Kandungan Gizi dan Manfaat Labu Siam

labu siam alias waluh

Labu siam atau waluh merupakan sayuran yang kaya gizi.

Manfaat Labu Siam – Labu siam sangat populer dengan nama manis. Buah yang berasal dari tanaman yang merambat dengan berpegangan di media sulur ulet ini memang sudah populer di Indonesia. Tanaman ini membutuhkan media tumbuh seperti tanah yang basah dan lembab, tumbuhnya bisa sangat cepat. Tanaman labu siam sudah siap panen dalam kurun waktu 30 hari setelah adanya penyerbukan bunga. Dalam sekali panen sayuran ini mampu menghasilkan 150 buah di satu musim. Labu siam memiliki kulit yang sangat tipis dan berwarna hijau pucat, ia juga mempunyai alur vertikal yang berada di permukaan kulit. Banyak jenis lain yang berpermukaan penuh dengan duri yang runcing. Daging yang berada di dalam mempunyai warna putih.

Kandungan Gizi dan Manfaat Labu Siam

Sayuran yang sering di olah dengan berbagai macam cara ini begitu digemari oleh para ibu, harganya yang relatif murah, ringan, dan segar. Ternyata ada satu lagi, ia mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat penting dan berguna untuk kesehatan tubuh. Labu siam memiliki kandungan nutrisi dan vitamin. Dalam satu setengah cangkir terdapat 17% kebutuhan vitamin C, ia juga banyak mengandung vitamin seperti B kompleks, folat hingga 61 mcg, ribolavin, niacin, thiamin, hingga asam pantotenat. Kandungan yang lain seperti mineral terdapat mangan, zat besi, seng, fosfor. Karena banyaknya kandungan yang berada di dalam labu siam, tidak heran ia memiliki beragam manfaat.

Advertisement

Penjaga kadar kolesterol

Labu siam memang karakteristiknya hampir sama dengan berbagai jenis labu yang lain. Sayuran ini mengandung kalori yang begitu rendah. Bahkan ia hanya memiliki kalori per 100 gramnya, dan tidak mengandung kolesterol. Jika Anda memiliki kolesterol yang sering naik turun, tidak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsi labu siam. Banyak para ahli merekomendasikan labu siam ini bagi mereka yang ingin berdiet dengan menjaga kadar kolesterol.

Menurunkan darah tinggi

Selain memberi nutrisi, ternyata labu siam juga memberi berbagai manfaat kesehatan, seperti penelitian yang dilakukan oleh universitas-universitas yang berada di luar negeri bahwa teh labu siam mampu menurunkan tekanan darah tinggi, hingga melarutkan batu ginjal. Teh yang mempunyai kandungan daging babi bersifat diuretik ringan, yang berguna mengobati sakit kembung.

Anti kanker

Labu siam memiliki kandungan zat antioksidan seperti luteolin, dan apigenin. Senyawa yang berada di dalamnya sangat bermanfaat sebagai pengikat radikal bebas yang sangat berbahaya di tubuh. senyawa ini berperan di pembentukan kanker. Ia juga salah satu sumber antioksidan sangat baik sekitar 7,7 mg per 100 gram atau kurang lebih 13% dari kebutuhan harian.

Saat Anda ingin mengolah labu siam, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Labu siam mempunyai kandungan lateks atau getah yang begitu banyak. Kandungan lateks ini bisa menyebabkan mati rasa dan kesemutan di tangan bila Anda terkena. Cairan lengket yang satu ini mampu menyebabkan reaksi kontak anestesi yang bersifat sementara. Anda bisa meminimalkan efek ini dengan penggunaan sarung tangan pada saat pengupasan.
Hindari menyimpan di suhu ruangan.

Anda bisa menyimpan labu siam di kantong kertas setelah itu masukkan dalam kulkas. Umumnya labu siam bisa di tanam antara 2 hingga 3 minggu. Bila Anda memilih buah yang tua dan besar, ia akan cenderung lekas tumbuh jadi lebih baik sesegera mungkin dilakukan pengolahan. Saat pemilihan labu, usahakan memilih labu yang masih segar, dan tanpa kerutan.

Kandungan Gizi dan Manfaat Labu Siam | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply