Manfaat Bunga Mawar untuk Kesehatan, Kecantikan, Pengobatan

bunga mawar

Bunga mawar bisa dijadikan sebagai obat tradisional

Manfaat Bunga Mawar – Siapa yang tidak kenal dengan mawar. Salah satu jenis tanaman yang berasal dari genus Rosa ini sangatlah terkenal. Mawar liar yang terdiri atas 100 spesies lebih, seringnya tumbuh di bumi bagian utara yang memiliki hawa sejuk. Spesies mawar pada umumnya ialah tanaman semak yang memiliki duri. Tinggi dari tanaman ini bisa 2 hingga 5 meter. Tidak jarang, bahkan ada mawar yang memiliki tinggi hingga 20 meter. Sebagian spesies mereka memiliki daun dengan panjang 5 hingga 15 cm. Setiap tangkai daun terdiri dari 3 hingga 13 anak daun. Selain di nikmati keindahannya, ternyata mawar sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia, seperti yang akan kita bahas berikut ini:

Khasiat Kembang Mawar untuk Rambut

Air mawar yang berasal dari pabrik sering dianggap sebagai penyejuk yang berguna untuk menutrisi kulit kepala serta kelembapan rambut. Bila Anda penasaran untuk mencoba khasiat dari bunga mawar ini, saat Anda keramas dengan menggunakan shampo, Anda bisa meneteskan sedikit air mawar di rambut hingga aroma wangi yang dimiliki mawar ini keluar. Bila kondisi rambut sudah basah walaupun tidak keramas, Anda bisa mengoleskan air mawar di rambut.

Penggunaan air mawar ini sangat berguna sebagai perangsang pertumbuhan rambut, jadi bunga ini sangat cocok terlebih untuk Anda yang mengalami kebotakan. Selain sebagai pencegah kebotakan, bunga mawar juga bisa digunakan sebagai pembasmi kutu rambut serta penghilang ketombe dengan cara yang alami.

Manfaat Bunga Mawar Bagi Wajah

Advertisement

Bila wajah Anda bisa mengutarakan kesedihannya, pasti ia sering sekali mengeluh saat dalam kondisi kotor dan kering. Berbagai macam masalah sering menimpa wajah mulai dari masalah umum seperti flek hitam, kusam, dan jerawat hingga masalah kulit yang amat serius. Penggunaan air mawar sebagai perawatan kulit wajah memang sangat membantu.

Anda bisa mengurangi jerawat di wajah dengan cara mencuci wajah dengan menggunakan air hangat yang telah di campur dengan bunga mawar. Bersihkan wajah hingga wajah Anda terlihat bersih dan cerah. Lakukan kebiasaan baik ini paling tidak seminggu 3 kali dengan teratur.

Manfaat Bunga Mawar Sebagai Obat

Selain untuk kecantikan, bunga mawar ternyata juga bisa di sulap untuk mengobati berbagai macam penyakit, seperti:

Mengobati Batuk Kering

Batuk kering yang menahun bisa Anda sembuhkan dalam waktu sekejap menggunakan bunga mawar. Anda cukup menyiapkan beberapa kuntum bunga mawar yang telah kering, kemudian mencampurnya dengan gula batu. Tim kedua bahan hingga sari air keluar. Minum ketika hangat.

Mengatasi Bengkak di Kaki

Saat kaki Anda mengalami pembengkakan, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan bunga mawar. Caranya ambil 1 kuntum mawar, dan 40 gram daun sembung. Cuci bahan hingga bersih dan rebus dengan menggunakan 2 gelas air. Rebus hingga air rebusan tersisa satu gelas. Minum ramuan ini 2 kali dalam sehari setelah makan.

Manfaat Mawar untuk Kulit

Bagi kaum wanita, tentu ada beberapa bagian tubuh seperti betis, leher, dan lengan bawah tidak luput dari perhatian. Agar kondisi kesehatan dari bagian tubuh ini tetap terjaga, Anda harus melakukan perawatan. Salah satunya dengan menggunakan air mawar. Air mawar berguna sebagai penyeimbang sabun dan PH pada kulit. Anda bisa membuat air mawar ini sendiri.

Caranya dengan merebus kelopak bunga mawar dengan menggunakan api yang kecil, kemudian suling airnya. Air sulingan mawar inilah yang sering disebut sebagai air mawar.

Oke, itu dia penjelasan yang cukup singkat mengenai manfaat bunga mawar sebagai obat tradisional. Baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Semoga bermanfaat.

Manfaat Bunga Mawar untuk Kesehatan, Kecantikan, Pengobatan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply