Manfaat Masker Kunyit untuk Kecantikan Kulit

manfaat masker kunyit

Salah satu manfaat dari masker kunyit adalah menghaluskan kulit wajah dan menghilangkan flek hitam

Kunyit adalah tanaman yang biasa digunakan masyarakat Indonesia sebagai bumbu masakan. Rempah ini berasal dari keluarga jahe-jahean. Tanaman ini merupakan tanaman asli dari Asia Tenggara yang kemudian tersebar hingga ke benua Eropa. Manfaat kunyit selain sebagai bumbu masakan juga bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan obat, dan ramuan-ramuan kecantikan. Cara mengonsumsinya pun beragam, bisa dengan memadukannya dengan bahan lain atau bisa juga langsung diminum dan tidak jarang digunakan dalam bentuk masker.

Cara yang umum dilakukan untuk membuat masker kunyit adalah dengan mengupas kunyit hingga bersih kemudian menumbuk atau bisa diblender hingga halus. Bisa diaplikasikan langsung pada bagian tubuh yang diinginkan atau terkadang dicampur dengan bahan lain agar hasil lebih maksimal. Misalnya dengan madu, jeruk nipis, minyak zaitun, susu, putih telur, yogurt, tomat, tepung beras dan bengkoang.

Manfaat Masker Kunyit untuk kecantikan

Untuk mendapatkan manfaat dan khasiat dari kunyit bagi kecantikan, Anda bisa membuat masker wajah yang terbuat dari kunyit.

• Menghilangkan jerawat

Kandungan antioksidan pada kunyit dapat mengatasi masalah jerawat. Caranya dengan mencampurkan bubuk kunyit sebanyak 1 sendok dengan bahan lain seperti madu dan yogurt. Aduk hingga mengental sampai membentuk pasta lalu oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 15-20 menit agar mengering. Setelah kering bilaslah dengan air sampai bersih. Pastikan warna kuning dari kunyit tidak menempel pada wajah.

• Mencegah penuaan dini

Advertisement

Penuaan dini adalah hal yang menakutkan bagi wanita. Akibat yang ditimbulkan dari penuaan dini adalah timbulnya kerutan-kerutan di wajah. Untuk mencegahnya gunakan masker kunyit yang dikombinasikan dengan tepung beras, susu, dan jus tomat. Dengan perbandingan bubuk kunyit 2 sendok makan dan bahan lainnya cukup 1 sendok makan. Campurkan semua bahan hingga tercampur rata, kemudian pakailah masker tersebut pada wajah anda. Seperti biasa, diamkan 15 menit dan bilas setelah mengering.

• Antipigmentasi

Gunakanlah masker kunyit untuk mencegah pigmentasi. Kandungan antiseptic dan anti inflamasi bisa diandalkan dalam gunanya mengatasi pigmentasi. Oleskan jus mentimun yang telah dicampur dengan bubuk kunyit pada wajah. Diamkan 20-30 menit hingga terserap. Lakukan pembilasan dengan air bersih setelah masker kering.

• Mengangkat sel kulit yang mati

Jika sel kulit mati terangkat maka efeknya adalah kulit yang segar dan bersih. Anda dapat melakukannya sendiri dengan membuat scrub di rumah. Caranya campurkan bubuk kunyit dengan tepung chickpea secukupnya lalu gunakan untuk menggosok tubuh sebelum mandi. Aman diaplikasikan pada wajah, lakukan dengan lembut.

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Jika anda tidak mau repot dengan menghaluskannya, anda bisa memperolehnya dalam bentuk bubuk yang tersedia di pasaran. Berikut beberapa manfaatnya:

• Mengobati bekas luka

Caranya mudah sekali yaitu dengan menaruh masker kunyit dengan campuran minyak zaitun secukupnya pada bagian bekas luka. Diamkan hingga mengering dan lakukan ini secara rutin.

• Merangsang keluarnya ASI

Bagi wanita menyusui, debet ASI yang keluar diharapkan cukup agar kebutuhan bayinya terpenuhi. Cobalah dengan mengaplikasikan bubuk kunyit pada area payudara dan biarkan beberapa saat. Setelah dirasa cukup, bilas bersih dengan air yang bersih.

• Mengatasi tumit pecah-pecah

Tumit kasar dan pecah-pecah bisa diatasi dengan masker kunyit. Caranya hampir sama dengan penggunaan masker pada umumnya. Letakkan masker kunyit pada bagian tumit kasar dengan sedikit menggosok dan biarkan beberapa lama. Tunggu hingga mengering kemudian bilas.

• Mengurangi rambut rontok dan ketombe

Nutrisi yang terdapat pada kunyit diyakini mampu mengatasi masalah ketombe ini. Caranya yaitu dengan mengoleskan parutan kunyit pada bagian kulit kepala saja. Diamkan beberapa saat hingga meresap. Lakukan sebelum keramas paling tidak 2 kali dalam seminggu.

Selain masker kunyit, masih banyak bahan alami yang bisa dijadikan bahan untuk merawat kecantikan kulit wajah. Diantaranya adalah masker beras dan masker mentimun. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Manfaat Masker Kunyit untuk Kecantikan Kulit | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply