Kandungan Gizi dan Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan

manfaat tumsi kangkung

Selain enak dimakan, tumis kangkung juga banyak manfaat bagi kesehatan.

Manfaat Kangkung – Sayur hijau yang disebut sebagai Kangkung ini merupakan jenis sayuran yang seringkali dijumpai dan dimasak untuk dijadikan lauk yang enak. Kangkung ini bukan hanya mempunyai rasa yang sedap untuk lauk ataupun camilan atas nama sayuran, tetapi juga tersimpan kandungan nutrisi yang lebih. Seperti contohnya ialah mineral, vitamin, lemak dan kandungan air. Dari masing-masing nutrisi tersebut mempunyai fungsi yang baik untuk kesehatan tubuh pada manusia.

Kandungan Gizi dan Manfaat Kangkung

Mengkonsumsi sayur kangkung ini dapat dirasakan manfaatnya secara langsung hingga memerlukan beberapa proses. Dimana pada khasiat tersebut membuktikan bahwa kangkung bisa dijadikan sebagai pemenuhan nutrisi yang sehat dan seimbang. Beberapa nutrisi tersebut menjadikan manfaat yang beragam, antara lain ialah:

1. Mengandung zat besi

Zat besi ini berjumlah 2,5mg untuk setiap 100 gramnya. Pemenuhan zat besi sangat penting bagi tubuh untuk membentuk sel darah merah. Bilamana seseorang kekurangan zat ini atau kekurangan sel darah merah, maka bisa menimbulkan rasa pusing, lemas dll. resiko ini terjadi karena tubuh tak memiliki zat besi yang cukup, bila terus terjadi kekurangan, maka menimbulkan resiko yang lebih buruk. Oleh karena itu, kangkung bisa dijadikan sebagai alternatif untuk membantu mengobati anemia atau kurang darah.

2. Sebagai obat tidur yang alami

Merasa sulit untuk tidur yang nyenyak ialah salah satu hal yang bermasalah, karena dari tidur tubuh bisa beristirahat. Bila tidur tak cukup sama juga dengan istirahat yang berkurang. Mengkonsumsi kangkung ini bisa Anda jadikan sebagai obat tidur yang alami, karena setelah beberapa saat mengkonsumsi sayur hijau ini, dapat mengendurkan saraf dan membuat rasa ngantuk hingga tertidur sampai terlelap.

3. Kandungan vitamin A

Kangkung memiliki vitamin A dan mempunyai kandungan beta karotin yang tinggi. Unsur ini sangat baik untuk kesehatan mata, menjaga dan melindungi mata agar tetap sehat dan normal. Seperti halnya pada masalah mata minus, menu ini sangat cocok untuk Anda agar mencegah adanya pertambahan minus yang dimiliki. Sebab, beta karotin pada kangkung ini relative tinggi dan baik untuk menutrisi mata.

4. Kandungan vitamin C

Kandungan vitamin C pada kangkung ini dipercaya dapat menyembuhkan sariawan dan masalah gusi berdarah. Selain itu, mengkonsumsi sayur ini juga bisa dijadikan sebagai pencegah dari adanya penyakit tersebut. Dalam artian, Anda bisa terhindari dari sariawan yang membuat tak nyaman, seperti bibir berdarah, gusi yang terluka hingga membuat seseorang tak ingin mengkonsumsi makanan. Pada kondisi sakit tersebut, Anda bisa mengkonsumsi sayur kangkung tanpa menimbulkan efek pedih atau sakit pada bagian yang terluka.

5. Mencegah resiko diabetes melitus

Advertisement

Ekstrak dari sayur kangkung sangat baik untuk kesehatan tubuh, seperti halnya pada proses pencegahan diabetes melitus. Penyakit yang sangat berbahaya ini bisa dicegah atau dihindari dengan mengkonsumsi sayur tersebut. Di dalam sayur ini tersimpan ekstrak yang baik ini dapat bekerja pada proses penyerapan kadar gula di dalam tubuh. Bahkan bagi Anda yang memiliki resiko ini, bisa mengonsumsinya untuk menghambat proses kenaikan kadar gula di dalam darah.

6. Mengobati mimisan

Mimisan atau pendarahan pada hidung ini bisa diatasi dengan sayur kangkung. Dimana sayur hijau ini sapat dijadikan obat alami untuk proses penyembuhan mimisan yang seringkali dialami oleh anak-anak. Proses ini dimulai dari menumbuk daun kangkung yang telah dicuci hingga bersih, lalu ditambahkan gula aren dan air panas, kemudian, aduk hingga merata dan disaring. Tunggu sampai dingin dan bisa diseduh untuk sang buah hati atau yang mengalami mimisan.

7. Membantu menurunkan kolesterol

Bagi Anda yang mempunyai kadar kolesterol tinggi, ada baiknya untuk rutin mengkonsumsi sayuran hijau, termasuk kangkung. Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi kangkung secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol serta Trigliserida dalam darah.

8. Penyakit kuning

Penyakit yang berhubungan dengan kerusakan fungsi hati biasanya ditandai dengan warna kulit, mata dan lidah yang berwarna kuning. Maka tak heran jika orang awam menyebutnya sebagai penyakit kuning. Nah, ternyata kangkung mempunyai kemampuan untuk mengatasi penyakit tersebut. Ekstrak kangkung dapat melindungi hati dari kerusakan karena kandungan antioksidan daun kangkung yang cukup tinggi.

9. Mengatasi sembelit dan gangguan pencernaan

Anda punya penyakit sembelit alias usah buang air besar? Rajinlah mengkonsumsi sayur kangkung. Karena pada sayur kangkung terdapat kandungan serat yang sangat tinggi. Fungsi serat sendiri adalah sebagai pembersih untuk saluran pencernaan anda.

10. Manfaat akar kangkung untuk ambeien

Selain daun dan batangnya yang dijadikan sayuran, akar kangkung ternyata juga bermanfaat sebagai obat tradisional untuk mengatasi wasir atau ambeien. Caranya, ambil segenggam akar kangkung rabut, rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa setengahnya. Minum ramuan tersebut 3 kali sehari, masig-masing sebanyak 1/2 gelas.

11. Mengobati sakit gigi dan gusi bengkak

Selain dapat dijadikan sebagai obat ambeien, akar kangkung juga punya khasiat lain, yaitu mengobati sakit gigi dan gusi bengkak atau berdarah. Ambil segenggam akar kangkung rabut, rebus dengan 1 gelas air hingga mendidih. Saring airnya lalu tambahkan beberapa sendok teh cuka. Ramuan tersebut digunakan untuk berkumur selagi hangat.

12. Manfaat kangkung untuk wanita

Mengobati nyeri haid. Ambil setengah genggam daun kangkung, cuci bersih lalu ditumbuk hingga halus. Seduh dengan setengah gelas air panas, lalu tambahkan satu sendok makan madu. Saring dan minum airnya sekaligus.

Menghilangkan ketombe. Ambil satu ikat daun kangkung lalu direndam dalam air semalaman. Keesokan harinya, gunakan air rendaman daun kangkung tersebut untuk keramas. Lakukan pemijatan pada kulit kepala. Bersihkan dengan air seperti biasa.

Mengatasi mual pada ibu hamil. Bagi ibu hamil yang sering mengalami gangguan mual di pagi hari, rajinlah untuk mengkonsumsi kangkung. Bisa dijadikan sebagai tumisan atau direbus sebagai lalapan.

Oke, itu dia artikel mengenai manfaat kangkung untuk kesehatan, kecantikan dan pengobatan tradisional. Semoga bermanfaat untuk anda dan tidak lagi memandang sebelah mata sayuran yang sering kita konsumsi hanya karena bisa didapatkan dengan udah dan harganya murah.

Kandungan Gizi dan Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply