Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

manfaat cengkeh

Cengkeh atau cengkih merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan

Kenali Ragam Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan – Cengkeh merupakan salah satu tanaman rempah-rempah asli Indonesia yang sangat dibutuhkan terutama sebagai bumbu masakan, tidak hanya di Indonesia, namun nyaris di seluruh negara-negara di dunia. Salah satu kekayaan tanah air yang hanya dapat tumbuh subur di iklim tropis ini menyimpan begitu banyak manfaat untuk kesehatan. Aroma khas yang dimiliki oleh cengkeh merupakan hasil dari senyawa eugenol yang memiliki kadar kandungan 72 hingga 90 persen sebagai senyawa utama penyusun kandungan minyak atsiri di dalam cengkeh.

Senyawa eugenol sendiri memiliki sifat anestetik (bius) serta antiseptik yang berfungsi untuk melenyapkan bakteri pada gigi dan menghilangkan bau mulut, sehingga minyak cengkeh banyak digunakan oleh dokter gigi sebagai bius untuk menghilangkan rasa sakit serta banyak pula digunakan sebagai campuran komposisi obat-obatan pada industri-industri farmasi. Selain senyawa eugenol, cengkeh juga memiliki kandungan zat baik lainnya, seperti minyak atsiri (senyawa asetil eugenol), vanilin, tanin, beta karoten yang kaya akan antisiokda, asam galotanan, rhamnetin, stigmasterol, metil salisilat yang bermanfaat untuk menghilangkan rasa nyeri, asam krategolat dan senyawa titerpenod (yang terdiri lagi atas asam oleanolat, stigmasterol, serta kampesterol), senyawa flavonoid yang kaya akan anti inflamasi yang dapat membantu penderita rematik, mengobati peradangan hingga infeksi, serta kandungan beragam senyawa lainnya yang sama bermanfaat nya.

Selain manfaat cengkeh yang menjadi bahan penyedap makanan alami, ternyata cengkeh memiliki segudang manfaat lain untuk kesehatan tubuh manusia. Mengonsumsi secara rutin buah cengkeh dalam jumlah tertentu mampu membersihkan racun berbahaya serta mikroba-mikroba perusak dari dalam tubuh Anda. Bila Anda menderita sakit gigi, Anda juga dapat mengobatinya sendiri dengan menggunakan cengkeh. Caranya, sangrai 10 butir cengkeh hingga halus dengan api kecil, lalu giling lah sampai benar-benar lembut dan masukkan langsung secara langsung dan secukupnya ke dalam lubang gigi. Langkah terakhir, tutuplah gigi tersebut dengan kapas dan lakukan hingga dua kali dalam satu hari.

Sedangkan bagi Anda yang mengalami masalah dengan bau mulut, cengkeh juga disarankan untuk menghilangkan bau mulut Anda. Ambil 10 butir cengkeh yang telah dicuci bersih dan kemudian seduh lah dengan air panas sebanyak 200 cc. Diamkan hingga mendingin lalu saring lah ampasnya. Gunakan cairan ini untuk berkumur-kumur. Untuk hasil yang maksimal dan cepat, lakukan kumur-kumur setiap hari dan rutin. Begitu pula bagi Anda yang menderita penyakit sinusitis, dapat diatasi dengan menggiling cengkeh menjadi bubuk lalu ditiupkan melalui sedotan kecil menuju lubang hidung.

Advertisement

Bagi wanita hamil, biasanya manfaat cengkeh digunakan untuk mengatasi rasa mual yang berlebihan. Anda hanya perlu merebus 10 butir buah cengkeh, 20 gram asam jawa, dengan 400 cc air. Namun, selama perebusan memang memakan waktu yang lama karena perebusan dilakukan hingga air yang tersisa tinggal setengahnya, atau 200 cc. Rebusan diminum sebanyak sehari dua kali masing-masing dengan porsi 100 cc.

Selain itu, dengan mengunyah langsung beberapa cengkeh yang telah dicuci, akan dapat menyembuhkan masalah pencernaan Anda. Gangguan saluran pernapasan pun dapat disembuhkan oleh peran ekspektoran yang dimiliki cengkeh. Bahkan, penyakit mengerikan seperti stroke dapat dicegah dengan mudah, yaitu dengan mengonsumsi cengkeh yang kaya akan eugenol yang berperan dalam mencegah pembekuan di dalam darah.

Eugenol pun juga memiliki kandungan anti bakteri dan anti jamur yang dapat melindungi kebaikan pada perut Anda serta kuman-kuman yang bergumul di dalamnya. Keunikan lainnya, cengkeh juga bermanfaat untuk mengusir nyamuk. Di dalam buah cengkeh, terdapat kandungan yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Dengan menggunakan minyak cengkeh ini, Anda dapat terhindar dari resiko malaria hingga demam berdarah yang hanya karena gigitan nyamuk.

Cengkeh yang kaya akan sumber nutrisi sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh, khususnya bagi Anda yang sedang membutuhkan jumlah energi dalam jumlah besar. Nutrisi-nutrisi tersebut antara lain adalah seperti kalsium dan magnesium yang sangat baik bagi pencernaan karena merupakan bentuk serat pangan. Selain itu, eugenol yang terkenal sebagai kandungan terbaik di dalam cengkeh juga memiliki sifat anti jamur yang sangat efektif untuk menangani penyakit-penyakit kulit yang sering disebabkan oleh keberadaan cacing cincin.

Cengkeh juga sangat baik untuk kesehatan seksual Anda karena diyakini memiliki sifat afrodisiak yang mampu menaikkan libido dan mengatasi ejakulasi dini. Cengkeh merupakan makanan yang ramah bagi perut Anda. Masalah kembung atau masuk angin juga dapat ditangani hanya dengan meminum seduhan 10 butir buah cengkeh atau 10 tetes dari minyak cengkeh yang diseduh dengan air panas sebanyak 50 cc, dan ditambahkan dengan sedikit madu.

Seduhan untuk pereda masuk angin ini baik untuk diminum sebanyak dua hingga tiga kali sehari untuk menghindari datangnya kembung kembali. Tidak hanya mampu mengatasi kembung akibat masuk angin, namun cengkeh juga dikenal dengan keampuhannya dalam mengatasi beberapa jenis penyakit kulit dan gangguan sistem pencernaan, termasuk juga membantu melawan kanker, khususnya kanker kulit, paru-paru serta saluran pencernaan.

Masih belum habis, cengkeh memiliki manfaat penting lainnya, yaitu mampu menambah tingkat kekebalan atau daya tahan tubuh. Dengan demikian, bila antibodi Anda meningkat, maka penyakit akan tidak mudah menyerang Anda. Sedangkan manfaat unik lainnya, ternyata tumbuhan rempah-rempah yang satu ini juga mampu menambahkan warna hitam secara alami pada alis mata Anda. Beberapa bunga cengkeh yang kering dapat Anda bakar hingga hangus, kemudian tumbuk lah hingga halus. Tambahkan sedikit minyak kemiri ke dalam hasil tumbukan, dan oleskan lah ke alis mata Anda pada waktu sore. Lakukan secara rutin setiap hari.

Manfaat cengkeh memang sudah digunakan oleh nenek moyang kita sejak dulu. Namun, karena kemajuan teknologi, orang-orang lebih memilih menggunakan obat-obatan kimia dibanding cengkeh karena lebih praktis. Semoga, artikel ini dapat dapat mengingatkan Anda kembali mengenai khasiat cengkih yang terlupakan.

Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply