Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut

jeruk nipis

Jeruk Nipis

Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut – Buah yang satu ini tumbuh subur dan banyak terdapat di Indonesia. Rasanya yang masam dan segar membuat orang menjadikannya minuman sehari hari. Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, jeruk nipis juga memiliki manfaat untuk kesehatan, keindahan, dan kekuatan rambut. Dengan mengaplikasikannya pada rambut anda, maka besar sekali manfaat yang akan diperoleh.

Dalam hal menjaga kesehatan rambut agaknya wanita sangat memperhatikan yang satu ini. Mulai dari perawatan ke salon dan membeli produk-produk untuk rambut yang menelan banyak biaya. Semua memang dilakukan untuk kesehatan dan keindahan mahkotanya. Namun perlu anda ketahui bahwa tidak selamanya merawat rambut ke salon dan memberikan produk rambut yang mahal menjadi satu-satunya solusi untuk menjaga keindahan rambut.

Ada beberapa cara alami yang dapat diterapkan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Memang hasilnya tidak akan secepat ketika anda melakukan perawatan rambut di salon, tetapi yang perlu dicatat adalah jika bahan alami yang digunakan, maka keamanannya pun lebih terjaga. Karena tidak banyak bahan kimia yang anda biarkan masuk dalam kulit kepala. Selain itu jika dilihat dari segi biaya, tentu merawat rambut secara alami akan membutuhkan biaya yang relatif lebih kecil ketimbang perawatan ke salon.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut

Salah satu bahan yang bisa dimanfaatkan adalah jeruk nipis. Lalu apa sajakah manfaat dari buah yang satu ini? Berikut akan kami berikan penjelasannya, adalah:

Membersihkan rambut dan membuatnya lebih berkilau

Advertisement

Jeruk nipis memiliki suatu kandungan zat yang dinamakan zat asam. Zat ini mampu membersihkan kulit kepala sehingga menjauhkannya dari serangan ketombe. Caranya mudah sekali, yakni dengan memberikan cairan jeruk nipis pada kulit kepala. Oleskan secara merata dan berikan pijatan pada kulit kepala. Tunggu selama kurang lebih 30 menit agar zat asam menyerap ke dalam kulit. Setelah itu cuci bersih dengan air bersih atau menggunakan shampoo.

Mempercepat proses pemanjangan rambut

Bagi anda yang mengalami salah potong rambut dan merasa kependekan jangan buru-buru bersedih. Untuk memanjangkannya secara alami anda bisa menggunakan air jeruk nipis yang di teteskan pada kulit kepala. Pijat-pijat sebentar, setelah itu diamkan selama 30 menit. Lanjutkan dengan membersihkannya dengan keramas. Baca juga artikel sebelumnya: cara agar rambut cepat panjang.

Menghilangkan ketombe

Pada dasarnya penggunaan jeruk nipis untuk menghilangkan ketombe adalah sama dengan penggunaan pada umumnya. Yakni dengan mengusapkan potongan jeruk nipis secara merata dan fokuskan pada bagian yang banyak terdapat ketombe. Lakukan secara teratur agar ketombe tidak kembali lagi.

Membantu meluruskan rambut

Terkadang memiliki rambut ikal merupakan suatu kebanggaan. Tetapi tak jarang ada orang yang tidak terlalu suka dengan itu dan ingin sedikit meluruskannya. Jeruk nipis dapat membantu problem anda yang satu ini.Baca juga artikel: cara meluruskan rambut secara alami.

Caranya ambillah satu buah jeruk nipis, peras untuk mendapatkan airnya. Campurkan air perasan jeruk nipis tersebut sebanyak 1 sendok makan dengan 1 gelas air kelapa. Setelah tercampur rata diamkan dalam lemari es kurang lebih 1-2 jam. Setelah cukup dingin anda bisa mengaplikasikan ramuan tersebut pada rambut hingga ke akarnya. Oleskan secara perlahan dan merata serta berikan pijatan agar lebih meresap. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara teratur.

Mencegah kerontokan rambut

Masalah rambut rontok dialami oleh sebagian besar wanita. Untuk mengatasinya sediakan satu buah jeruk nipis kemudian potong menjadi 3 bagian. Oleskan irisan jeruk nipis pada kulit kepala dan bungkus dengan handuk. Lakukan sebelum tidur dan buka handuk setelah bangun tidur. Kemudian bersihkan dengan keramas.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply