Manfaat Masker Strawberry untuk Wajah

masker strawberry

Stroberi, buah kaya antioksidan yang bagus untuk dijadikan sebagai masker wajah alami

Cara Membuat Masker Strawberry dan Manfaatnya untuk Wajah – Strawberry yang dalam bahasa Belanda disebut arbei atau yang biasa juga disebut dengan stroberi kebun adalah salah satu jenis strawberry yang populer di dunia. Warna yang dimiliki buah ini biasanya adalah hijau keputihan pada saat sedang muda, setelah masak buah ini akan berubah warna menjadi merah. Kandungan buah ini banyak sekali diantaranya adalah berbagai macam vitamin seperti vitamin A dan C, kalsium, asam salisilat, zat besi, dan masih banyak lagi.

Selain rasanya yang manis, strawberry dikenal memiliki banyak manfaat bagi kecantikan. Pemanfaatannya pun beragam, mulai dari digunakan untuk bahan dasar kosmetik maupun dipakai langsung sebagai masker alami. Untuk menghemat pengeluaran anda di tengah naiknya harga BBM, tidak ada salahnya jika anda membuat sendiri masker di rumah dengan bahan buah strawberry.

Manfaat Masker Strawberry untuk Wajah

Untuk mendapatkan manfaat stroberi bagi perawatan wajah, Anda bisa membuatnya menjadi masker wajah atau dijadikan scrub. Berikut ini beberapa manfaat dari masker stroberi, diantaranya mencerahkan kulit, menghilangkan jerawat, melembabkan hingga mengurangi kelebihan minyak pada wajah.

• Mencerahkan kulit

Haluskan strawberry sebanyak 3 atau empat buah dengan cara ditumbuk atau diblender. Setelah benar-benar halus aplikasikan ampasnya sebagai masker. Tempelkan pada wajah yang telah dibersihkan lalu tunggu hingga mengering. Langkah terakhir setelah kering yaitu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk atau tisu wajah.

• Menghilangkan jerawat

Asam salisilat yang terkandung dalam buah yang satu ini dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga wajah akan semakin cerah. Selain itu, kandungan strawberry juga dipercaya mampu menghilangkan jerawat. Jenis kulit yang sesuai untuk ini adalah mereka yang jenis kulitnya berminyak. Caranya yaitu campurkan strawberry yang telah ditumbuk secukupnya dengan krim asam. Aduk-aduk hingga tercampur rata sampai berbentuk pasta. Oleskan secara merata pada wajah dan leher yang sudah bersih. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas hingga bersih dengan air hangat dan ulangi dengan air bersih.

Advertisement

• Sebagai scrub wajah

Bagi anda yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk melakukan perawatan di klinik kecantikan, anda patut mencoba cara membuat scrub wajah alami yang satu ini. Siapkan 6 buah strawberry untuk dicuci bersih. Setelah bersih, taruh dalam mangkuk dan hancurkan strawberry dengan sendok. Tambahkan sedikit air putih hangat dan 2 sendok madu murni ke dalam mangkuk tersebut. Campurkan ketiga bahan tersebut sampai rata, letakkan pada wajah dengan disertai sedikit pijatan. Lakukan dengan lembut agar tidak melukai kulit. Jika rutin melakukannya seminggu 3 kali, niscaya kulit akan bersinar.

• Melembabkan wajah

Kandungan air pada strawberry cukup banyak, sehingga membantu menambah kadar air dalam kulit jika digunakan sebagai masker. Manfaatnya yaitu melembabkan dan menghilangkan kulit kusam. Caranya yaitu dengan menyiapkan 3 buah strawberry yang telah dicuci bersih. Hancurkan dalam blender dengan menambahkan 7 sendok makan susu. Blender selama kurang lebih 30 detik agar tercampur secara merata. Pindahkan pada mangkuk agar lebih mudah untuk digunakan. Oleskan pada wajah menggunakan kuas agar teroles merata. Lakukan pagi hari sebelum beraktivitas untuk hasil yang baik.

• Mengurangi minyak pada wajah

Minyak yang berlebih akan mengakibatkan timbulnya berbagai macam masalah. Diantaranya adalah menimbulkan jerawat dan komedo. Untuk meminimalisir kemungkinan ini anda bisa menyiasatinya dengan masker strawberry. Caranya cukup mudah yaitu, dengan mencampurkan jus wortel dengan jus strawberry. Gunakan untuk masker pada wajah diamkan 20 menit dan bilas seperti biasa setelah masker mengering.

• Menghilangkan mata panda

Kelelahan seringkali meninggalkan bekas berwarna cokelat atau bengkak di bawah mata yang biasa disebut mata panda. Gunakan irisan buah strawberry untuk mengompres mata panda anda. Diamkan selama kurang lebih 10 menit agar mata teras dingin. Rasakan efeknya setelah pemakaian rutin.

Selain masker strawberry masih banyak lagi buah-buahan yang dapat dijadikan masker alami untuk wajah. Diantaranya yang sudah pernah saya bahas adalah masker pepaya dan masker pisang. Keduanya punya khasiat yang beragam dan patut Anda coba.

Manfaat Masker Strawberry untuk Wajah | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply