17 Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Kecantikan, Ibu Hamil

jahe

Jahe, herbal yang bermanfaat untuk kesehatan, kecantikan dan ibu hamil.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan – Jahe termasuk dalam golongan tanaman rimpang dan sering dijuluki bahan rempah-rempah. Berbentuk menjari seperti jari dan memiliki aroma khas. Memiliki rasa yang cenderung pedas namun berfungsi sebagai suplemen untuk menghangatkan tubuh. Menurut sejarahnya, jahe disebut-sebut berasal dari India. Pada jaman dahulu jahe sering diperebutkan oleh kaum penjajah untuk diperjual belikan memasuki pasar perdangangan Asia. Jahe biasanya dipanen pada usia muda. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi pada jahe yang masih muda sangat banyak. Pada usia muda jahe mengandung banyak zat yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh. Jahe baiknya segera diolah agar kandungan zat-zat nya tidak rusak. Biasanya jahe diolah sebagai campuran minuman atau biasa disebut wedang jahe. Tak hanya itu jahe juga digunakan sebagai campuran susu. Fungsinya sama yaitu untuk menghangatkan tubuh.

Jahe sering dipasarkan dalam keadaan segar, jahe olahan, jahe kering, dan minyak jahe. Hasil jahe olahan antara lain: Awetan jahe, Minyak jahe, Bubuk jahe, Jahe kering. Ada juga yang membuat wedang jahe dan teh jahe. Bahkan permen jahe yang dulu sangat terkenal sebagai obat untuk mengatasi mabuk kendaraan.

Jahe kering adalah jahe yang telah diiris tipis-tipis lalu dikeringkan. Biasanya jahe kering digunakan sebagai teh jahe. Jahe kering sering kita dapatkan di pasar tradisional.

Bubuk jahe adalah jahe yang diolah dengan cara ditumbuk hingga halus, selanjutnya jahe melalui proses penggilingan dan kemudian diproses untuk diolah menjadi bubuk. Biasanya yang memproduksi bubuk jahe adalah perusahaan industri besar yang memiliki teknologi canggih. Jahe bubuk biasanya dipasarkan pada perusahaan farmasi. Bubuk jahe digunakan perusahaan farmasi sebagai bahan alami tambahan yang memiliki aroma dan rasa khas.

Jenis-Jenis Tanaman Jahe

Jahe digolongkan menjadi 3 jenis. Dan masing-masing golongan jahe memiliki cirri yang berbeda-beda. Berikut macam-macam golongan jahe menurut jenisnya:

Jahe Gajah/jahe badak

Jahe ini memiliki cirri berbentuk rimpang lebih besar dari jahe lainnya, warna dagingnya kuning. Memiliki aroma lebih tajam. Jahe gajah biasanya digunakan sebagai bahan konsumsi yaitu bahan penyedap masakan.

Jahe merah

Jahe ini memiliki kandungan atsiri yang sangat tinggi. Ini adalah jenis jahe yang memiliki rasa paling pedas. Memiliki cirri ukuran rimpangnya kecil-kecil dan kulit arinya berwarna merah. Jahe jenis ini yang sering digunakan sebagai bahan farmasi dan bahan jamu.

Jahe Kuning

Memiliki cirri rimpangnya berukuran sedang, memiliki rasa yang tidak terlalu pedas, dan kulit arinya berwarna kuning. Jahe jenis ini juga sering digunakan untuk bumbu dapur.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Jahe memiliki banyak sekali khasiat dalam dunia herbal. Berikut beberapa manfaat jahe untuk kesehatan dan pengobatan tradisional yang diwariskan oleh nenek moyang kita:

1. Melancarkan ASI

Makanan laut seperti ikan dan udang cukup bagus untuk melancarkan ASI saat menyususi. Namun bayi sangat rentan terkena alergi makanan laut. Untuk mengatasi hal tersebut, hendaknya ibu menyusui sering-sering mengkonsumsi wedang jahe dan lalapan daun kemangi.

2. Mengobati perut mulas

Jika anda atau keluarga mengalami perut mulas, gunakan jahe untuk mengatasinya. Caranya, ambil 3 rimpang jahe merah lalu dicuci bersih dan diparut. Peras airnya lalu saring. Minum air perasan jahe tersebut 3 kali sehari, sebanyak 1 sendok teh setiap kali minum.

3. Mengobati flu dan sakit kepala

Biasanya, para penderita influenza sering disertai dengan sakit kepala, dan sakit badan terutama punggung dan pinggang. Jahe juga bisa digunakan untuk mengobati sakit flu yang disertai sakit kepala. Cara mengobatinya, ambil beberapa rimpang jahe merah, kemudian ditumbuk hingga halus dan berbentuk seperti pasta. Tambahkan minyak kelonyo secukupnya, kemudian dibalurkan pada pelipis untuk obat sakit kepala dan pinggang untuk mengatasi nyeri.

4. Obat batuk tardisional

Jahe juga digunakan sebagai obat batuk tradisional. Cara menggunakan: Cuci bersih jahe. Iris tipis-tipis jahe. Rebus hingga sari-sarinya keluar. Biarkan agar tidak terlalu panas, minum larutan jahe. Rasa gatal pada tenggorokan akibat virus yang ditimbulkan batuk akan terasa lebih lega.

5. Kesleo/Terkilir

Jahe dapat meringankan nyeri pada kaki yang terkilir. Cara menggunakan: Cuci bersih jahe. Parut jahe tersebut. Balurkan atau oleskan pada bagian yang terkilir. Rasa hangat yang diberikan oleh jahe akan meringankan rasa nyeri pada bagian yang terkilir.

6. Mengatasi mabuk kendaraan

Beberapa waktu lalu, saya pernah menerbitkan artikel mengenai cara mengatasi mabuk perjalanan. Salah satu poinnya adalah mengkonsumsi wedang jahe atau permen jahe. Nah, kita akan belajar bagaimana cara membuat wedang jahe sendiri. Ambil satu rimpang jahe, cuci bersih. Memarkan dan rebus hingga sari-sarinya keluar. Saring, kemudian diminum sesaat sebelum berangkat menggunakan kendaraan.

7. Obat masuk angin

Dunia medis sebenarnya tidak mengenal kata masuk angin. Itu hanya istilah masyarakat untuk kondisi badan yang menurun atau kelelahan. Bisa karena sudah bepergian jauh, begadang atau kelelahan. Wedang jahe sangat bagus untuk memulihkan kondisi tubuh. Caranya, ambil jahe secukupnya, lalu parut. Seduh parutan jahe dengan 3/4 gelas air panas. Tambahkan gula aren agar rasanya lebih enak. minum ramuan tersebut.

Advertisement

8. Mengobati sakit kepala, migrain

Jahe digunakan sebagai obat herbal untuk meringankan sakit kepala / migrant. Cara menggunakan: Bakar 1 ruas ibu jari jahe kuning. Memarkan dan seduh dengan air hangat atau campuran susu hangat. Minum ramuan tersebut sekaligus.

9. Untuk kesuburan pria

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang terkandung dalam jahe bisa membantu mempertahankan vitalitas pria. Bahkan minum wedang jahe yang dicampur dengan madu dan lemon juga bisa membantu menyembuhkan masalah ereksi para pria. Sangat wajar karena memang dari dulu jahe dikenal dengan kandungan zat afrosidiak yang dpat meningkatkan libido.

10. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Satu lagi manfaat jahe yang tidak boleh dilewatkan untuk Anda ketahui, yaitu fungsinya sebagai detoks yang mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Caranya mudah, kita hanya perlu berendam dalam air jahe yang hangat. Demi kesehatan Anda, jangan berendam dalam air jahe lebih dari 15 menit. Berendam terlalu lama hanya akan membuat anda mengalami dehidrasi.

Manfaat Jahe untuk Kecantikan

Selain mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan obat tardisional, jahe juga punya banyak manfaat untuk kecantikan. Jahe bisa digunakan untuk perawatan wajah, kulit dan rambut.

1. Menghilangkan jerawat

Siapa sangka, jahe yang terasa panas di kulit bisa juga digunakan untuk mengobati jerawat di wajah. Tapi itulah kenyataannya. Ambil jahe, cuci bersih, kupas kulitnya. Parut jahe secukupnya hingga halus, sisihkan. Bersihkan wajah dan basuh dengan air hangat. Tempelkan parutan jahe pada kulit yang berjerawat. Diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin, tepuk-tepuk dengan handuk bersih.

2. Menghaluskan kulit

Dengan memanfaatkan jahe, Anda juga bisa mendapatkan kulit halus mulus. Untuk itu, kita akan memadukan jahe dengan buah delima sehingga hasilnya semakin joss! Campurkan dua sendok makan jahe parut dengan air perasan buah delima. Oleskan ramuan tersebut pada kulit wajah, tangan, leher, kaki atau bagian tubuh lainnya yang ingin agar kulitnya halus.

3. Menghilangkan sel kulit mati

Salah satu cara agar kulit selalu terlihat awet muda dan bersinar adalah lancarnya proes regenerasi kulit. dimana kulit yang sudah mati harus diangkat dan digantikan sel kulit baru yang lebih muda. Cara mengangkat sel-sel kulit mati bisa dilakukan dengan ramuan berikut ini. Siapkan tiga tetes air perasan jahe, 2 sendok makan irisan kulit jeruk dan dua gelas garam laut. Aduk rata kemudian oleskan pada seluruh tubuh, sambil dipijat secara lembut. Biarkan beberapa menit, lalu bilas dengan air dingin.

4. Perawatan kulit berminyak

Beberapa waktu lalu saya pernah membahas mengenai cara merawat kulit berminyak. Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa kulit berminyak sangat rentan tehadap serangan jerawat jika tidak diarwat dengan benar. Salah satu cara perawatan untuk kulit berminyak adalah menggunakan jahe. Caranya mudah saja, campurkan jahe parut, garam laut, bubuk kayumanis dan pala bubuk hingga membentuk adonan menyerupai pasta. Oleskan ramuan tersebut pada daerah yang berminyak, biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

5. Mencegah keriput

Jika anda seorang wanita muda, tapi sudah mendapatkan banyak kerutan dan keriput, mungkin anda perlu membuat ramuan ini di rumah untuk mengatasinya. Sediakan bahan-bahanya berupa jahe parut, kopi, daging buah alpukat yang sudah dihancurkan dan minyak daun kayu manis secukupnya. Campurkan semua bahan tersebut hingga merata. Oleskan ramuan tersebut ke seluruh bagian tubuh sambil dipijat-pijat secara lembut. Bilas dengan air hangat untuk membersihkannya. Ramuan tersebut bisa membantu anda menghilangkan kerutan dan keriput pada kulit wajah.

6. Manfaat Jahe untuk Perawatan Rambut

Manfaat jahe ternyata tak sebatas untuk kesehatan dan pengobatan tradisional, tetapi juga dapat digunakan untuk bahan perawatan rambut. Kandungan senyawa dalam jahe ternyata bisa menyuburkan rambut, mengatasi rambut rontok, melembabkan rambut yang kering, hingga mengatasi ketombe.

Untuk menyuburkan rambut, anda perlu mencapurkan parutan jahe dengan jojoba oil. Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala secara merata sambil dipijat-pijat lembut. Diamkans elama 30 menit, lalu bilas dengan shampo. Jahe dapat merangsang folikel rambut dan melancarkan peredaran darah di kuit kepala.

Selain itu, untuk mengatasi rambut rontok, Anda bisa membuat masker ambut dengan bahan dasar jahe. Anda bisa mendapatkan ekstrak jahe di toko-toko swalayan. Kandungan vitamin, zinc, dan fosfornya mampu menutrisi rambut dan melembabkannya.

Kandungan zat antiseptik yang terdapat pada jahe dapat dijadikan bahan sebagai pengusir ketombe. Caranya, campurkan parutan jahe dengan minyak zaitun dan perasan air jeruk lemon.

7. Manfaat Jahe untuk Wanita Hamil

Ibu hamil kerapkali mengalami perasaan mual di pagi hari, istilahnya Morning Sickness. Nah, jahe ini merupakan salah satu herbal yang dapat menangani masalah tersebut. Bahkan hal ini direkomendasikan oleh American Pregnancy Association. Konsumsi jahe bagi ibu hamil dapat berupa selai atau teh jahe. Namun, sebaiknya konsultasikan lebih dahulu dengan dokter Anda. Karena kondisi kehamilan setiap wanita berbeda-beda.

17 Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Kecantikan, Ibu Hamil | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply