Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

manfaat lengkuas

Lengkuas merupakan rempah-rempah yang sangat punya manfaat besar bagi kesehatan.

Berbagai Macam Manfaat Lengkuas untuk Pengobatan – Lengkuas dalam kehidupan sehari-hari kita sebut laos. Tumbuhan ini digolongkan dalam jenis umbi-umbian yang tumbuh pada dataran rendah. Pada umumnya masyarakat indonesia memanfaatkan lengkuas sebagai bahan bumbu dapur dan bahan obat tradisional. Lengkuas memiliki aroma yang khas sehingga ketika dicampurkan ke dalam masakan maka akan membuat aroma masakan tersebut menjadi khas dan lezat.

Bentuk fisik lengkuas hampir menyerupai jahe. Meski hampir sama lengkuas dan jahe sangat berbeda. Kita bisa membedakannya melalui aromanya. Daging pada lengkuas juga lebih keras dibanding dengan daging pada jahe. Hal itu dapat kita buktikan dengan mencoba membelah daging lengkuas dan jahe. Pada saat membelah jahe kita tak akan merasakan kesulitan membagi. Namun ketika kita membelah lengkuas maka kita akan sedikit mengeluarkan tenaga agar bisa membelahnya. Di situlah kita bisa membuktikan kalau daging lengkuas lebih keras dibanding dengan daging jahe. Jadi jangan sampai kita salah ketika membedakan antara lengkuas dengan jahe.

Bagian yang dimanfaatkan pada lengkuas adalah akarnya (rimpangnya). Pada rimpang lengkuas tersimpan banyak senyawa penting yang salah satunya adalah minyak atsiri. Senyawa lain yang terdapat pada rimpang lengkuas adalah kamper, amilum dan masih banyak lagi. Banyaknya senyawa yang terkandung di dalam lengkuas membuat masyarakat memanfaatkan lengkuas sebagai obat herbal.

Manfaat Lengkuas

Selain digunakan sebagai bumbu masak lengkuas memiliki banyak manfaat lain. Diantara sebagai obat herbal. Berikut beberapa khasiat yang dihasilkan lengkuas sebagai obat herbal:

Lengkuas memiliki sifat anti inflamasi yang fungsinya meredakan radang. Zat yang terkandung pada lengkuas untuk meredakan radang adalah kandungan galangin dan kandungan karioferidanya.

  • Dapat mengobati penyakit rematik.
  • Dapat digunakan sebagai obat anti mabuk kendaraan.
  • Lengkuas bisa digunakan sebagai obat pencegah tumor. Senyawa transkoniferil disasetat yang terkandung di dalam lengkuas mampu menghambat kerja enzim xanthin yang merupakan salah satu sel pemicu kanker.
  • Dapat digunakan sebagai obat atau vitamin herbal penambah nafsu makan.
  • Meredakan diare.

Lengkuas juga sering digunakan sebagai campuran alat kosmetik. Kandungan antioksidan dalam lengkuas mampu mencegah penuaan dini pada kulit terutama pada bagian wajah. Lengkuas juga mampu mencegah radikal bebas sehingga tidak akan merusak kulit. Selain itu, antioksidan di dalam lengkuas juga dapat mengeluarkan racun-racun kecil di dalam tubuh. Jadi ketika ada nutrisi asing yang masuk ke dalam tubuh akan langsung dihancurkan oleh antioksidan yang terkandung pada lengkuas.

Advertisement

Kandungan senyawa di dalam lengkuas juga bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan kulit kusam dan noda hitam pada kulit akibat bekas jerawat ataupun bekas luka bakar. Pada saat jerawat mulai tumbuh memenuhi kulit kita, sebaiknya kita segera membuat jus lengkuas dan meminumnya secara teratur. Ini bisa kita sebut sebagai pengobatan dari dalam dengan menggunakan lengkuas.

Pemanfaatan lengkuas sebagai obat herbal dapat kita bedakan menjadi 2, yaitu pengobatan melalui luar dan pengobatan melalui dalam. Pengobatan dari dalam umumnya dengan cara mengkonsumsi nya. Sebenarnya kita memasak menggunakan lengkuas sudah termasuk melakukan pencegahan penyakit. Namun alangkah lebih baik kalau kita mengkonsumsi sari-sarinya. Kita bisa mendapatkan sari lengkuas dengan cara memarut lengkuas lalu kita peras dan kita minum air perasan itu. Bisa sedikit ditambahkan madu murni agar rasanya sedikit manis. Pengobatan dari luar dapat kita lakukan dengan cara mengoleskan sari atau parutan lengkuas pada kulit yang terkena penyakit kulit.

Ada berbagai jenis ramuan tradisional sebagai obat, antara lain:

Obat reumatik

Bahan:
2 rimpang lengkuas seukuran ibu jari
Satu butir kuning telur ayam kampung
Cara mengolah:
Cuci bersih lengkuas
Parut lengkuas dan ambil sarinya
Campur sari lengkuas dengan kuning telur ayam kampung aduk hingga merata
Cara menggunakan:
Minum ramuan ini 1x sehari dan konsumsi secara teratur

Meningkatkan gairah

Bahan:
2 rimpang lengkuas berukuran 1 ibu jari
3 rimpang umbi halia berukuran 1 ibu jari
2 sendok jeruk nipis
1 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh garam
1 sendok teh ragi tape.
Cara mengolah:
Parut lengkuas dan umbi halia. Peras dan ambil sarinya saja
Campurkan semua bahan lain dan tambahkan ½ gelas air mineral
Cara menggunakan:
Minum 1x selama sehari atau sebelum melakukan hubungan suami istri.

Untuk menambah nafsu makan

Bahan:
1 rimpang lengkuas berukuran 1 ibu jari
Sedikit adas pulawaras
1 rimpang temulawak berukuran 1 ibu jari
1 tangkai meniran
Cara mengolah:
Cuci bersih semua bahan
Iris tipis2 semua bahan
Rebus semua bahan dengan 3 gelas air, dan sisakan hingga 1 gelas
Saring air atau sari dari bahan-bahan tersebut
Cara menggunakan:
Minum sehari 3x kali secara teratur.

Mengobati Panu

Bahan:
1 rimpang lengkuas berukuran 1 ibu jari
Kapur sirih secukupnya
Air
Cara mengolah:
Tumbuk kapur sirih dan lengkuas sampai halus
Campurkan dengan sedikit air
Cara menggunakan:
Gosok dan diamkan selama 30 menit pada kulit yang terdapat panu.

Menyembuhkan Batuk Bronkhitis

Bahan:
1 rimpang lengkuas berukuran 1 ibu jari
1 rimpang temulawak berukuran 1 ibu jari
Keningar
1 genggam daun pecut kuda
½ genggam daun iler
Daun kayu manis secukupnya
Cara mengolah:
Cuci bersih semua bahan
Tumbuk semua bahan hingga hancur
Rebus dengan 3 gelas air mineral, biarkan mendidih hingga air menjadi 1 gelas.
Cara menggunakan:
Minum ramuan tersebut 2x sehari yaitu pada pagi dan sore hari.

Manfaat lengkuas tidak hanya sebatas digunakan untuk bumbu dapur. Tapi juga sebagai bahan ramuan untuk pengobatan tradisional dan perawatan kecantikan.

Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply