Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

manfaat lidah buaya

lidah buaya merupakan tanaman hias yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Lidah buaya (Aloe vera) adalah tumbuhan yang namanya tersohor di seluruh penjuru dunia, terlebih di Indonesia. Beberapa tahun silam, para dayang kerajaan mengambil gel lidah buaya untuk merawat kulit, dan menyuburkan rambut. Jika sewaktu-waktu ada yang sakit, para tabib ada yang memilih lidah buaya sebagai obatnya.

Modern ini lidah buaya telah banyak dijadikan bahan baku farmasi dan kosmetik kecantikan, hal ini membuktikan bahwa khasiat lidah buaya sulit tertandingi. Meskipun lidah buaya mudah ditemukan pada kawasan kering di Afrika, Indonesia juga salah satu negara terbesar yang membudidayakan lidah buaya.

Senyawa atau zat kimia pada tanaman ini begitu melimpah, beberapa diantaranya adalah enzim, mineral, vitamin, polisakarida, asam amino, serta kandungan nutrisi lain yang berguna bagi kesehatan manusia. Beberapa sifat juga dimiliki oleh tumbuhan ini, contohnya anti bakteri, anti jamur, anti peradangan, dan membantu proses regenerasi sel.

Manfaat Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal karena manfaatnya bagi kesehatan serta kecantikan manusia. Jika Anda masih ragu untuk merawat kulit atau mengobati suatu penyakit dengan bahan dasar lidah buaya, berikut ini terdapat ulasan menarik perihal manfaat lidah buaya baik di bidang kesehatan maupun kecantikan.

Memproteksi Tubuh Dari Bakteri

Karena bersifat anti bakterial, mengonsumsi minuman lidah buaya dapat memperkuat sistem imun tubuh dari serangan bakteri penyebab penyakit. Kemampuan tersebut tak lepas juga dari kandungan gizinya seperti beberapa jenis vitamin (A, B1, B2, B6, B12, C, E, asam folat, dan Niacin).

Mencegah Tumor atau Kanker

Advertisement

Kedua penyakit ini menjadi momok paling menakutkan bagi penderita, kebanyakan dari mereka yang sudah terserang pada status berbahaya akan pasrah dengan hidup.

Sebetulnya hal tersebut sangat tidak berguna, jauh lebih baik jika Anda memikirkan jalan keluar untuk menyembuhkan penyakit yang sedang Anda derita (meskipun belum pasti berhasil).

Disini lidah buaya memberikan kabar baik untuk pengidap kanker atau tumor ganas. Kandungan polisakarida pada tanaman ini bersifat anti-tumor dan anti-kanker, jika rutin mengkonsumsi olahan lidah buaya, perkembangan tumor dan sel kanker akan terhambat dan pada akhirnya bisa teratasi.

Mengontrol Gula Darah

Kelebihan gula dalam darah riskan pada diabetes, maka dari itu Anda wajib memperhatikan makanan ataupun minuman yang biasa dikonsumsi. Mulai sekarang cobalah rajin minum jus ludah buaya jika Anda telah dikabarkan dokter mengalami diabetes. Sebab gel pada lidah buaya berperan penting untuk menjaga kestabilan gula darah dalam tubuh.

Menghilangkan Ketombe

Bercak putih pada rambut (ketombe) bisa mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri di hadapan kawan sebaya saat ngumpul. Daripada memilih perawatan yang belum pasti hasilnya, cobalah menggunkaan gel lidah buaya yang telah membantu banyak orang dalam hal mengurus ketombe.

Anda bisa membelah lidah buaya jadi dua bagian, gunakan bagian daging atau gel lidah buaya untuk mengoles rambut, tepatnya kulit kepala secara merata. Diamkan sekitar satu jam, setelah itu bilas rambut dengan shampo sampai bersih.

Memberikan Warna Kulit Cerah dan Putih Merona

Sering termakan dengan iklan kosmetik di TV, sementara hasilnya masih nihil? Stop sekarang juga!

Anda hanya perlu beralih ke cara yang lebih alami, yaitu menggunakan tanaman lidah buaya yang mana pada bagian gelnya terdapat senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Disamping itu kulit yang sering diolesi dengan lidah buaya akan tampak lebih cerah serta berwarna putih merona.

Menurut para ahli Lidah Buaya lebih tepat jika dimanfaatkan untuk mengatasi kebotakan. Coba saja Anda searching di Internet mengenai obat penumbuh rambut, kebanyakan dari mereka menggunakan bahan dasar dari lidah buaya.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply