Manfaat Kencur untuk Kesehatan

manfaat kencur

Jamu beras kencur, merupakan salah satu minuman kesehatan legendaris yang diolah secara tradisional.

Aneka Manfaat Kencur untuk Kesehatan, Kecantikan dan Pengobatan – Kencur yang memiliki kulit luar yang berwarna cokelat dengan daging berwarna putih ini adalah salah satu komponen dari apotek hidup yang sering dijadikan obat tradisional maupun jamu, rempah-rempah, penyedap rasa alami, sampai campuran untuk produk kosmetik. Kencur memiliki banyak sekali manfaat karena terdapat lebih dari 23 jenis zat baik yang dikandungnya, seperti methanol yang bermanfaat untuk melawan bakteri yang menjadi penyebab terjadinya infeksi pada mata.

Dulu, kencur hanya digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan, penawar perut kembung akibat masuk angin, hingga dijadikan bumbu dapur. Namun sekarang, kencur dapat diolah dengan berbagai cara sesuai dengan manfaat kesehatan jenis apa yang kita inginkan dari kencur.

Manfaat kencur yang lainnya, yaitu dapat dijadikan obat batuk, sakit perut, peningkat nafsu makan, hingga digunakan sebagai obat penghilang rasa lelah setelah beraktivitas. Kencur memiliki berbagai macam kandungan zat kimia yang baik bagi tubuh seperti pati, mineral, serta minyak atsiri yang berupa asam metil kanil dan penta dekaan, sineol, asam sinamic, asam anisic, ethyl aster, kamphene, borneol, gom, dan alkaloid.

Sebagai obat untuk penyakit batuk yang belum begitu parah, kencur dapat diolah atau diproses dengan mengupas kulitnya kemudian parut dagingnya. Ambil sari dari parutan tersebut untuk disaring, campurkan dengan sedikit garam, bila perlu campurkan pula beberapa tetes jeruk nipis dan sedikit madu. Anda dapat meminumnya sebanyak tiga kali dalam satu hari hingga batuk yang Anda derita menghilang.

Selain itu, kencur juga dapat dijadikan sebagai penawar perut kembung akibat masuk angin. Anda dapat memakan atau mengunyah kencur mentah yang dicampur dengan garam dapur, kemudian minumlah air yang hangat. Ulangi cara ini sedikitnya dua kali setiap harinya untuk mencegah angin masuk kembali ke dalam tubuh. Untuk penyakit ringan seperti influenza, dapat diobati dengan mengoleskan hidung Anda dengan tumbukan halus yang dicampur dengan dua lembar daun kemukus dan satu rimpang kencur seukuran ibu jari.

Kencur juga dapat dijadikan pembersih atau penghilang darah kotor dengan cara merebus hingga mendidih satu liter air yang dicampur dengan empat rimpang buah kencur, dua cengkeh kering, adas dan daun trengguli sebanyak dua lembar. Minumlah ramuan ini secara teratur sebanyak dua kali setiap harinya. Sebagai obat perut mulas, parut lah satu rimpang kencur yang telah dicuci bersih dengan menambahkan dua sendok air matang beserta sedikit garam. Saring dan minumlah airnya sebanyak dua sampai tiga kali dalam sehari.

Advertisement

Sedangkan untuk diare, dua rimpang kencur beserta dua siung bawang merah dapat Anda tumbuk hingga halus kemudian bungkus lah menggunakan daun pisang. Bakar bungkusan tersebut sampai hangat, dan oleskan isinya secara merata pada permukaan perut Anda. Untuk mengobati rasa sakit kepala, yang Anda perlukan hanya daun kencur sebanyak dua hingga empat lembar yang ditumbuk halus dan dioleskan atau di kompres di permukaan kening.

Radang pada lambung juga dapat disembuhkan hanya dengan mengunyah kencur yang telah dicuci dan dikupas bersih. Telanlah kandungan airnya dan buanglah ampasnya. Sementara, bagi Anda yang mengalami keseleo, Anda dapat membalur bagian tubuh yang sakit dengan tumbukan halus dari satu rimpang kencur yang telah dicuci bersih dan dicampur dengan segenggam beras yang telah direndam terlebih dahulu.

Untuk penyakit kencing batu, Anda dapat memberikan perawatan alami dengan meminum segelas ramuan yang terdiri dari seduhan air hangat dengan dua kencur yang telah dicuci dan diparut bersih serta disaring ampasnya.

Tanaman yang pada umumnya tumbuh subur di dataran rendah atau bahkan wilayah pegunungan dengan tanahnya yang gembur dan tak mengandung banyak air ini ternyata dapat dijadikan sebagai penghilang rasa lelah pada tubuh dengan meminum segelas rebusan air yang dicampur dengan satu rimpang kencur, dua sendok beras yang disangrai dan satu buah cabai merah. Sedangkan mata pegal dapat diatasi dengan membelah satu rimpang kencur menjadi dua bagian dan gosok lah permukaan yang dibelah tersebut ke pelupuk mata.

Uniknya, kencur memiliki manfaat lainnya yang sangat berguna bagi buah hati Anda. Antara lain adalah fungsi kencur dalam mempercepat kemampuan berjalan pada anak balita. Tumbukan halus dari setengah ons kencur dan segenggam daun kemangi, sekaligus dua sendok makan dari beras dapat Anda berikan pada anak untuk diminum. Minum ramuan tersebut secara teratur tiga kali dalam seminggu.

Dari segi kecantikan alami, kencur bermanfaat untuk mengatasi timbulnya jerawat. Cara pengolahannya adalah dengan menyiapkan beberapa rimpang kencur untuk dicuci bersih, diparut, disaring dan diambil airnya. Air saringan tersebut lah yang kemudian dapat Anda jadikan masker untuk merawat kulit wajah Anda agar terhindar dari jerawat. Waktu pemakaian masker terbaik adalah sebelum tidur. Cara lain pengolahan kencur untuk menghadapi masalah jerawat adalah dengan memotong kencur menjadi beberapa bagian dan gosok kan pada kulit berjerawat Anda, kemudian diamkan selama 30 menit. Kemudian, bilas kulit wajah Anda dengan air hangat yang dapat membuka pori-pori kulit sehingga kotoran akan mudah keluar, kemudian bilas ulang dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori kulit.

Pengolahan kencur sebagai solusi kesehatan maupun kecantikan bisa juga Anda tampilkan dalam bentuk jamu, khususnya jamu beras kencur. Minuman penyegar ini terbuat dari tumbukan kencur yang dicampur dengan saripati beras. Bahan-bahan lain seperti kunyit, jeruk nipis, asam jawa, buah pala, hingga rimpang jahe dapat Anda bubuhkan untuk menambah rasa yang berbeda. Sedangkan untuk pemanis, Anda bisa menambahkan gula batu atau gula putih dan gula merah pada ramuan jamu beras kencur Anda.

Manfaat kencur sebenarnya cukup legendaris. Selain bisa dijadikan sebagai bumbu dapur, ramuan tradisional untuk pengobatan, juga dijadikan sebagai minuman kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Kencur untuk Kesehatan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply