Manfaat Madu untuk Rambut

lemon dan madu

Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut.

Mengintip Manfaat Madu untuk Rambut – Sudah bukan rahasia lagi jika madu memiliki sejuta manfaat. Khasiat madu banyak digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dan merawat kulit maupun rambut. Pemanis alami ini sudah dijadikan bahan dasar dalam pembuatan obat-obatan maupun produk kecantikan di dunia. Khasiatnya yang mampu memberikan kontribusi pada kehidupan manusia dianggap sangat penting keberadaannya. Sehingga tidak heran jika banyak orang memburunya.

Manfaat Madu untuk Rambut

Khasiat madu untuk merawat rambut juga sudah tidak diragukan lagi. Banyak wanita modern sekarang ini yang menyadari betapa pentingnya menjaga keindahan rambut mereka dengan cara alami. Meskipun masih suka melakukan perawatan di salon karena praktis, namun mereka tidak meninggalkan cara alami untuk merawat rambut mereka. Hal ini dilakukan untuk menyeimbangkan antara perawatan kimia dan perawatan secara alami.

Manfaat madu bagi rambut sangat beragam. Bisa juga digunakan pada jenis rambut tertentu dan tidak jarang bisa digunakan pada semua jenis rambut. Berikut ini akan kami paparkan beberapa manfaat madu bagi rambut. Diantaranya adalah:

Melembabkan rambut

Selain dapat dikonsumsi secara langsung, madu juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kelembaban rambut. Caranya yaitu dengan mencampurkan bersama minyak zaitun dan lemon. Panaskan 2 sendok madu bersama 3 sendok minyak zaitun dan 1 sendok makan jus lemon. Aduk hingga tercampur rata dan tunggu sampai dingin. Setelah dingin masker madu ini bisa digunakan pada kulit kepala anda. Diamkan selama kurang lebih 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Advertisement

Mengatasi rambut rontok

Kerontokan rambut menjadi hal yang menyebalkan. Terdapat rambut kita yang berjatuhan di hampir semua tempat. Ketika menyisir rambut, kerontokan dapat menjadi lebih parah. Untuk mengatasinya gunakan 1 sendok makan madu, minyak zaitun yang dipanaskan, dan 1 sendok teh kayu manis. Campurkan ketiga bahan tersebut sampai merata. Oleskan pada kepala anda sebelum mandi. Diamkan kira-kira 15-20 menit. Setelah itu barulah anda bisa membilasnya sambil keramas.

Membersihkan rambut

Meskipun sudah menggunakan shampoo namun terkadang rambut masih kurang bersih. Untuk memaksimalkan kebersihannya, anda bisa menggunakan madu untuk mengatasinya. Caranya mudah yaitu campurkan 1 sendok teh madu ke dalam 1 gelas air putih. Aduk-aduk hingga merata dan tercampur sempurna. Setelah itu aplikasikan ramuan ini pada rambut dari ujung hingga akarnya. Jangan lakukan pembilasan lagi dan langsung keringkan dengan handuk secara perlahan.

Menyuburkan rambut

Bagi anda yang memiliki rambut dengan volume yang tipis dan ingin rambut anda sedikit bervolume. Lakukanlah perawatan ini di rumah. Campur madu dengan minyak zaitun dengan perbandingan yang sama. Oleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata. Kemudian tutup dengan menggunakan handuk hangat. Biarkan selama 30 menit agar nutrisi madu terserap ke dalam kulit. Langkah terakhir bilaslah menggunakan air bersih.

Membuat rambut berkilau

Rambut yang kusam dan sulit diatur menjadi masalah klasik bagi sebagian wanita. Mereka ingin agar rambutnya tetap berkilau meskipun di bawah terik matahari. Dengan menggunakan madu sebagai bahan perawatan anda, masalah ini dapat teratasi secara bertahap. Caranya yaitu siapkan satu buah jeruk nipis dan madu. Cuci bersih jeruk nipisnya kemudian peras hingga keluar airnya. Manfaatkan airnya saja dengan mencampurkannya dengan 1 sendok makan madu dan tambahkan sedikit air. Aduk-aduk sampai tercampur kemudian aplikasikan pada rambut setelah keramas seperti saat menggunakan conditioner. Oleskan secara merata dan tidak perlu dibilas menggunakan air lagi. Keringkan dengan handuk perlahan lahan.

Manfaat Madu untuk Rambut | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply