Manfaat Kemiri untuk Kesehatan dan Kecantikan

kemiri

khasiat minyak kemiri untuk rambut

Kemiri (nama binomial: Aleurites moluccana) adalah tumbuhan alam yang pada biji buah mengandung minyak esensial. Merupakan rempah-rempah mudah dijumpai di tanah air yang lebih sering dijadikan sebaga bumbu masakan. Area tumbuh pohon kemiri lebih cocok pada negara tropis seperti Asia Tenggara (India, Cina, dan Indonesia).

Di beberapa daerah kemiri mendapatkan julukan berbeda, seperti kembiri, kemili, hambiri, gambiri, kemiling, buah kaleh, keminting, muncang, dan masih banyak lagi. Kemiri diperkirakan berasal dari negara bagian Hawaii, tetapi tidak diketahui pasti darimana daerahnya.

Selain menjadi bumbu masak, kemiri dapat dijadikan obat, terutama jika berbentuk minyak kemiri. Umumnya fungsi obat dari kemiri berfungsi untuk kesuburan, contohnya mempercepat tumbuh rambut yang mengalami kebotakan. Tetapi ada juga yang memanfaatkannya untuk mengobati penyakit seperti diare, sariawan, sakit perut, disentri, demam, dan sakit gigi.

Kehebatan kemiri tadi erat kaitannya dengan kandungan gizi seperti lemak, karbohidrat, dan protein yang terdapat di dalamnya. Di tambah dengan beberapa vitamin membuat kemiri tersohor di berbagai negara. Menurut Harjiyanto (pemerhati obat alam) senyawa seperti polifenol, flavonoid, dan saponin adalah zat yang baik bagi kesehatan tubuh yang tertanam dalam tanaman ni.

Manfaat Kemiri untuk Rambut

Bicara soal manfaat, kemiri memang tepat jika dijadikan bahan alami untuk menyehatkan rambut. Berikut beberapa khasiat kemiri untuk rambut yang menjadikannya banyak diminati warga.

Memberikan Warna Hitam Alami pada Rambut

Di salon Anda bisa menghitamkan rambut, tetapi efek sampingnya masih belum diketahui. Selain itu memilih untuk memberikan warna hitam pekat pada rambut di salon jauh mengikis dompet, maka dari itu tidak ada salahnya Anda memanfaatkan kemiri.

Advertisement

Beli saja minyak kemiri, atau buat sendiri dengan cara memanggang kemiri hingga gosong dan ambil minyaknya agar siap dioleskan pada rambut. Pastikan memoles secara rata, dan lakukan hingga hasil terlihat. Rambut akan lebih hitam pekat dengan metode alami, selan itu juga memberikan warna kilau pada rambut. Lihat juga artikel mengenai cara menghitamkan rambut dengan bahan alami.

Manfaat Kemiri Mengatasi Kerontokan Rambut

Tiap hari rambut akan mengalami kerontokan, jumlah wajarnya kisaran 7 – 10 helai. Jika melebihi angka tersebut menandakan Anda mengalami masalah dengan rambut rontok.

Kemiri bersedia membantu Anda, cukup mengoleskan minyak kemiri hingga akar rambut secara menyeluruh dapat memperkuat rambut dan menghindarinya dari masalah kerontokan.

Manfaat Kemiri Mempercepat Laju Tumbuh Rambut

Pertumbuhan rambut tidak bisa dipastikan kapan waktunya, Anda hanya perlu sabar dan rutin menjalani langkah yang diharuskan. Sebetulnya masalah pertumbuhan rambut (kesuburan) tergantung pada hormon dan keturunan. Tetapi tidak ada salahnya Anda memaksimalkan dengan memanfaatkan kemiri agar rambut cepat tumbuh dan panjang.

Manfaat Kemiri Menebalkan Rambut

Tepis masalah rambut tipis dengan memberkan nutrisi atau vitamin untuk rambut. Tak melulu vitamin yang harus beli, Anda bisa mengolah kemiri untuk membuat rambut lebih tebal. Baca artiel khusus tentang cara menyuburkan rambut dengan bahan-bahan alami yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Manfaat Kemiri Mengatasi Rambut Beruban

Wajar jika tumbuh uban (rambut putih) saat memasuki usia 50 tahun ke atas. Tetapi apabila masih muda sudah ditumbuhi uban, Anda perlu menanganinya. Cukup rajin mengoleskan minyak kemiri pada pagi sehabis bangun dan malam hari menjelang tidur dapat mengatasi masalah rambut beruban dengan efektif.

Meskipun kemiri belum banyak dipilih untuk menjadi kemasan produk, tetapi banyak orang yang merasakan khasiatnya bagi kesehatan. Anda jangan terpancing dengan khasiat yang ditawarkan dari sebuah produk jika belum ada yang membuktikannya.

Daripada menghabiskan banyak uang hanya untuk merawat kesehatan rambut, kenapa tidak memilih jalan yang lebih aman dan murah, yaitu memanfaatkan kemiri.

Manfaat kemiri yang lain dan patut Anda ketahui juga contohnya mengatasi BAB berdarah, mengobati sembelit, sakit perut, disentri, diare, demam, dan masih ada beberapa lagi.

Manfaat Kemiri untuk Kesehatan dan Kecantikan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply