Manfaat Masker Susu dan Cara Membuatnya

masker susu untuk kulit wajah

Membuat masker susu sendiri di rumah untuk perawatan kulit wajah

Mengenal Berbagai Manfaat Masker Susu dan Cara Membuatnya – Susu merupakan minuman yang sehat dan bergizi. Kandungan kalsium yang terdapat pada susu sangat baik untuk pertumbuhan tulang. Sedari kecil manusia selalu dianjurkan untuk minum susu agar semua kebutuhan tubuh terpenuhi. Pentingnya minum susu membuktikan bahwa susu memang memiliki banyak manfaat. Manfaat-manfaat tersebut diantaranya adalah mencegah osteoporosis, mencegah kerusakan gigi, menghindarkan dari kanker usus, mempercepat pertumbuhan pada anak, melindungi pencernaan tetap sehat, obat alami bagi yang sulit tidur, mengganti cairan yang hilang, mengurangi PMS pada wanita, dan memiliki komposisi gizi yang lengkap.

Manfaat Masker Susu untuk Kecantikan

Tidak hanya manfaat bagi kesehatan, namun susu juga bermanfaat dalam dunia kecantikan. Para ahli meyakini bahwa susu memiliki kandungan yang mampu mencerahkan kulit, memutihkan dan manfaat lainnya. Untuk lebih jelasnya, simaklah ulasan mengenai manfaat masker susu bagi kecantikan berikut ini:

• Menghilangkan mata panda

Bagi anda yang suka begadang, efek yang didapat salah satunya adalah mata panda atau lingkar mata anda berwarna kecokelatan. Untuk mengatasinya siapkan susu dingin, kemudian celupkan kapas ke dalam susu tersebut. Kompreskan kapas tersebut pada bagian lingkar mata. Diamkan selama 5 menit agar nutrisinya terserap. Bilas dengan air bersih.

• Mencerahkan kulit

Aplikasikan secara langsung susu putih pada wajah. Gunakan sebagai masker wajah. Diamkan kurang lebih selama 15-20 menit, setelah kering bilaslah dengan air bersih. Kandungan susu dipercaya memiliki manfaat yang mampu mengecilkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati sehingga kulit semakin cerah. Selain itu anda bisa menggunakan secara langsung 1,5 liter susu untuk mandi seperti biasa untuk mendapatkan manfaatnya.

Advertisement

• Mencegah penuaan dini

Kandungan kalsium, protein, dan zat besi yang terkandung dalam susu mampu mengelupaskan sel-sel kulit mati, sehingga mampu mencegah penuan dini yang ditakuti oleh banyak wanita. Caranya yaitu dengan menghangatkan susu murni kemudian celupkan kapas ke dalamnya. Setelah kapas basah oleh susu, tempelkan pada wajah secara merata. Diamkan sampai suhunya berpindah pada wajah anda dan menjadi dingin. Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk bersih dengan ditepuk-tepukkan saja.

• Membersihkan wajah

Bagi anda yang memiliki kulit kering, anda bisa mencoba menggunakan susu sebagai pembersih. Caranya dengan mengompres wajah dengan handuk yang telah dicelupkan ke dalam susu sapi segar atau full krim agar kelembaban kulit anda kembali. Sedangkan bagi anda yang memiliki wajah berminyak, lakukan cara yang sama di atas hanya bedanya adalah pilihlah susu yang jenisnya adalah susu krim yang memiliki kandungan lemak lebih sedikit.

• Mendinginkan kulit

Paparan sinar matahari memang menyebabkan berbagai macam masalah. Salah satu diantaranya adalah membuat wajah terasa panas dan terbakar. Untuk meredakan efek panas ini anda bisa menggunakan susu dingin sebagai masker. Caranya sederhana, yaitu celupkan handuk bersih ke dalam susu dingin tersebut lalu basuhkan pada wajah yang sudah dibersihkan. Beri sedikit pijatan agar protein susu bisa terserap sempurna. Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca artikel cara mengatasi kulit terbakar sinar matahari.

• Memperkecil pori-pori

Masalah pori-pori besar memang menimbulkan berbagai macam masalah. Komedo dan jerawat bisa tumbuh jika lubang pori-pori membesar dan terkena udara kotor. Sehingga mengakibatkan kuman terjebak dan mudah berkembang biak. Untuk mengatasinya, anda bisa memakai susu jenis sour krim atau susu asam. Lakukanlah dengan mengambil sour cream secukupnya untuk diaplikasikan pada wajah dan leher secara merata. Biarkan kandungannya terserap maksimal ke dalam kulit dengan membiarkannya mengering dengan sendirinya selama kurang lebih 14-20 menit. Setelah kering lakukan pembersihan seperti biasanya.

Manfaat Masker Susu dan Cara Membuatnya | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply