Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

manfaat kayu manis

Kayu manis ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Sejuta Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan – Kayu manis merupakan sebuah kayu yang memiliki aroma harum nan sedap. Dimana, kayu manis ini merupakan salah satu dari anggota rempah-rempah, yang banyak dimiliki Indonesia sejak dahulu. Hanya saja orang Indonesia belum banyak yang menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin karena kayu manis tidak dapat tumbuh dengan baik di beberapa daerah tertentu. Meskipun demikian penggunaan kayu manis juga telah banyak yang dikombinasikan terhadap makanan, minuman maupun segala yang dapat dikonsumsi oleh manusia.

Memang penggunaannya lebih tepat sebagai bahan penyeimbang dan pelengkap, tapi kayu manis mengandung sejuta manfaat bagi kesehatan. Bila pula sebagai obat alami maupun sebagai campuran bahan-bahan yang kita butuhkan. Seperti untuk bumbu dapur, sebagai penyedap rasa juga pemberi aroma. Tidak hanya itu saja, manfaat kayu manis bagi kesehatan tubuh, diantaranya:

Menghangatkan tubuh

Kayu manis dipercaya dapat menghangatkan tubuh, terutama di musim dingin. Bahkan pada zaman dahulu para penjajah mendatangi Indonesia, untuk mencari rempah-rempah, dan dibawa pulang ke negaranya untuk menghangatkan tubuh. Karena kandungan yang terdapat di kayu manis, dapat membuat tubuh merasa hangat nan nyaman. Bahkan kayu manis biasa di gunakan sebagai obat tradisional di negara China, pada penderita influenza maupun demam. Bagi penderita demam dan terserang flu juga, konsumsi kayu manis dapat membantu mengatasi flu. Meskipun flu itu sudah biasa bagi kalangan masyarakat, apalagi di musim panca roma, tetapi flu itu memberikan rasa yang tidak nyaman. Tentunya anda bisa menggunakan kayu manis sebagai ramuan alami untuk mengobati. Dengan adanya kandungan anti inflamasi, sehingga dapat melancarkan sirkulasi peredaran darah dalam tubuh.

Sumber serat dan mineral

Serat dan mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memenuhi kebutuhan di dalam tubuh bersama unsur-unsur lainnya. Kandungan serat dan mineral dapat diperoleh pada kayu manis, dan tidak hanya itu saja, kayu manis mengandung zat besi dan juga mangan. Walaupun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, tapi dapat membantu dalam melengkapi nutrisi dalam tubuh. Sehingga nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam setiap harinya dapat seimbang.

Sebagai obat anti bakteri

Banyak sekali bakteri yang ada di lingkungan sekitar kita, entah itu bakteri jahat maupun baik. Dan tubuh kita un harus siap jika terserang bakteri jahat. Tapi, tidak semua tubuh memiliki sistem kekebalan tubuh yang sama. Untuk mencegah bakteri jahat yang masuk ke tubuh kita, bisa menetapkan pemakaian kayu manis. Misalnya pada penyeduhan air minum, seperti teh maupun jahe disajikan dicampur dalam minuman tersebut, kemudian dapat anda minum. Apalagi minuman jahe dikombinasikan dengan kayu manis sangat efektif bagi tubuh kita. Tidak hanya di minuman saja, campuran kayu manis juga banyak sekali dicampur dengan produk lainnya, seperti pada pasta gigi dan permen penyegar mulut lainnya. Yang mana ketika gunakan, akan menghancurkan bakteri jahat pada mulut kita. Dimana mulut rentan pada bakteri yang menyebabkan nafas dan bau mulut tidak sedap, karena banyaknya makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya.

Advertisement

Mengurangi sakit rematik

Rasa sakit yang disebabkan oleh rematik, dapat merang tubuh kapan saja dan dimana saja. Tentunya jika anda penderita rematik dan belum sembuh juga. Gunakanlah kayu manis sebagai jalur alternatif untuk mengobati rematik anda. Bisa dengan cara mengkonsumsi kayu manis dengan teratur, makan nyeri rematik akan hilang.

Mengontrol gula darah

Kandungan antioksidan di dalam kayu manis, dapat membantu dalam mengontrol kadar gula dalam darah. Seperti halnya memperbaiki hormon insulin dan perbaikan pada sistem pencernaan, setelah makan. Bahkan satu gram saja, bisa menurunkan kadar gula dalam darah dengan baik. Dimana kandungan yang terdapat dalam kayu manis dapat membunuh kolesterol jahat yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh. Dimana tidak semua kandungan di dalam makanan dapat membunuh kolesterol jahat. Bahkan kolesterol jahat bisa lebih banyak keberadaannya di dalam tubuh daripada kolesterol baik. Hal itu dapat anda atasi dengan mengkonsumsi kayu manis. Dengan rasa dan aroma yang sedap, kayu manis tampil sebagai menu hidangan, bukan sebagai obat.

Mencegah penggumpalan pada darah

Kayu manis yang mengandung Cinnamaldehyde dapat mencegah penggumpalan pada darah. Dimana kayu manis mengeluarkan sebuah zat yang disebut asam lemak anti peradangan atau disebut dengan arachidonic. Yang berfungsi sebagai zat yang dapat mengurangi penggumpalan darah dan radang. Jika peredaran darah lancar, maka proses kinerja tubuh akan berjalan lancar. Dan jika dibiarkan saja terjadi penggumpalan darah, maka akan mengakibatkan penyakit yang lebih serius lagi. Dengan mengkonsumsi kayu manis dapat mencegahnya, daripada harus mengobati nantinya.

Baca juga artikel kesehatan lainnya:

Menyeimbangkan hormon

Dalam setiap tubuh manusia, tentu terkandung hormon, dimana hormon tersebut berbeda-beda pada banyak dan sedikitnya. Kayu manis ini dapat membantu anda dalam menyeimbangkan hormon, seperti pada wanita, dapat menurunkan kadar hormon testosteron dan meningkatkan hormon progesteron. Sehingga hormon pun seimbang, yaitu oleh kandungan Cinnamaldehyde, sebuah senyawa kimia yang alami dan dapat ditemukan di dalam kayu manis.

Mencegah penyakit jantung

Kandungan anti inflamasi yang terkandung di dalam kayu manis, efektif pula untuk pencegahan penyakit Jantung. Kandungan tersebut bisa melindungi Jantung dari bakteri maupun infeksi yang dapat mengganggu. Dimana penyakit ini dapat tubuh dan kambuh tanpa gejala terlebih dahulu. Banyak dari mereka mengetahui bahwa dia menderita Jantung, tanpa sebab yang pasti meskipun telah aktif berolah raga.

Nah, itulah beberapa manfaat kayu manis yang mungkin perlu Anda ketahui.

Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply