Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Polong

kacang polong atau kacang ercis

Kacang polong merupakan salah satu sumber protein nabati yang cukup baik.

Manfaat Kacang Polong – Anda tentu sering mendengar kacang polong atau kacang ercis. Salah satu dari berbagai macam jenis kacang-kacangan yang bisa kita konsumsi ialah kacang polong. Kacang polong mempunyai rasa yang sangat enak, ia juga dapat di campurkan di berbagai macam masakan. Kacang ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu kandungan yang sangat kaya di kacang polong adalah protein nabati. Kacang ercis ini asalnya dari bahasa Belanda, namun seiring dengan perkembangan jaman, ia juga tersebar di Indonesia. Di negara Belanda, kacang ercis di konsumsi dengan dijadikan salad.

Kandungan Gizi Kacang Polong

Tidak sekedar dijadikan sebagai bahan masakan, ternyata ia juga memiliki kandungan gizi yang begitu baik untuk tubuh. Terkenal sebagai sumber protein yang sangat baik, ternyata kandungan gizi dari kacang polong ini memang tidak main-main, kandungan gizi yang berada di dalamnya seperti:

Sumber Protein nabati

Setiap 100 gram kacang ercis mengandung kurang lebih 8 gram protein, sehingga ia merupakan sumber protein nabati yang sangat baik untuk di konsumsi, ia juga mempunyai skor asam amino hingga 102.

Kaya akan serat

Di dalam 100 gram kacang ercis, terdapat serat sebanyak 8,3 gram. Kandungan serat ini berguna untuk memenuhi kebutuhan serat harian sebanyak 33%. Bahkan sebagian besar serat adalah serat larut yang begitu baik untuk mengontrol gula darah dan kolesterol.

Asam Folat

Folat yang berada di dalam kacang polong sebanyak 65 mcg, atau sebesar 16% dari kebutuhan folat harian, folat ini sangat baik untuk wanita yang sedang hamil.

Vitamin K

Advertisement

Vitamin K yang berada di kacang polong sebanyak 5 mcg, atau 6% dari kebutuhan vitamin K harian. Vitamin k ini berguna sebagai pembeku darah.

Mangan

Kandungan mangan yang berada dalam 100 gram kacang polong ialah 0,4 mg, atau sebesar 20% dari kebutuhan mangan harian.

Manfaat Kacang Polong untuk Kesehatan

Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat pada kacang polong, sudah sewajarnya jika makanan ini punya banyak khasiat untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat dari kacang polong, antara lain:

Menjaga kesehatan jantung

Kandungan seperti sapion, flanol, fitonutrien, dan asam fenolat ini sangat bagus untuk kesehatan jantung. Contohnya flanol, zat ini adalah salah satu zat anti radang yang berguna sebagai pencegah pembekuan darah.

Meringankan diabetes

Kacang polong memiliki kandungan indeks glikemik. Indeks glikemik ialah kemampuan makanan yang berguna sebagai penurun kadar gula yang ada di dalam darah. Ia mampu untuk mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2.

Pencegah kanker

Kandungan antioksidan yang berada di dalam kacang polong mampu mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan polifenolnya juga ampuh mengurangi risiko terkena kanker lambung.

Berkurangnya gejala penuaan dini

Vitamin C yang ada di dalam kacang polong bisa membantu mengurangi adanya penuaan dini yang dikarenakan infeksi kuman dan mampu membuang berbagai macam radikal bebas yang berada di tubuh. Zat antioksidan seperti polifenol flavonoid bisa mencegah adanya kerutan di kulit.

Saat Anda ingin mengolah atau pun menyimpan kacang polong, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, seperti:

  1. Memilih kacang polong yang mempunyai permukaan halus, segar, dan berwarna hijau cerah.
  2. Hindari menyimpan kacang polong pada suhu ruangan, sebisa mungkin simpan di dalam lemari pendingin.

Anda bisa mengolah kacang polong dengan cara merebus. Caranya dengan mendidihkan air, menambahkan sedikit garam, dan segera masukkan kacang polong. Setelah kurang lebih 1 menit perebusan kacang polong, segera angkat jangan tunggu hingga terlalu matang, karena akan mengurangi kandungan gizi kacang polong tersebut.

Baca juga artikel lainnya: Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Panjang.

Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Polong | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply