Manfaat Daun Sukun Sebagai Obat Tradisional

buah sukun

Buah sukun mempuanyai banyak manfaat bagi manusia, begitu juga dengan daunnya.

Manfaat Daun Sukun Tidak Kalah dengan Buahnya – Selama ini kita biasanya hanya memanfaatkan buah sukun. Tanaman yang bentuk buahnya mirip dengan durian dan nangka ini biasanya digunakan sebagai camilan dan pengganti beras. Tekstur daging buahnya yang cukup mirip dengan roti, membuatnya mendapatkan istilah breadfruit dari orang-orang barat. Rasa buahnya lezat dan mempunyai kandungan karbohidrat yang lebih tinggi daripada umbi-umbian lain seperti ketela dan kentang. Hebatnya lagi, buah sukun tersebut tetap rendah kalori. Tetapi tahukah Anda bahwa tidak hanya buahnya, namun daun sukun sendiri mempunyai manfaat yang tidak kalah?

Sukun mempunyai nama ilmiah Artocarpus altilis dan masih merupakan keluarga Moraceae. Nama “sukun” sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti “tanpa biji”, tentu saja nama ini merujuk pada buahnya yang memang tidak mempunyai biji. Di daerah Sunda, sukun dikenal dengan sebutan timbul atau kulur, sementara di Aceh dikenal dengan sebutan kulu. Di beberapa tempat, sukun bahkan disebut dengan istilah “tanaman kehidupan”. Mari kita lihat apakah persepsi tersebut benar adanya.

Buah sukun merupakan tanaman yang menjadi sumber karbohidrat di daerah tropis, terutama di Kepulauan Pasifik dan Asia Tenggara. Sukun sendiri diperkirakan berasal dari kepulauan Nusantara dan juga Papua. Baru setelah suku-suku di daerah ini bermigrasi, sukun menyebar ke negara-negara sekitar Asia, dan setelah kolonisasi bangsa Eropa, barulah sukun sampai ke dunia barat.

Tanaman sukun dapat hidup di iklim tropis dan dataran rendah. Daerah yang mempunyai suhu sekitar 20o C hingga 40o C dengan curah hujan tinggi serta lembap merupakan lokasi yang sangat ideal bagi tanaman sukun untuk bisa tumbuh. Tidaklah heran jika sukun tumbuh di seluruh Indonesia. Pohon sukun yang sudah dewasa bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 30 m, meski tidak banyak sukun yang mencapai tinggi sekian. Daun sukun bentuknya besar-besar dan liat, hampir seperti kulit. Warna di sisi atas daunnya hijau tua mengkilap sementara di sisi bawahnya kusam dan kasar. Bila diraba, bagian bawah daun sukun mempunyai bulu-bulu yang halus.

Manfaat Tanaman Sukun Secara Umum

Sebelum kita membahas secara spesifik tentang daun sukun, patut kita ketahui bahwa tanaman sukun sebenarnya mempunyai berbagai macam manfaat. Inilah beberapa di antaranya:

  • Daging buah sukun secara turun temurun telah digunakan sebagai bahan pangan, baik dimasak langsung maupun dijadikan tepung.
  • Getah sukun digunakan untuk menambal dasar perahu dan menjadi bahan permen karet.
  • Kayu sukun yang ringan, kuat, dan mempunyai pola bagus bisa dijadikan mebel.
  • Daun sukun sebagai obat.

Kandungan Nutrisi Daun Sukun

Sekarang ini, biasanya daun sukun dipakai untuk pakan ternak. Masih jarang orang yang menyadari kegunaan lain dari daun sukun. Padahal khasiat daun sukun sendiri sebenarnya sangatlah banyak. Daun sukun mengandung kalium, yang sangat berguna karena dapat menguraikan batu ginjal sehingga bisa larut dengan mudah dan keluar dari tubuh bersama dengan urine. Selain itu, senyawa-senyawa yang berguna di dalam daun sukun adalah:

Advertisement

Dengan kandungan nutrisi sebanyak ini, tentu saja fungsi daun sukun tidak bisa diremehkan. Selain senyawa-senyawa yang disebutkan di atas, daun sukun juga mengandung antioksidan.

Manfaat Daun Sukun Sebagai Obat Tradisional

Sebagai permulaan, daun sukun bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan kesehatan yang ringan. Contoh penyakit ringan yang bisa disembuhkan oleh daun sukun adalah:

  1. Mengobati Panu, biasanya dipakai di Kepulauan Pasifik.
  2. Mengobati sariawan, biasanya dimanfaatkan di India dengan cara menghancurkan daun sukun kemudian ditempelkan di bagian mulut yang terkena sariawan.
  3. Mengatasi pegal, orang Betawi biasa menggunakan rendaman daun sukun untuk merendam kaki.

Hal di atas hanyalah sebagian kecil dari manfaat daun sukun. Penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa daun sukun mempunyai khasiat yang sangat hebat karena ternyata bisa menyembuhkan penyakit kronis.

Daun sukun sebagai obat jantung

Penyakit jantung mempunyai sebab yang bermacam-macam. Namun, yang paling sering terjadi adalah penyakit jantung terjadi karena tekanan darah di dalam tubuh. Daun sukun bisa mengobatinya dengan cara:

  1. Ambil daun sukun tua yang masih menempel di pohon,
  2. Cuci dengan air bersih,
  3. Jemur daun sampai kering sehingga air tersisa setengahnya,
  4. Rebus daun sukun di dalam panci dengan takaran 5 gelas air.

Rebusan tersebut kemudian disaring dan hasilnya dapat diminum secara rutin. Ini akan sangat menolong penderita jantung.

Daun sukun sebagai anti-kanker

Daun sukun mempunyai sifat yang disebut anti-inflamasi atau umumnya disebut anti radang. Kandungan ini berguna untuk mencegah kanker sedini mungkin. Caranya adalah:

  1. Satu lembar daun sukun tua direbus,
  2. Cuci bersih di dalam panci yang sudah diisi 5 gelas air,
  3. Tunggu hingga mendidih,
  4. Tambahkan kembali air dengan takaran serupa, 5 gelas,
  5. Setelah mendidih, tambahkan kembali air sebanyak 5 gelas.

Setelah proses yang berulang-ulang tersebut, saring lah ramuan tersebut. Minum sampai habis.

Daun sukun sebagai obat penyakit kronis lain

Manfaat daun sukun tidak hanya terbatas pada hal yang telah disebutkan di atas. Masih banyak penyakit-penyakit berat lain yang ternyata bisa disembuhkan oleh daun sukun. Beberapa orang telah mendapati bahwa penyakit ginjal yang telah lama mereka derita sembuh setelah meminum ramuan rendaman daun sukun. Selain itu, penyakit hepatitis dan asam urat juga bisa disembuhkan. Perlu dicatat bahwa peneliti menyarankan bahwa daun sukun terbaik untuk obat adalah daun sukun yang sudah tua dan berwarna kecokelatan.

Manfaat Daun Sukun Sebagai Obat Tradisional | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply