Manfaat Masker Beras untuk Kecantikan

manfaat masker beras

Salah satu manfaat masker beras membuat wajah lebih putih

Beras mengandung berbagai mineral dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan kulit dan rambut. Vitamin yang terkandung di dalamnya diantaranya yaitu vitamin C, E, dan B1 yang mampu membuat pori-pori lebih kecil dan membuat kulit lebih putih. Selain itu, beras juga mengandung asam ferulic yang berfungsi sebagai antioksidan dan kaya akan alantonin yang biasa disebut dengan anti-inflamasi. Kandungan beras juga mampu mempercepat proses pengelupasan sel kulit mati, sehingga proses regenerasi kulit berjalan lancar.

Bahan dasar untuk pemutih yang terkandung dalam kosmetik dimiliki pula oleh beras. Yaitu vitamin B yang mampu membuat kulit semakin bersinar. Namun anda tidak perlu repot-repot untuk membeli kosmetik berbiaya mahal yang ada di pasaran. Lakukan sendiri perawatan di rumah menggunakan masker beras agar biaya yang dikeluarkan dapat ditekan.

Manfaat dan Cara Membuat Masker Beras

Manfaat masker beras bukan hanya untuk memutihkan kulit wajah tapi juga sebagai masker untuk kulit tubuh, scrub alami, untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menghaluskan tangan.

1. Memutihkan wajah, menghilangkan jerawat, dan mengencangkan kulit

Untuk mendapatkan kulit wajah yang putih anda bisa melakukannya sendiri dengan rutin menggunakan masker. Salah satu masker tersebut adalah masker beras. Caranya yaitu siapkan beras tanpa bahan pengawet untuk direndam terlebih dahulu semalaman penuh. Pada keesokan harinya haluskan beras dengan ditumbuk saja. Setelah beras berubah tekstur menjadi lembut jemurlah bubuk beras di bawah sinar matahari. Jika sudah kering betul, angkat dan simpan pada wadah yang tertutup.

Advertisement

Ketika ingin menggunakannya ambillah 2 sendok makan tepung beras ini untuk dicampurkan dengan 2 sendok makan madu dan minyak zaitun secukupnya. Aduk-aduk hingga mengental dan berubah menjadi pasta. Aplikasikan pada wajah sebagai masker, tunggu hingga mengering kira-kira 20-30 menit. Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan tisu wajah. Lakukan minimal 1 minggu sekali.

2. Masker Beras Kencur

Sama halnya dengan masker untuk wajah, beras juga bisa dimanfaatkan untuk lulur tubuh. Siapkan 2 sendok makan tepung beras seperti yang telah dibuat di atas untuk dicampurkan dengan 3 ruas kunyit yang telah dihaluskan, dan 2 ruas kencur yang telah dihaluskan pula. Campurkan ketiga bahan tersebut hingga merata dan membentuk pasta.

Cara menggunakannya yaitu bersihkan terlebih dahulu tubuh yang akan dilulur, setelah dikeringkan dengan handuk olesi minyak zaitun secukupnya dan biarkan hingga meresap. Langkah selanjutnya oleskan ramuan yang telah anda buat tadi, diamkan hingga mengering. Setelah benar-benar mengering gosok-gosokkan lulur tersebut agar sel kulit mati terangkat. Bilas dengan air hangat agar tubuh terasa lebih segar.

3. Melembutkan kulit tangan

Siapkan 75 gram beras merah, 1 gelas air hangat, ½ gelas daging buah labu, dan 15 ml santan. Campurkan air hangat dengan beras dalam sebuah mangkuk. Aduk-aduk hingga merata sampai semua bagian beras terbasahi. Diamkan selama kurang lebih satu jam untuk kemudian disaring. Masukkan air beras hasil saringan tersebut ke dalam blender yang sudah terisi labu dan santan. Blender ketiga bahan sampai halus kira-kira 30 detik. Setelah ramuan lulur telah jadi, aplikasikan pada punggung dan telapak tangan anda. Pastikan teroles secara merata dan tidak berceceran.

Agar hasil lebih maksimal maka gunakanlah sarung tangan untuk membungkus. Pastikan sarung tangan yang digunakan adalah sarung tangan plastik atau karet. Biarkan selama 15-20 menit agar nutrisinya terserap sempurna. Setelah 20 menit berlalu dan lulur telah benar-benar mengering, bukalah sarung tangan anda. Bilas sampai bersih dengan air mengalir. Lebih baik lagi jika membilas dengan air hangat.

Selain masker beras, masih banyak bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk memutihkan wajah, diantaranya adalah masker bengkoang dan masker kentang.

Manfaat Masker Beras untuk Kecantikan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply