Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Kulit Wajah

manfaat kunyit untuk kulit

Manfaat kunyit untuk perawatan kecantikan kulit wajah

Kunyit atau Curcuma longa Linn adalah salah satu rempah-rempah yang sudah populer di Indonesia. Kunyit biasanya digunakan menjadi pewarna alami dari sebuah masakan. Selain untuk pewarna makanan, kunyit juga bisa digunakan untuk obat tradisional. Kandungan kurkuminoid inilah yang bisa membantu menyembuhkan penyakit seperti diare, muntaber bahkan alergi.

Manfaat Kunyit untuk Kulit Wajah

Kunyit juga mengandung antiseptik yang bisa digunakan untuk perawatan kulit. Apa sajakah fungsi kunyit yang bisa digunakan untuk merawat kulit?

1. Menghaluskan Kulit

Kulit halus dan mulus adalah impian setiap wanita. Anda bisa menghaluskan kulit dengan menggunakan kunyit. Anda bisa memotong kunyit tipis-tipis. Setelah itu jemur hingga kering, pastikan tidak ada kandungan airnya lagi. Setelah kering anda bisa menghaluskannya. Kunyit yang sudah menjadi bubuk tadi dicampur dengan air lalu digunakan sebagai lulur. Setelah kering anda bisa mandi hingga bersih untuk merontokkan sisa-sisa kunir. Untuk hasil yang maksimal, anda bisa menambahkan santan kelapa. Gunakan perawatan ini seminggu sekali hingga kulit anda menjadi halus.

2. Mengobati dan Mencegah Jerawat

Apakah jerawat sering timbul pada tubuh anda terutama wajah? Jika iya, ternyata anda bisa mengobati jerawat anda dengan kunyit. Anda bisa menggunakan kunyit untuk dijadikan masker. Cara membuat masker kunyit untuk jerawat ini juga cukup mudah. Ambil kunyit yang sudah dijadikan bubuk secukupnya. Setelah itu campur dengan air secukupnya tapi jangan terlalu encer. Setelah itu oleskan masker ini ke wajah anda hingga merata. Pakai masker ini kurang lebih 15 menit. Lalu bilas dengan air hingga bersih. Ingin hasil yang lebih maksimal? Anda bisa menambahkan sedikit madu. Masker ini juga cocok untuk mencegah jerawat.

Advertisement

3. Mengurangi Keriputan

Selain untuk menghilangkan jerawat, kunyit juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah penuaan, yakni mengurangi kerutan pada wajah. Cara membuatnya juga hampir sama dengan cara membuat masker untuk wajah. Hanya saja untuk masker anti keriput, anda bisa mencampur dengan susu serta tepung beras. Oleskan pada permukaan wajah yang keriput dan sedikit pijat-pijat lembut wajah anda. Masker ini juga bisa mengurangi lingkar hitam pada mata anda. Gunakan secara teratur agar wajah anda menjadi lebih kencang dan keriput pun menghilang. Masker ini juga cocok untuk anda yang belum memiliki kerutan dan berharap kerutan tidak datang.

4. Mengatasi ketombe dan mencegah kerontokan rambut

Bukan hanya berguna untuk kulit saja. Rempah-rempah yang satu ini juga berguna untuk mengatasi kepala yang gatal karena ketombe. Caranya mudah, buatlah pasta kunyit. Lalu oleskan pada kulit kepala anda dan usap-usap seperti saat anda keramas. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan cara keramas menggunakan shampoo. Selain mengatasi ketombe, nutrisi yang terkandung dalam kunyit juga bisa mengatasi rambut rontok dan kulit kepala yang mengelupas karena ketombe.

5. Menghaluskan tumit dan siku yang kasar

Apakah anda memiliki tumit yang pecah-pecah atau siku tangan yang kering? Jika benar anda bisa menggunakan kunyit untuk menghaluskan tumit dan melembabkan siku. Anda bisa mencoba masker kunyit khusus untuk tumit pecah dan siku kering. Caranya, campur bubuk kunyit dengan santan yang hangat dan jangan terlalu encer. Buatlah campuran kunyit dan santan yang kental seperti pasta. Setelah itu oleskan pada tumit dan siku. Jika anda tidak sempat membeli santan, anda bisa menggantinya dengan minyak kelapa atau baby oil. Lakukan ini minimal dua kali seminggu dan lihatlah perubahan yang terjadi.

Oke, itu dia beberapa manfaat kunyit untuk kecantikan dan perawatan kulit wajah Anda. Baca juga manfaat kunyit untuk kesehatan yang sebelumnya pernah kita bahas. Semoga bermanfaat.

Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Kulit Wajah | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply