Manfaat Masker Pepaya untuk Kulit Wajah

masker pepaya

Masker Buah Pepaya

Pepaya adalah buah yang berasal dari Amerika. Pepaya memiliki manfaat sebagai buah yang membantu memperlancar pencernaan dan pembuangan air besar. Namun, tahukah anda? ternyata ada manfaat lain yang dimiliki pepaya yaitu sebagai masker wajah. Kesehatan kulit anda akan terjaga dengan menggunakan masker pepaya.

Kandungan enzim pada pepaya berfungsi untuk menghilangkan dan menghalangi segala macam bentuk radikal bebas yang ada pada wajah. Pepaya juga bisa menyembuhkan kulit yang gosong atau terbakar karena teriknya sinar matahari.

Manfaat Masker Pepaya

Sebenarnya apa sajakah manfaat buah pepaya yang dijadikan masker untuk kesehatan kulit terutama wajah. Berikut adalah beberapa manfaat masker pepaya dan penjelasannya:

1. Sebagai pembersih

Enzim pada pepaya berguna sebagai anti bakteri yang membunuh bakteri pada wajah kita. Wajah yang kotor menimbulkan munculnya sel kulit mati. Untuk itu dengan mencampurkan pepaya dengan yoghurt akan membuat kulit kita lebih bersih lagi. Karena adanya kandungan asam laktat dengan fungsi yang sama pada yoghurt.

2. Sebagai pemutih wajah

Pepaya juga bisa digunakan untuk obat alami pemutih wajah. Tak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk pergi ke dokter dan membeli obat yang mahal. Cukup dengan penggunaan pepaya dengan gel lidah buaya secara rutin. Akan membuat wajah anda putih bersih.

3. Masker untuk kulit sensitif

Kulit yang sensitif membuat kita tidak boleh sembarangan dalam menggunakan obat-obatan pembersih. Untuk itu kita dapat menggunakan bahan alami sebagai obat untuk merawat kulit wajah. Pepaya pun menjadi jawaban dari semua pertanyaan itu. Dengan menambahkan pepaya dengan lemon anda akan merasakan sensasi masker untuk kulit anda yang kering dan sangat cocok dengan kulit yang sensitif.

Advertisement

4. Pencerah dan mengurangi noda hitam
Selain untuk kulit kering, pepaya juga bisa menjadi pencerah pada kulit anda. kulit kusam di tambah lagi dengan noda hitam pada wajah merupakan sebuah pengganggu kecantikan kulit wajah kita. Campurkan buah pepaya dengan susu atau madu sehingga noda hitam pada kulit berangsur-angsur menghilang. Tentu saja dengan perawatan dan penggunaan masker yang rutin sehingga hasil maksimal.

Cara Membuat Masker Pepaya

Setelah mengetahui seluruh manfaat dari masker pepaya. Perlu dan sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara membuat masker pepaya dengan benar. Dengan mengetahuinya, kita bisa membuatnya sendiri di rumah dan merasakan manfaat dari masker pepaya tersebut:
1. Siapkan pepaya dan beberapa bahan yang ingin anda gunakan untuk masker sesuai dengan masalah kulit anda. (contoh: madu),
2. Kupas dan bersihkan pepaya sampai bersih dan masukkan ke dalam blender untuk dihaluskan,
3. Campurkan madu ke dalam adonan blender dan aduk hingga merata,
4. Madu berfungsi untuk menyamarkan flek hitam pada kulit wajah,
5. Masker pepaya siap digunakan.

Cara Menggunakan Masker Pepaya

Selain cara membuat, kita juga perlu tahu cara memakai masker pepaya sehingga kita dapat mendapatkan manfaat dan hasil terbaik dari masker pepaya:

1. Bersihkan wajah dengan mencuci muka dengan air bersih dan sabun.
2. Olehkan dan paparkan masker pepaya ke atas wajah secara merata, lakukan sambil berbaring agar air buah pepaya tidak menetes, karena pepaya mengandung banyak air.
3. Pijat perlahan agar mendapatkan relaksasi dan meningkatkan sirkulasi peredaran darah.
4. Tunggu dan diamkan 15-20 menit sampai masker pepaya mengering.
5. Bilas menggunakan air hangat dan ulangi dengan air dingin agar pori-pori wajah tertutup.
6. Keringkan secara perlahan tanpa menggosok karena akan menimbulkan iritasi.

Selain masker pepaya, masih banyak bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk merawat kecantikan kulit wajah. Diantaranya ada masker bengkoang yang berfungsi mencerahkan kulit dan menghilangkan flek hitam. Ada juga masker pisang yang berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati serta menjaga kekencangan kulit.

Manfaat Masker Pepaya untuk Kulit Wajah | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply