Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan

manfaat kapulaga

Kapulaga merupakan salah satu rempah-rempah yang mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan

Ragam Manfaat Kapulaga yang Tak Ada Habisnya – Kapulaga merupakan bahan tradisional yang sangat terkenal akan berbagai macam manfaatnya. Secara umum, kapulaga mengandung sekitar 300 kalori per 100 gramnya. Kapulaga juga memiliki kandungan bermanfaat lainnya seperti karbohidrat, beragam vitamin seperti vitamin A, vitamin B dan vitamin C, magnesium, kalium, kalsium, hingga material lainnya. Selain sebagai bumbu dapur, tak heran bila kapulaga memiliki beragam manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Kapulaga dapat memperlancar sistem pencernaan dan menjaga kesehatan salah satu alat di dalamnya, yaitu lambung. Dengan membantu cairan dan empedu untuk mencegah keasaman sehingga jumlah cairan di dalam lambung akan lebih seimbang. Dengan mengonsumsi kapulaga, jumlah produksi air liur Anda akan meningkat sehingga proses pemecahan makanan, terutama serat, di dalam rongga mulut akan lebih cepat dan lancar untuk dilakukan.

Kapulaga juga mampu membuat Anda terhindar dari masalah sembelit. Selain itu, kapulaga sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang menderita perut kembung ataupun masuk angin, karena kandungan minyak atsiri di dalam kapulaga mampu mencegah terjadinya pembentukan gas di dalam perut.

Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, kapulaga juga mampu menjadi solusi karena peran kapulaga yang dapat meningkatkan sirkulasi darah sekaligus mengurangi darah di dalam tubuh. Dengan menghentikan adanya agregasi platelet, kapulaga juga mampu mencegah terjadinya pembekuan darah. Selain itu, kapulaga juga bermanfaat bagi kesehatan tulang karena kapulaga mengandung zat penting berupa mangan dan vitamin C yang penting untuk wanita yang telah menopause dalam mencegah penyakit tulang osteoporosis.

Kapulaga yang memiliki sifat diuretik juga sangat baik untuk kesehatan ginjal dengan mengatasi penyakit-penyakit pada saluran kemih seperti sistitis dan nefritis. Manfaat lainnya, kapulaga penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Dengan melawan bakteri serta patogen lainnya, kapulaga dapat membantu Anda dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Aroma khas tersendiri yang kapulaga miliki, ternyata diyakini dapat menghilangkan stres, dan memberikan kesan rileks pada pikiran Anda.

Manfaat kapulaga lainnya bagi kesehatan, dapat Anda temukan lagi sebagai solusi untuk mengurangi penderitaan dari penyakit asma. Kandungan spasmodic yang dimiliki kapulaga mampu mencegah kemungkinan terjadinya kejang ketika penyakit asma yang diderita kambuh. Hal ini juga disebabkan manfaat kapulaga sebagai analgesik atau penahan rasa sakit yang mampu membantu nyeri otot, nyeri sendi maupun kejang. Selain itu, campuran kapulaga dengan madu alami mampu mengatasi batuk kering tanpa dahak dan tenggorokan yang sakit atau gatal.

Belum selesai sampai di sini, kapulaga masih menyimpan segudang manfaat lainnya. Bagi Anda pecandu kopi, hati-hati karena kafein yang terkandung di dalam kopi perlahan mampu berubah menjadi racun. Untuk itu, konsumsi kapulaga dapat membantu proses detoksifikasi kafein dari dalam tubuh.

Advertisement

Kapulaga juga mampu meredakan rasa panas yang terik ketika siang hari. Kunyahlah kapulaga di saat Anda merasa lelah ataupun lemas. Hal ini baik untuk dilakukan demi meredakan panas matahari dari dalam tubuh. Kapulaga mampu menurunkan rasa sakit pada kepala dengan cara mencampurkan kapulaga ke dalam minuman teh atau susu.

Selain fungsinya sebagai bumbu atau rempah-rempah masakan dan solusi kesehatan Anda, kapulaga ternyata juga mampu membantu Anda dalam menjernihkan dan meningkatkan kualitas suara. Sangat disarankan bagi Anda yang sehari-hari dituntut aktivitas maupun pekerjaan untuk berbicara dan tampil di depan umum. Bumbu masakan yang menempati urutan ketiga paling mahal di dunia ini sangat baik untuk menjaga kejernihan suara Anda. Bila Anda juga merupakan seorang pekerja yang bekerja di bawah tekanan, ada baiknya Anda mengonsumsi kapulaga, karena rempah-rempah ini juga mampu menghilangkan depresi dengan cara mengurangi ketegangan otot maupun syaraf, sekaligus memberikan sugesti positif dan menjadikan suasana hati Anda membaik.

Ragam manfaat rempah-rempah yang satu ini masih begitu banyak. Untuk penderita penyakit gigi, mengunyah kapulaga selain dapat membuat napas Anda berubah harum, ternyata juga dapat mencegah bakteri yang membuat busuk gigi Anda.

Manfaat penting kapulaga yang lain adalah, kapulaga mampu mencegah kanker. Sifat kapulaga yang anti-karsinogen mampu menghambat dengan sangat baik perkembangan sel-sel kanker yang ada pada tubuh manusia. Kapulaga juga memiliki kadar fitokimia seperti IC3 (indol-3-karbinol) dan DIM (diindolilmetan) yang sangat efektif dalam mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker ovarium dan kanker prostat.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Selain manfaat bagi kesehatan, kapulaga juga memiliki banyak manfaat bagi kecantikan kulit dan rambut Anda. Nutrisi yang dikandung kapulaga seperti minyak atsiri, vitamin serta antioksidan mampu melindungi kulit dari radikal bebas dan menghambat proses pengeriputan pada kulit. Dengan adanya kandungan-kandungan ini di dalam tubuh, otomatis Anda akan lebih awet muda. Selain itu, kulit sehat yang kenyal juga bersinar dapat kapulaga berikan melalui vitamin C tinggi yang kapulaga miliki. Sifat anti-inflamasi kapulaga juga mampu mengurangi flek hitam dan jerawat. Sedangkan sifat kapulaga yang berupa anti-bakteri, diyakini sangat efektif untuk menjaga kesehatan kulit Anda dari alergi.

Untuk kesehatan rambut, kapulaga cenderung memberikan nutrisinya secara efektif ke dalam kulit kepala. Kapulaga juga berperan aktif dalam menjaga tingkat kelembapan kulit kepala, menguatkan akar rambut, mencegah masalah ketombe, serta membuat rambut Anda tampak berkilau dan hitam. Masih mengenai manfaat bagi kecantikan, kapulaga merupakan solusi terbaik untuk Anda sertakan di dalam menu bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Tak perlu khawatir karena kapulaga memiliki serat yang membantu memperlancar sistem pencernaan serta membuat Anda cepat merasa kenyang dan tak mudah lapar.

Manfaat kapulaga sebagai rempah-rempah memang tidak bisa dianggap remeh. Selain digunakan untuk bumbu dapur, juga sebagai tanaman obat berkhasiat yang mengatasi berbagai penyakit.

Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply