Manfaat Bunga Sepatu Sebagai Obat Tradisional

manfaat bunga sepatu

Kembang Sepatu biasa dijadikan sebagai bahan untuk ramuan tradisional.

Manfaat Bunga SepatuHibiscus Rosasinesis L atau yang sering di sebut dengan kembang sepatu ini memang sangat cantik, ia biasa di tanam di pekarangan rumah dan digunakan untuk tanaman hias. Akan tetapi siapa yang menyangka apa bila di balik keelokan dari bunga sepatu ini, ia memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan tubuh. Banyak bagian dari bunga sepatu yang dimulai dari bunga, daun, hingga kelopak mempunyai manfaat untuk kesehatan. Seperti kelopak yang mempunyai kandungan vitamin C, A, kalsium, protein, dan asam amino.

Tanaman semak yang memiliki asal dari Asia Timur ini banyak sekali di tanam di daerah tropis maupun sub tropis. Ukuran bunganya yang begitu besar, memiliki warna merah ini memang tidak berbau. Bunga ini berasal dari banyak kultivar serta berupa bunga tunggal atau ganda yang berwarna kuning atau putih. Bunga jenis ini memiliki 5 helai daun yang berkelopak. Ia dilindungi oleh kelopak tambahan sehingga terlihat menyerupai dua lapis kelopak. Mahkota bunganya terdiri dari 5 lembar ataupun lebih. Tangkai putihnya berbentuk seperti silinder panjang serta dikelilingi dengan tangkai sari yang berbentuk oval.

Umumnya, tinggi tanaman dari bunga sepatu mencapai 5 meter, daunnya berbentuk bulat telur dan melebar. Untuk daerah yang beriklim tropis pada rumah kaca tanaman ini berbunga di sepanjang tahun, namun untuk daerah yang beriklim sub tropis bunga sepatu mengeluarkan bunga mulai dari musim panas sampai musim gugur. Bunga yang berbentuk terompet dengan diameter kurang lebih 6 sampai 20 cm. Pistillum atau putiknya berbentuk menjulur dari dasar bunga. Bunga sepatu bisa mekar menghadap ke atas, samping, maupun bawah. Tanaman ini memiliki sifat steril serta tidak menghasilkan buah.

Bunga sepatu ini banyak sekali di jadikan sebagai tanaman hias, hal ini dikarenakan bunganya yang begitu cantik. Bahkan di Tiongkok bunga sepatu ini dijadikan sebagai pewarna alami makanan. Di Indonesia sendiri bunga sepatu di kembangkan untuk berbagai pengobatan secara tradisional. Tidak jarang bunga sepatu dikeringkan dan diminum sebagai teh.

Advertisement

Manfaat Bunga Sepatu untuk Pengobatan

Bunga sepatu sendiri bisa dijadikan untuk berbagai macam pengobatan. Pengobatan yang diperuntukkan untuk wanita ialah:

1. Mengobati keputihan

Untuk mengobati keputihan, Anda hanya perlu menyiapkan 20 gram kembang sepatu segar, 20 gram jengger ayam, serta 40 gram kulit delima. Cuci bahan tersebut hingga bersih. Rebus dengan menggunakan air sebanyak 500 ml. Tunggu rebusan hingga berkurang setengahnya. Ambil air, dan minum ramuan tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari.

2. Pelancar haid

Siapkan 4 kuntum bunga sepatu segar, cuci hingga bersih dan giling bunga hingga halus. Tambahkan sedikit cuka beras, dan air matang 150 ml. Aduk dan ambil airnya.

Selain untuk kepentingan kewanitaan, ternyata bunga sepatu juga berkhasiat untuk mengobati penyakit lain, seperti:

3. Sebagai obat sariawan

Manfaat bunga sepatu yang lainnya adalah sebagai obat sariawan. Siapkan 5 buah bunga sepatu, cuci bunga hingga bersih. Tambahkan air hangat, seduh bunga selama 20 menit. Dinginkan dan ambil airnya. Minum ramuan berkhasiat tersebut 3 kali dalam sehari.

4. Sebagai obat gondongan

Siapkan 4 buah bunga sepatu, cuci hingga bersih, dan rebus dengan air kurang lebih 300 ml. Setelah air berkurang hingga setengahnya segera minum. Ramuan tersebut biasa digunakan sebagai obat gondokan.

5. Untuk obat batuk berdarah

Sediakan 3 buah bunga sepatu, remas, dan seduh dengan menggunakan air panas, tutup biarkan hingga semalaman. Tambahkan madu asli secukupnya. Minum ramuan ini di pagi hari.

6. Mengobati Sakit Kepala

Air rebusan daun kembang sepatu juga bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala ringan. Caranya daun kembang sepatu direbus kemudian airnya digunakan untuk kompress.

7. Menghitamkan Rambut

Jika Anda membaca artikel saya sebelumnya mengenai cara menghitamkan rambut secara alami, maka di sana ada poin mengenai manfaat kembang sepatu untuk menghitamkan rambut. Namun yang kita gunakan bukan bunganya melainkan daunnya. Caranya, daun kembang sepatu diremas-remas dalam air dan biarkan hingga getahnya membentuk air seperti lencir. Usapkan pada rambut seperti menggunakan minyak rambut.

Oke, itu dia beberapa manfaat bunga sepatu yang sudah sejak lama diturunkan oleh nenek-nenek moyang kita dari generasi ke generasi selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Manfaat Bunga Sepatu Sebagai Obat Tradisional | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply