Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

daun salam

Daun salam (Syzygium polyanthum) selain dimanfaatkan sebagai bumbu masak juga dapat dijadikan sebagai obat tradisional

Inilah Manfaat Daun Salam yang Perlu Anda Ketahui – Pastinya banyak orang yang sudah mengetahui bahwa daun salam itu digunakan dan dimanfaatkan untuk penyedap rasa pada suatu masakan. Hal ini karena aromanya yang khas dapat menggugah selera makan. Namun sayangnya, sedikit orang yang tahu ternyata daun salam itu memiliki manfaat yang begitu luar biasa untuk kesehatan. Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita telah memanfaatkan daun salam sebagai obat tradisional.

Manfaat Daun Salam

Daun salam dapat digunakan sebagai obat dan pencegahan untuk berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, radang, hipertensi, asam urat serta masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini:

Untuk mencegah penyakit jantung

Daun salam ternyata kaya akan nutrisi serta berbagai senyawa salah satunya ialah salisilat yang sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung anda. Bagi anda yang gemar memasukkan daun salam ke dalam masakan anda sebagai penyedap masakan maka akan mempunyai resiko yang sangat rendah mengidap penyakit jantung. Nah, karena hal tersebutlah sebaiknya anda perbanyak mengkonsumsi masakan yang mengandung daun salam ini agar anda terhindar dari terserang nya penyakit yang sangat mematikan ini.

Sebagai obat maag

Daun salam bisa menjadi obat untuk sakit maag. Bagi anda yang sekarang tengah mengidap maag, maka ada baiknya anda mengobati maag tersebut dengan pengobatan alamiah. Pengobatan yang menggunakan daun salam tentunya.

Caranya ialah ambil daun salam sebanyak 18 lembar lalu cucilah daun salam tersebut sampai bersih lalu rebus lah daun salam tersebut ke dalam air mendidih 15 menit lamanya. Kemudian berilah sedikit gula aren untuk pemanis nya dan dinginkan air tersebut lalu setelah dingin anda bisa langsung meminumnya. Lakukan hal seperti ini secara rutin sampai rasa perih di lambung anda tersebut menghilang.

Mengobati radang tenggorokan

Jika anda salah satu orang yang mengetahui daun salam memiliki berbagai manfaat yang sangat kuar biasa, maka anda termasuk orang-orang yang bisa dikatakan sangat beruntung. Bagaimana tidak? Ternyata daun salam ini sangat efektif untuk mencegah serta mengobati beragam penyakit. Salah satunya ialah penyakit radang tenggorokan atau orang awam menyebutnya sebagai sakit tenggorokan.

Jika anda menginginkan manfaat yang seperti ini, anda bisa merebus 10 sampai 15 daun salam kemudian rebus lah daun salam tersebut dengan sedikit air maksimal 3 gelas. Lalu minumlah air rebusan tersebut secara rutin, agar radang anda segera sembuh.

Atasi hipertensi

Advertisement

Tahukah anda bahwa daun salam juga memiliki zat senyawa yang bisa menjadi obat hipertensi. Zat senyawa tersebut ialah zat tanin dan flavonoida yang memungkinkan bisa menjadi obat untuk anda yang memiliki hipertensi atau yang biasa disebut dengan tekanan darah tinggi tentunya. Dengan cara membuat teh alami dari daun salam. Cara untuk membuat obat tersebut ialah sebagai berikut:

  • Ambil kurang lebih 15 daun salam
  • Kemudian cucilah daun salam tersebut hingga bersih
  • Lalu rebus daun tersebut ke dalam air, maksimal 3 gelas air putih yang disediakan
  • Setelah itu, jika sekiranya air tersebut mendidih dan menguap sehingga tinggal sedikit airnya, maka langsung diminum saja tentunya biarkan air tersebut hangat atau tunggu hingga menjadi dingin terlebih dahulu.
  • Dan yang terakhir ialah lakukan hal semacam ini secara rutin dan continue.

Obat diare

Selain hal di atas, ternyata daun salam pun dapat juga dimanfaatkan sebagai obat diare secara alami. Anda tahu bukan memang di jaman sekarang yang serba canggih ini sudah begitu banyak obat yang beredar di pasaran yang dapat anda beli dengan harga yang cukup terjangkau. Namun, sayangnya obat tersebut pastinya ada efek samping yang mau tak mau anda akan merasakannya setelah meminum obat tersebut. Nah, karena hal yang seperti itulah maka lebih baik anda menggunakan obat herbal yang dapat anda gunakan. Salah satunya menggunakan daun salam.

Caranya: ambillah kurang lebih 15 daun salam yang masih segar. Lalu rebus lah daun tersebut ke dalam air yang mendidih maksimal 2 gelas banyaknya air. Kemudian beri garam secukupnya setelah melakukan semua cara di atas, tunggu air tersebut sampai dingin, setelah dingin minum air tersebut secara teratur untuk diare anda.

Sebagai obat untuk kencing manis

Manfaat daun salam yang lainnya adalah untuk mengobati gejala kencing manis alias diabetes. Jika anda memiliki penyakit yang satu ini, ada baiknya anda mencoba pengobatan secara tradisional atau herbal dengan hanya memanfaatkan daun salam. Caranya adalah:

  • Ambil kurang lebih 15 lembar salam dan cucilah sampai bersih.
  • Kemudian rebus lah daun tersebut dengan menggunakan air sebanyak maksimal 3 gelas dan tunggulah sampai mendidih, ketika air tersebut mendidih secara otomatis air tersebut akan berkurang.
  • Lalu tunggulah rebusan air tadi sampai dingin, setelah dingin minumlah air rebusan tersebut.
  • Untuk mendapatkan manfaat dan khasiat yang maksimal, buat dan minumlah air tersebut secara teratur dan rutin.

Memutihkan gigi

Selain dapat digunakan sebagai obat herbal, daun salam juga dapat dimanfaatkan untuk memutihkan gigi. Untuk memperoleh kegunaan dan manfaat dari daun salam ini, anda harus melakukan hal berikut:

  • Sediakan bahan-bahan yang di perlukan, seperti kulit jeruk dan daun salam.
  • Setelah itu jemurlah kedua bahan di atas sampai layu dan kering.
  • Kemudian setelah semua bahan tersebut kering tumbuk lah campuran bahan di atas lalu beri air secukupnya. Aduk sampai rata hingga membentuk pasta.
  • Langkah yang terakhir ialah gosok lah gigi anda dengan pasta tersebut. Lakukan hal ini secara teratur setiap hari untuk mendapatkan gigi yang putih dan berkilau.

Bagaimana? Cukup banyak bukan khasiat atau manfaat yang dapat anda peroleh dari daun salam tentunya. Bagi anda yang sekarang tengah mengidap berbagai penyakit seperti penyakit yang sudah di sebutkan di atas, ada baiknya anda mencoba ramuan herbal dari penggunaan daun salam tersebut, karena dengan anda mengobati penyakit anda secara alami, maka akan terhindar dari segala resiko yang ditimbulkan oleh obat yang dijual di apotek.

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply