1001 Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

manfaat jeruk nipis

Jeruk Nipis sangat bermanfaat untuk kesehatan

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan – Di dunia ini ada ribuan jenis jeruk yang telah ditemukan oleh para ahli botani di seluruh dunia. Namun, dari sekia banyaknya varietas jeruk, jeruk nipis merupakan yang paling banyak manfaatnya bagi kesehatan. Hal ini dibuktikan dengan begitu banyaknya resep tradisional warisan nenek moyang dimana jeruk nipis merupakan bahan utamanya.

Begitu juga dengan pengobatan moderen. Ekstrak jeruk nipis biasa dijadikan sebagai obat untuk beberapa penyakit. Misalnya penyakit batuk, radang tenggorokan sampai mengatasi jerawat.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Nah, berikut ini merupakan beberapa manfaat serta khasiat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh manusia seperti dilansir oleh magzforwomen:

1. Buah rendah kalori

Jeruk yang rasanya asam itu rendah kalori, dimana bahan ini merupakan bahan yang sempurna untuk diet rendah lemak. Sebagai gambaran, jika Anda mengonsumsi sekitar 3,5 Oz jeruk nipis manis, maka Anda hanya akan menambah 43 kalori untuk tubuh. Di samping itu, jeruk nipis manis juga rendah kandungan protein sehingga Anda mungkin perlu untuk menambahkan elemen protein untuk diet. Untuk semua alasan ini, jeruk nipis manis adalah pilihan yang bagus bagi mereka yang ingin timbunan lemaknnya cepat terkikis.

2. Kaya kandungan vitamin

Jeruk kaya akan vitamin C yang mudah membantu memenuhi kebutuhan harian dalam bentuk alami. Seorang pria dewasa membutuhkan 90 miligram vitamin C setiap hari dan perempuan dewasa sekira 75 miligram. Karena setiap porsi jeruk nipis manis berisi minimal 50 miligram Vitamin C, Anda tak perlu khawatir untuk kebutuhan vitamin C setiap hari saat Anda menambahkan jeruk nipis manis di menu harian.

3. Sumber mineral

Jeruk nipis manis sangat kaya akan mineral dimana memiliki kandungan kalium tinggi sekitar 490 miligran dalam satu porsi. Selain kalium, jeruk nipis manis juga memberikan kandungan tembaga, kalsium, besi dan fosfor. Semua kandungan mineral itu memiliki beberapa manfaat kesehatan.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Jeruk nipis kaya akan vitamn C yang menawarkan perlindungan terhadap penyakit akibat dingin dan penyakit umum lainnya. Dengan sistem kekebalan tubuh yang fit, tubuh Anda terlindungi dari infeksi dan penyakit.

5. Membantu lancarkan pencernaan

Jeruk nipis memiliki flavonoid yang meningkatkan produksi empedu, asam, dan cairan pencernaan. Semua hal itu sangat membantu berfungsinya sistem pencernaan dalam tubuh. Dimana kandungan falonoid akan menetralkan cairan pencernaan asam, pengeluaran racun dalam tubuh. Di samping itu, mengonsumsi jeruk nipis manis juga akan menenangkan perut bila Anda menderita muntah, mual, atau diare.

6. Mengatasi masalah sembelit

Sering minum air hangat dengan perasan jeruk nipis menyingkirkan sembelit alias segala penyakit perut dan pencernaan lainnya. Air jeruk hangat akan merangsang dan mengatur gerakan usus Anda sehingga menyembuhkan dari semua rasa sakit dan trauma yang berhubungan dengan sembelit.

7. Pembersih alami

Jeruk nipis hangat bisa membantu detoksifikasi dan membersihkan tubuh Anda dari racun dengan cara membuang semua racun berbahaya yang terakumulasi di tubuh. Ini membersihkan sistem di tubuh Anda, sehingga membuat Anda lebih sehat dan segar.

8. Mencerahkan kulit

Efek menghilangkan racun dari tubuh juga bisa membuat kulit menjadi terlihat cerah. Vitamin C dari jeruk nipis membantu Anda terlihat lebih muda. Karena kandungan antioksidan di dalamnya, membuat kulit awet muda.

9. Melawan penuaan

Jeruk nipis memiliki kandungan Vitamin C tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan alami. Vitamin C menghilangkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh yang menyebabkan banyak kerusakan pada kulit Anda. Dengan minum jeruk nipis hangat, itu membantu kulit tubuh melawan kerutan akibat penuaan dini.

10. Menurunkan berat badan

Pengamat berat badan sering merekomendasikan agar memulai hari dengan segelas air jeruk nipis hangat. Selain memberikan perasaan kenyang, jeruk nipis juga berisi serat dan vitamin C yang membantu menurunkan berat badan. Nah, serat itulah yang menimbulkan perasaan kenyang bagi tubuh.

Manfaat Jeruk Nipis Sebagai Obat Tradisional

Selain jahe dan kunyit, jeruk nipis juga merupakan salah satu herbal yahng paling sering dijadikan sebagai bahan obat-obatan herbal. Hal itu adalah bukti bahwa manfaat jeruk nipis untuk pengobatan tradisional sudah diakui sejak dulu kala. Dan berikut ini adalah contoh penerapannya.

1. Mengobati Batuk

Ambil 1 jeruk nipis lalu dicuci bersih, campur dengan 1,5 sendok kecap manis dan garam, aduk rata, saring. Minum 1-3 kali sehari. Atau 1 jeruk nipis dicuci, peras. Beri air hangat, sepotong gula batu, aduk rata, saring. Minum 1 kali sehari sampai sembuh. Baca artikel khusus tentang cara mengobati batuk.

2. Melancarkan buang air besar

Ambil 1 jeruk nipis dicuci, peras. Lumatkan 3 siung bawang merah yang sudah dikupas dan dicuci, beri 1 sendok minyak kayu putih, asam kawak sebesar telur puyuh, sedikit air masak. Campur dengan air jeruk. Oleskan ke seluruh tubuh, terutama di sekitar perut.

3. Mengobati Ambeien

Ternyata bukan cuma daun dan buahnya saja yang bermanfaat bagi dunia pengobatan, akarnya juga dapat mengobati ambeien. Caranya, akar pohon jeruk nipis dicuci, rebus dengan 1 liter air selama 1/2 jam, saring, minum airnya.

4. Melancarkan haid

Manfaat air jeruk nipis juga bagus untuk obat pelancar haid. Ini bagi wanita yang haidnyha kurang lancar, silahkan praktekan. Siapkan 3 sendok makan air jeruk nipis, madu, 2 gelas air panas, aduk rata. Ramuan tersebut untuk diminum 3 kali sehari.

Advertisement

5. Difteri

Difteri merupakan penyakit infeksi serius yang menyerang selaput lenir hidung, serta tenggorokan. Untuk mengatasinya, siapkan 2 buah jeruk nipis dicuci, peras, airnya diseduh dengan segelas air. Beri 1 sendok makan madu. Hangat-hangat dipakai untuk kumur selama 3 menit, lalu telan. Minum 3 kali sehari, 2 sendok makan.

6. Menghilangkan jerawat

Ambil 1 buah jeruk nipis dicuci, iris. Gosokkan pada kulit wajah yang berjerawat. Jangan kaget karena rasanya akna perih, itu adalah saat dimana zat aktif dalam jeruk nipis memerangi bakteri penyebab jerawat. Baca artikel khusus tentang cara menghilangkan jerawat.

7. Kepala pusing/vertigo

Kepala pusing menyebabkan aktifitas ehari-hari menjadi terhambat. Apalagi jika rasa sakitnya sudah tak tertahankan. jika mengalaminya,a mbil 1/2 genggam daun jeruk nipis dicuci, lumatkan. Beri 1 sendok makan air jeruk nipis. Gosokkan ke tengkuk, dahi dan pelipis. Lakukan 1-2 kali sehari. Baca artikel tentang cara mengobati sakit kepala.

8. Suara serak

Bagi para biduan jaman dulu, resep ini sudah tidak asing lagi. Sebelum atau sesudah menyanyi di panggung biasanya mereka meminum ramuan ini untuk mecegah suara serak atau parau. Caranya, 2 buah jeruk nipis dicuci, peras. Beri kapur sirih, garam dapur, 1 senodk makan madu murni dan 3/4 gelas air mendidih, aduk rata. Minum sekaligus menjelang tidur malam. Lakukan seminggu sekali.

9. Menghilangkan Bau badan

Cara pertama: Irisan jeruk nipis diolesi kapur sirih, ulaskan ke ketiak setelah mandi, biarkan beberapa saat, lalu bilas. Lakukan pagi dan sore.
Cara kedua: Beberapa helai daun muda jeruk nipis ditumbuk sampai halus, dicuci, lumatkan. Pulung kecil-kecil seperti pil. Makan 3 kali sehari sesudah makan. Baca artikel tentang cara menghilangkan bau badan.

10. Menambah nafsu makan

Nafsu makan anak memang kerap kali naik turun dan biasanya membuat ibu khawatir. Ramuan herbal berikut ini bisa membantu anda mengatasinya. Sesendok makan air jeruk nipis diberi gula secukupnya. Minum 2 kali sehari sesudah makan.

11. Mencegah rambut rontok

Rambut rontok adalah masalah rambut yang paling sering ditemui selain ketombe. Banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya. Namun ada satu cara ampuh untuk mengatasinya. siapkan 2 jeruk nipis lalu dicuci, iris menjadi 3 atau 4 bagian. Oleskan airnya pada kulit kepala hingga merata, bungkus kepala dengan handuk semalaman. Keramas keesokan harinya. Lakukan secara rutin 3 kali seminggu.

12. Menghentikan kebiasaan merokok

Semua orang tahu merokok adalah kebiasaan buruk. Bahkan di dalam bungkus rokokya sendiri tertulis begitu. Kenapa banyak orang yang sudah berhenti merokok, karena mereka sudah menganggapnya sebagai bagian dari gaya hidup. Iris jeruk nipis, hisap, minum air putih. Lakukan beberapa kali sehari.

13. Amandel

Hampir semua bagian dari tanaman buah ini berkhasiat untuk obat, termasuk kulit buahnya. Salah satunya untuk mengobati amandel. Kulit 3 jeruk nipis dicuci, potong-potong, rebus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal 3/4, saring. Kumur- kumur dengan airnya dan diminum. Lakukan 3-4 kali sehari, masing-masing 3 sendok makan.

14. Anyang-anyangan

Penyakit ini biasa terjadi ketika anak mengkonsumsi air mentah atau setengah matang. atau air panas yang dicapur air es agar cepat dingin. Siapkan 2 jeruk nipis lalu dicuci, peras airnya, beri gula pasir secukupnya dan segelas air panas, aduk, minum sekaligus. Biasanya cukup dilakukan sekali.

15. Mimisan

Mimisan seringkali terjadi pada anak-anak. Selain menggunakan daun sirih untuk mengobatinya, Anda juga bisa menggunakan buah ini. Caranya, ambil 1 jeruk nipis besar yang sudah tua dicuci, belah, peras, saring airnya untuk menetesi hidung. Lakukan 1-2 kali sehari.

16. Menghilangkan Ketombe

Jika dibiarkan terus menerus, ketombe bisa jadi pengganggu aktifitas anda. Sebab akan menimbulkan rasa gatal di kulit kepala yang tidak tertahankan. Untuk mengatasinya, oleskan air perasan 1-2 jeruk nipis ke seluruh kulit kepala. Biarkan 20-30 menit, lalu keramas. Setelah 3 kali melakukan (setiap kali akan cuci rambut), biasanya ketombe hilang. Lihat lebih banyak tentang cara menghilangkan ketombe.

17. Obat Flu Tradisional

Influenza disebabkan oleh virus. Beberapa pakar kesehatan bilang, untuk mengatasinya cukup dengan istirahat dan mengkonsumsi makanan bergizi. Namun, jika ingin cepat sembuh tentunya kita harus membantu tubuh menciptakan sistem imun yang kuat, salah satunya dengan mengkonsumsi jeruk nipis. Caranya, 1 buah jeruk nipis dicuci, dipanggang sebentar. Kalau sudah agak dingin dibelah dan langsung diperas ke dalam mulut.

18. Obat Demam

Demam sebenarnya mekanisme pertahan tubuh untuk mengusir virus atau bakteri (melalui panas) yang sedang merusak tubuh. Untuk membantu mekanisme tubuh dalam melawan virus dan bakteri maka harus diberi asupan yang menjaga tubuh agar tetap bugar. Salah satunya dengan jeruk nipis. Cara pertama, 1 jeruk nipis dicuci, peras, 3 siung bawang merah dikupas, cuci, lumatkan, tambahkan 1 sendok makan minyak kelapa. Oleskan pada kening penderita. Cara kedua, Air perasan dari 1 buah jeruk nipis, 2 sendok makan madu, dicampur kemudian minum sekaligus.

19. Mengobati sakit kepala tiba-tiba

Pernahkah Anda mengalami sakit kepala yang datang secara tiba-tiba? Jika mengalaminya, jangan panik. minumlah ramuan yang terbuat dari air perasan buah nipis dan garam yang dilarutkan dengan segelas teh kental. Rasa sakit pada kepala akan segera berkurang.

Oke, itu dia beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan dunia pengobatan yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan jaga selalu kesehatan Anda karena sehat itu mahal kalau sudah sakit.

Baca Lanjutannya: 1001 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah>>

SUMBER :
Dalimartha, Setiawan. Atlas Tumbuhan Obat Indonesia. Ungaran : Trubus Agriwidya, 1999.
Muhlisah, Fauziah. Tanaman Obat Keluarga. Jakarta : Penebar Swadaya, 1999.
Tampubolon, Oswald T. Tumbuhan Obat. Jakarta : Penerbit Bhratara, 1995.
Tanaman Obat Keluarga. Jakarta : PT. Intisari Mediatama, 1999.

1001 Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis untuk Kesehatan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply