Manfaat Bunga Matahari untuk Pengobatan

manfaat bunga matahari

Bunga matahari yang bijinya biasa dijadikan kuaci ternyata bermanfaat untuk pengobatan

Manfaat Bunga Matahari (Helianthus annuus Linn.) – Anda tentu sering mendengar nama bunga matahari. Pemilik nama latin Helianthus Annus ini ialah tumbuhan semusim. Bunga matahari memang sangat populer sebagai tanaman hias atau tanaman penghasil minyak. bunganya berwarna kuning terang, besar. Diameter dari bunga matahari sendiri bisa mencapai 30 cm. Salah satu ciri khas dari bunga matahari ialah kegemarannya yang cenderung menghadap ke arah datangnya sinar matahari. Bunga ini merupakan bunga nasional serta bunga resmi dari Amerika Serikat.

Memiliki tinggi hingga 5 meter, daunnya yang sangat tebal dan batang yang sering di tumbuhi rambut ini tersusun majemuk. Ada 2 tipe bunga yakni bunga lidah atau bunga tepi. Bunga ini membawa sebuah kelopak yang sangat besar berwarna kuning cerah. Tipe yang lain ialah bunga tabung. Ia menghasilkan biji. Bunga matahari jenis ini jumlahnya hingga 2000 kuntum di sebuah tandan bunga. Penyerbukannya secara silang atau terbuka dan di bantu serangga. Di siang hari, tandannya akan mengikuti gerakan matahari.

Dulunya bunga ini dibudidayakan oleh orang India sejak beribu-ribu tahun yang lalu, kemudian tersebar di Amerika Selatan serta menjadi sebuah sumber pangan untuk warga Inka. Ada 4 kelompok budidaya bunga matahari. Pengelompokan ini di bedakan dari kegunaannya, antara lain:

Kelompok yang menghasilkan minyak. Kelompok ini dimanfaatkan minyak biji bunga matahari. Biji dari kelompok ini mempunyai cangkang biji yang relatif tipis. Kandungan minyak yang berada di dalamnya antara 48 hingga 52 persen.

Kelompok pakan ternak. Kelompok ini bagian yang dimanfaatkan ialah daunnya yang sering digunakan sebagai pakan ternak.

Kelompok tanaman hias. Kelompok tanaman hias mempunyai warna kelopak yang cenderung bervariasi serta mempunyai banyak sekali cabang bunga.

Kelompok kuaci. Untuk kelompok terakhir ini, ia sering di panen bijinya dan digunakan sebagai bahan pangan.

Selain pengelompokan tersebut, ternyata bunga matahari mampu dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional seperti sakit kepala, sakit gigi, sulit melahirkan, campak, disentri, hingga nyeri pada saat menstruasi.

Advertisement

Manfaat Bunga Matahari untuk Pengobatan

Kandungan kimia yang berada di dalam bunganya seperti helianthoside, quercimeritrin, oleanolic acid. Di dalam biji terdapat kandungan seperti prostaglandin, betasitosterol, quinic acid dan phytin. Bagian tanaman bunga matahari yang sering sekali digunakan sebagai media pengobatan seperti daun, akar, bunga, hingga biji. Akar dari bunga matahari sendiri memiliki khasiat untuk mengobati infeksi radang saluran nafas hingga batuk rejan. Berikut manfaat lain dari bunga matahari, antara lain:

Mengobati rematik

Untuk mengobati rematik, Anda bisa merebus sebuah tangkai kepala bunga hingga menjadi kanji. Setelah berubah menjadi kanji, tempelkan ke bagian tubuh yang terasa sakit seperti Anda menggunakan salep.

Pengobatan disentri

Ternyata bunga matahari juga bisa dimanfaatkan untuk pengobatan disentri. Anda bisa menyeduh kurang lebih 30 gram biji dari bunga matahari, kemudian Anda tim selama 1 jam, setelah berubah dingin Anda bisa menambahkan gula batu.

Mengobati sakit kepala

Sakit kepala juga bisa diobati dengan menggunakan rebusan bunga ini. Ambil 50 gram bunga matahari, rebus dengan sebutir telur ayam namun jangan dipecahkan. Rebus dengan menggunakan 4 gelas air. Tunggu hingga air rebusan tersisa 1 gelas, minum air rebusan setelah makan 2 kali dalam sehari.

Mengobati infeksi saluran kencing

Manfaat bunga matahari yang selanjutnya adalah mengobati infeksi yang terjadi pada saluran kencing. Siapkan 40 gram akar dari bunga matahari. Bersihkan hingga akar bersih, potong kecil-kecil dan rebus menggunakan 2 gelas air. Setelah mendidih dan air tersisa segelas, segera angkat. Tunggu hingga ramuan hangat dan segera minum.

Radang payudara

Peradangan pada payudara disebut juga dengan istilah mastitis. Bisa disembuhkan dengan ramuan dari bunga matahari. Kepala bunga (tanpa biji), dipotong halus-halus, kemudian dijemur. Setelah kering digongseng/sangrai sampai hangus, kemudian digiling menjadi serbuk/tepung. Setiap kali minum 10-15 gr, dicampur arak putih + gula + air hangat. Ramuan tersebut diminum 3 kali sehari, minum pertama kali harus keluar keringat. (Tidur pakai selimut).

Kesulitan buang air

Penyebab kesulitan buang air, baik besar dan kecil adalah adanya masalah dalam sistem pencernaan. Hal tersebut bisa diatasi dengan meminum air rebusan akar bunga matahari. Bagian akar yang direbus sebanyak 15-30 gram.

CATATAN : Sumsum dari batang dan dasar bunga berisi hemicellulose, yang menghambat sarcoma 180 dan ehrlich ascitic carcinoma pada tikus. Ekstrak dari sumsum dapat menghancurkan nitrosamine dan dapat untuk pencegahan dan pengobatan tumor saluran cerna (Tractus digestivus).

PERHATIAN : Wanita hamil dilarang minum rebusan bunga !

Manfaat bunga matahari ternyata lumayan banyak. Makanya, jika anda punta tanaman ini di rumah jangan dibiarkan mati begitu saja. Selain indah pada saat berbunga, juga bisa dijadikan obat jika ada anggota keluarga yang sakit. Semoga bermanfaat.

Manfaat Bunga Matahari untuk Pengobatan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply