bukan tak mungkin anjing yang mengigitnya menularkan rabies.

13. Meningkatkan daya tahan tubuh

Tri Agus Siswoyo, seorang peneliti dari Universitas Jember menyatakan bahwa aktivitas antioksidan dalam biji melinjo setara dengan vitamin C dalam menangkal radikal bebas. Sehingga daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit dan polutan semakin meningkat.

Sebenarnya manfaat melinjo tidak hanya yang kami sebtkan di atas. Namun, apa yang kami sebutkan secara garis besar sudah bisa mewakili kegunaan tanaman ini sebagai pemasok bahan makanan yang baik bagi kesehatan. Meskipun masih ada kontroversi perihal efek samping melinjo terhadap peningkatan asam urat (gout), batu ginjal, hipertensi dan jantung. Di lain kesempatan saya akan membahas mengenai kandungan gizi emping melinjo, baha dan manfaatnya bagi kesehatan.

Manfaat Melinjo (Daun, Biji, Kulit Buah) untuk Kesehatan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply