Manfaat dan Khasiat Daun Sirih

daun sirih hijau

Daun sirih hijau punya banyak manfaat bagi kesehatan dan dunia pengobatan tradisional.

Sirih merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak tumbuh di Indonesia. Pohonnya merambat dan memiliki daun berbentuk seperti hati. Cara mengembangbiakkan tanaman ini adalah dengan memotong bagian batang yang terdapat akarnya kemudian ditanam di tanah secara langsung. Tanaman ini sering digunakan sebagai hiasan di depan rumah karena bentuknya yang indah. Dan di samping keindahan tanaman ini, ternyata sirih merupakan tanaman yang memiliki banyak khasiat yaitu pada daunnya.

Sirih sendiri ada beberapa jenis, namun yang dikenal masyarakat ada dua, yaitu sirih merah dan sirih hijau. Daun sirih banyak digunakan sebagai bahan obat tradisional zaman dahulu karena kemanjurannya. Sayangnya, banyak masyarakat yang kurang memahami hal ini sehingga memanfaatkan sirih hanya sebagai hiasan.

Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Karena itulah, disini saya akan berbagi kepada anda mengenai manfaat daun sirih bagi kesehatan agar anda dapat lebih memanfaatkan tanaman ini.

Obat Sakit Gigi

Caranya adalah dengan mengunyah daun sirih mentah-mentah. Rasanya yang pedas dan aromanya yang tak bisa hilang dari muut kemudian membuat banyak orang enggan melakukan cara ini. Kemudian untuk tetap mendapat manfaat ini, mereka mengubah cara dari mengunyah daun sirih secara langsung menjadi merebusnya terlebih dahulu kemudian menggunakan air rebusannya sebagai air kumur. Dengan cara ini, mereka dapat mengobati sakit gigi tanpa harus membuat nafas mereka selalu berbau sirih. Dan selain sebagai obat sakit gigi, cara tersebut juga mampu menyembuhkan sariawan dan bau mulut yang seringkali membuat anda kurang percaya diri.

Advertisement

Mengobati Keputihan

Daun sirih mengandung antibiotik alami yang mampu membunuh bakteri yang menebabkan penyakit ini. Cara menggunakannya adalah dengan merebus daunnya. Setelah mendidih, anda harus mendinginkannya terlebih dahulu kemudian memakai air rebusan tadi sebagai pengganti air saat cebok. Jangan lupa untuk menerapkan teknik yang benar saat cebok yaitu dari arah depan kebelakang.

Mengobati Mimisan

Daun sirih mampu mencegah pendarahan kecil seperti mimisan. Caranya adalah dengan membuat daun sirih sedikit memar dengan cara memukul-mukulnya kemudian menggulungnya dan memasukkannya kelubang hidung. Biarkan hingga mimisan sudah terasa berhenti dan tidak mengalir lagi. Selain sebagai penghambat pendarahan kecil, daun sirih juga bermanfaat sebagai obat luka bakar. Untuk pertolongan pertama terhadap luka bakar, anda hanya perlu memanaskan daun sirih agar menjadi layu kemudian meeletakkannya diatas luka.

Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat daun sirih yang berikutnya adalah sebagai obat pencegah penyakit jantung. Karena kandungan vitamin dan zat besinya sangat tinggi, daun sirsak dapat digunakan sebagai bahan obat pencegah serangan jantung. Cara mendapatkan manfaat tersebut adalah dengan cara merebus kemudian meminum air rebusannya dalam keadaan dingin. Selai itu, daun sirih juga bermanfaat sebagai pereda pana dan demam. Caranya sama yaitu dengan meminum air godokan daun sirih selama sakit itu berlangsung dan hentikan ketika penyakit tersebut sudah benar-benar hilang.

Obat Gatal Kulit

Manfaat daun sirih yang berikutnya adalah sebagai obat gatal. Untuk membuat obat gatal, yang perlu anda lakukan adalah menghaluskan daun sirih kemudian meletakkannya diatas kulit seseorang yang mengalami gatal-gatal. Selain mengobati gatal-gatal, ramuan tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai obat penyakit kulit lainnya.

Demikian ulasan mengenai manfaat daun sirih bagi kesehatan. Dengan mengetahui tentang hal diatas, kami harap anda dapat menemukan jawaban atas obat dari penyakit yang anda derita. Dengan begitu, anda akan menjadi seseorang yang sangat sehat dan kuat. Semoga bemanfaat 😉

Manfaat dan Khasiat Daun Sirih | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply